Disway

1938 2022

PRESIDEN dilarang meninggalkan ibu kota Ukraina, Kiev. Tiga hari lalu. Perang bisa meledak setiap saat. Tapi, Volodymyr Zelenskyy tetap pergi ke Muenchen, Jerman.

”Pasti di antara kita ada yang berbohong,” ujarnya di depan forum Dewan Keamanan Eropa. Hari itu semua menteri pertahanan Eropa hadir. Demikian juga Kamala Harris, wakil presiden Amerika Serikat. Mereka membahas krisis Ukraina. Yang terancam diserang Rusia setiap saat.

Zelenskyy lagi sangat kesal. Dan itu bukan hanya akting seperti saat ia lagi melawak sebelum jadi presiden. ”Kami ingin damai. Rusia ingin damai. USA ingin damai. Eropa ingin damai. Tapi, ancaman perang begini nyata. Berarti, di antara kita ada yang berbohong,” katanya.

Baca Juga

Maunya Zelenskyy: langsung saja Ukraina diterima sebagai anggota NATO. Dengan demikian, menjadi kewajiban seluruh anggota NATO untuk melindungi Ukraina. Serangan terhadap salah satu anggota NATO memang berarti serangan kepada seluruh anggota NATO.

Tapi, pertemuan di Muenchen itu masih juga mbulet. Ancaman Rusia begitu nyata: ratusan ribu tentara Rusia dikerahkan ke perbatasan. Demikian juga tank dan senjata berat.

Begitu Ukraina diterima sebagai anggota NATO, pasti pecah perang besar. Itu dianggap pernyataan perang terhadap Rusia.

Awalnya 1991: seiring dengan runtuhnya Uni Soviet. Referendum diadakan di Ukrainna. Hasilnya: lebih 80 persen mendukung pemisahan diri dari Uni Soviet. Termasuk dua wilayah Ukraina yang paling timur: Donetsk dan Luhansk. Dua wilayah itu disebut sebagai kawasan Donbas. Itu singkatan dari Donetsk Basin.

Rusia tidak mempermasalahkan pemisahan diri itu. Asalkan tidak menjadi anggota NATO.

Yang membuat Rusia keberatan: Soviet dulu membangun terlalu banyak senjata nuklir di daratan Ukraina. Keseimbangan kepemilikan senjata nuklir akan berubah. Nuklir yang dibangun Soviet itu bisa menjadi seperti ”senjata makan tuan”.

Tapi, kecenderungan Ukraina berkiblat ke Eropa tidak bisa dibendung. Bahkan kian menjadi-jadi.

Orientasi ke Eropa itu juga di bidang ekonomi. Keinginan untuk menjadi anggota Masyarakat Ekonomi Eropa membuat sistem perekonomian Ukraina juga berubah. Menjadi lebih liberal. Sistem subsidi harus dihapus. Harga-harga naik. Di daerah-daerah industri terjadi efisiensi. Daerah seperti Donetsk dan Luhansk pun menderita.

Dua daerah itu sebenarnya tidak miskin. Itu daerah penghasil batu bara sejak tahun 1700-an. Ekspor batu bara terbesar Ukraina dari sana: 30 persen.

Tidak heran kalau industri-industri besar dibangun di Donbas. Termasuk industri dasar. Seperti pabrik baja, kendaraan tempur, alat-alat berat, dan rel kereta api. Sebagai gudang energi, Donbas berkembang menjadi daerah industri.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (tengah) tiba di area latihan militer, di luar kota Rivne, kawasan utara Ukraina 16 Februari 2022. (FOTO: Ukrainian Presidential Press Office via AP)

Tapi, selama dua tahun menjadi bagian dari Ukraina, nasib Donbas kian melorot. Maka, hanya dua tahun setelah referendum, mereka menuntut otonomi daerah. Alasannya: mereka mampu mandiri secara ekonomi. Penduduk mereka kurang dari 5 juta jiwa. Separuh di antaranya berkebangsaan Rusia, berbahasa Rusia.

Penentangan pada pemerintah pusat kian kuat. Gerakan separatis mulai melakukan perlawanan. Terjadilah perang lokal tahun 2014. Lalu, atas turun tangannya banyak negara, mereka berdamai pada 2015. Itulah perdamaian Minsk –ditandatangani di ibu kota Belarus, tetangga utara Ukraina.

Belarus dulu juga bagian dari Uni Soviet. Lalu merdeka, seperti Ukraina. Hanya, Belarus tidak punya niat menjadi bagian dari NATO.

Sebenarnya Zelenskyy waswas juga datang ke Muenchen. Di kota itu Eropa pernah membuat kesepakatan 1938. Isinya: sebagian wilayah Cekoslovakia disetujui diambil Jerman. Toh, wilayah itu memang berbahasa Jerman.

Ia khawatir di pertemuan Muenchen 2022 ini akan terjadi kesepakatan serupa: Eropa menyetujui Donbas diambil alih Rusia.

Tidak ada kesepakatan seperti itu di Muenchen 2022. Tapi, di hari terakhir pertemuan, ada perkembangan baru di Moskow: Rusia secara resmi mengakui dua wilayah itu menjadi negara merdeka. Rusia juga akan mendukung penuh bila ada serangan dari Ukraina maupun sekutu barunya.

Eropa pun kaget –hanya kaget. Amerika Serikat ikut kaget –hanya ikut.

Setelah menunjukkan rasa kaget ala kadarnya, Jerman membuat pernyataan: tetap meneruskan kerja sama ekonomi dengan Rusia. Demikian juga Prancis.

Peristiwa Pulau Krimea terulang di Donbas. Bahkan, jangan-jangan juga tidak perlu terjadi perang.

Maka, sejak kemarin Donbas tidak mau lagi kirim batu bara ke Ukraina. Kalau Rusia juga menyetop pasokan gasnya, Ukraina bisa menderita.

Jerman mulai juga bergantung pada gas alam dari Rusia. Lewat Nord Stream 1 dan 2. Yakni, empat pipa bawah laut sepanjang hampir 1.300 km dari daratan Rusia langsung ke daratan Jerman –tanpa lewat Ukraina lagi.

Maka, menarik kita tunggu: apa yang akan terjadi besok. Atau lusa. Atau kapan-kapan. (*)

Penulis: DAHLAN ISKAN, Sang Begawan Media.

Anda bisa menanggapi tulisan Dahlan Iskan dengan berkomentar http://disway.id/. Setiap hari Dahlan Iskan akan memilih langsung komentar terbaik untuk ditampilkan di Disway.

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Berjudul: Besek Wadas

Liam

Richest Journalists In The World James Daniel May – $15 Million USD. … Jackie Guerrido – $10 Million USD. … Jon Ronson – $5 Million USD. … Kenny Mayne – $5 Million USD. … Carrie Bickmore – $5 Million USD. Lisa Joyner – $4 Million USD. Chris Rose – $3 Million USD. Ian Halperin – $2 Million USD. Kayaknya harus di revisi itu daftar nya ya

Hardiyanto Prasetiyo

Di samping Besek Wadas ini tulisan mahal, ternyata terselip di dalamnya filosofi Genba-Genchi-Genbutsu ala Toyota. Genba Genchi Genbutsu punya makna sebuah kebiasaan untuk terjun ke lapangan dan melihat atau mengecek sendiri segala hal yg terjadi. Informasi yg didapat pun terpercaya meskipun harus spend sejuta dan dapat pula pohon Durian Wadas sebagai penanda pada anak cucu klo pernah hadir di sana.

I WAN

Abah piyan ini behitungan bujur…. bejalan ke wadas duit bensin 1 juta…. tpi piyan buliknya dapat 4 biji durian….

Thisway291285 Thiss

Bensin 1 juta itu apa bah? Pertalite? pertamax? Pertamax Turbo? Dexlite? Coba aja ke spbu bilang masuk isi bensin 1 juta pasti bingung petugasnya

Najih Ae

Bagaimana Pembacaan Puisi Abah, kasih Skor dong 1-10 Saya kasih 7 , masih kurang penghayatan, ngapunten Bah

CuNur Yani

Membaca artikel Besek Wadas ini banyak bersyukurnya;

  1. Alhamdulillah, pak DI bisa investigasi langsung ke Wadas.
  2. Alhamdulillah, ada pemuda-pemuda yang peduli dengan ilmunya mendampingi masyarakat Wadas.
  3. Alhamdulillah, kalau ada kyai wafat segera ada penggantinya.
  4. Alhamdulillah, Desa Wadas memang ingin lestari dengan air, tanah, udaranya. Bahkan samuderanya, padahal jauh letaknya. Komitmen cinta NKRI.
  5. Alhamdulillah, ada produksi besek yang dikerjakan para ibu dgn memanfaatkan SDA yang ada.
  6. Alhamdulillah, penduduk Wadas inovatif punya durian tanpa biji, yang pak DI belum tahu sebagai penikmat durian, masa sihhh.
  7. Alhamdulillah, Bu DI bisa menyertai tour kali ini. Semoga sehat selalu Bu.
  8. Alhamdulillah, Bu DI sangat cekatan menyelipkan (mungkin uang) ke saku pemilik bibit durian.
  9. Alhamdulillah, mobil Tesla nya tidak diajak.
  10. Alhamdulillah, pak DI sebagai “sesuatu” masih mengeluhkan uang bensin 1 jt, sama seperti saya yang selalu mengeluh dan menghitung pengeluaran bensin, yang bukan sesuatu.
  11. Alhamdulillah, saya masih bisa memberikan komentar dan membaca beberapa komentar pemirsa Disway. #Alhamdulillah…

Aryo Mbediun

Sebagus-bagusnya pring petung, tidak ada yg bisa dipakai u bikin kue putu. Pasti pake bambu apus. Hahahaha

Teguh Wibowo

Bahan baku besek adalah bambu apus atau dalam bahasa jawa disebut “pring apus”, jenis bambu yg juga biasa dipakai membuat kepang karena karakteristiknya yg lentur dan kuat. Ada bermacam bambu dengan masing2 karakteristiknya. Bambu petung (Pring Petung) jenis bambu yg tebal dg diameter yg besar, biasa digunakan untuk pagar, jembatan, tiang dsb. Bambu wulung (Pring wulung), bambu yg warnanya coklat, biasa digunakan untuk hiasan & juga anyaman. Ada lagi bambu “silan”, bambu yg hanya dimiliki oleh lelaki, menjadi simbol harga diri seorang lelaki. Disebut juga “Pring….” Eh.. lanjutkan sendiri.. hahaha..

Axl ngix SUYOTO ARY FIANTO

05.30 08.00 Masih antri migor Blom sarapan Hidup memang tak seindah janjinya pilitikus Moga2 yg numpuk 1 juta kg migor kepleset kecemplung wajan Dan keluarganya 7 turunan hidupnya mengenaskan keselek alat penggorengan

Alex

Di era Mataram Islam, orang Wadas terkenal tangguh dan setia. Danang Sutawijaya beruntung banyak memiliki ksatria dari Wadas. Pasca dihadiahi tanah perdikan dari Sultan Hadiwijaya. Karena berhasil membunuh Aryo jipang. Pangeran Loring pasar ini banyak merekrut orang-orang Wadas. Terbukti Ksatria dari Wadas setia dan berani mati. Perang melawan Pajang yg notabene nya perang melawan kerajaan induknya. Mereka berani dan menang. Juga penyerbuan ke Batavia dan nyaris menang. Cuma kalah gara gara tai atau kotoran kompeni.

charik

Sebenarnya Abah itu misinya nyari bibit durian saja … Lumayan bibit durian seharga 1 juta bensin …sehat selalu Abah..

Zul Asfi Lubis

kok bisa sampai di sini ya? memangnya Abah mau ke mana? niat semulanya apa? tidak ada yang kebetulan semua telah ada yg Maha mengatur.

Aryo Mbediun

Wadas itu kependekan dari watu padas, batu yg keras. Batunya keras gelap. Kalau padas warna terang putih itu wadas lintang. Kalau desa wadas bisa ditumbuhi pring apus tentu ada juga pring pethung di situ. Itu pertanda bukit wadas adalah reservoir jumbo high capacity. Pejabat2 yg pernah mbadog bangku kuliah mestinya paham arti reservoir. Kalau mereka tidak paham mungkin perlu dijentuske ke watu padas. Salam waras dari wadas

Aryo Mbediun

Tesla’ne wes payu neng Lamongan mas’e. Duit’e ngge budhal plesir ke Wadas. Kwkwkwkw

Amat Kasela

Kopi hitam bergelas kaca Lengan tangan panjang sehasta Memang enak tinggal membaca Tak perlu modal duit berjuta Lengan tangan panjang sehasta Dalam hikayat alur berbingkai Tak perlu modal duit berjuta Modal kuota dan juga gawai Taman indah kerana bunga Bukit hijau tempat berkemah Untuk Abah Dis sekeluarga Sehat selalu hidup beberkah

Suwito Intarso

Di daerah saya Desa Sugihan, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan juga sentra kerajinan besek. Saya tidak tahu mulai kapan tapi sejak saya kecil tahun 70 an hampir semua ibu ibu di kampung saya membuat besek. Tetapi sayang harga besek di sini tidak pernah mencapai 1000 rupiah setangkepnya. Saat ini harganya 700 rupiah setangkep. Itupun bahan baku harus didapat dari daerah lain karena di sini sudah habis bambu apusnya.

Disway 17087206

mantap pak DI ternyata pepatah Tiongkok satu kali datang melihat itu lebih baik dari pada seribu kali mendengar dari orang lain, ternyata setelah Pak DI datang suasananya tidaklah seseram seperti berita2 yg seolah olah desa Wadas sangat mencekam dan seolah oleh banyak yg berjaga jaga dg tangan membawa parang dll. salam damai buat desa Wadas. cia youuuuu.

elang cameria

Wong NU di kampungku Jadwal sholat ashar nya gak pernah berubah sepanjang masa, yaitu jam 4 sore setelah pulang dr sawah he he.

Agus Nantomo

Mana gunung batunya? Itu, 20 meter di belakang rumah puisi. Rasanya lebih sedikit. Aah, Abah bisa aja. Guyonan khas kalo nanya lokasi ke warga kampung-gunung. Teringat tahun 2002 berita tanah longsor di Kec. Kaligesing membanjiri tv dan media nasional. Kaligesing, Anda sudah tahu, daerah sumber durian di Purworejo, kurang lebih 25km sebelah selatan Wadas ini. Kami, mahasiswa asal Purworejo pada pulang kampung (ato mudik ya?). Bakti sosial dan pendampingan buat warga terdampak bencana. Kebanyakan kami berasal dari kecamatan yang relatif datar seperti Kec. Purworejo, Bayan, Kutoarjo, dan Butuh. Tidak mengenal medan Kaligesing yang bergunung-gunung. Longsore teng pundi, pak? Niku caket, mas. Saking jembatan niku namung 50 meter. Lurus terus belok kiri mpun dugi mas. Dan kami pun melanjutkan perjalanan. Menuruni lereng, dan menaiki bukit yang cukup berbatu. Astrea grandku tak kuasa menanjak. Ngebul. Terpaksa didorong berdua. Akhirnya sampai di lokasi sambil ngos-ngosan. Sehari-hari jalan kaki 500 meter ke jalan raya buat naik angkot. Rasanya lokasi longsor waktu itu lebih sedikit..

Johan

Ditanya bisa dapat nomor telepon, ternyata HP sudah disita. “Hemmmmm…”, bergumam sambil seperti meraba-raba sarung. (Memastikan pistolnya tidak ikut kena sita)

Mbah Mars

Hmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm

Alexs sujoko sp

Om Leong lebih ngeres lagi………….. anakku yang paling kecil dalam beberapa minggu ini selalu bilang “Perempuan selalu benar, Laki – laki selalu salah”. Wek wekkkkkkkkk dari mana juga ini dapat tata bahasa ini ????? Sambil tepuk jidat, aku mikir paling ya Mbok Wedok ini yang ngajarin. Tapi sedikit protes “kan gak baik ini kalau sampai jadi ingatan Anak”.

Leong Putu

Percakapan dalam mobil membahas prihal slempitkan sesuatu di sakunya._ Abah: “mama tadi ngasih berapa ?”.– Istri : ” 40 ribu”._ Abah : “looh kok cuma 40 ribu sih ma? kan malu ma,… mantan men BUMN dan CEO Jawa Pos kok ngasih 40 ribu? Minimal 500 ribu lah ma ? “._ Istri :”Emang papa pernah dikasih apa sama mantan?. Lagian sekarang cari duit susah pa”._ Abah : “Maksudnya?”_ Istri : “Maksudnya, semenjak papa gak jadi mentri, di saku papa gak pernah ada uangnya pa… Adanya cuma kertas bon saja.”._ Abah : “Hmmmm”._ Istri : ” Kok hmmm sih pa ?. Mestinya tadi papa ambil bibitnya lima pohon pa. Lumayan. Besok pas waktu senam dansa, aku jual 250 ribu satu pohon. Tapi gpp lah empat pohon akan dapat 1 juta. “. _ Abah : “Hmmmm”._ Istri : “Lagian ya pa… kalau cuma habis bensin 1 juta. Gak usah omong omong di Disway lah. Malu pa… Kayak gak iklas. Abah : “Hmmmm”._ ##Istriselalubenarsuamiselalusalah wkwkwkwk…..


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Di's Way

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button