Kesehatan

Air Kelapa Rebus, Bisa Tuntaskan Penyakit Kronis Ini

AMEG – AIR kelapa merupakan salah satu minuman kesukaan banyak orang. Karena rasanya yang segar dan juga mengandung banyak manfaat sehat. 

Air kelapa memang mujarab. Apalagi saat diolah menjadi herbal dengan cara dibakar atau direbus. Memang rasa airnya tidak lagi segar, tetapi daya detoksifikasi dan manfaat kesehatan lainnya sangat dahsyat.

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa tersebut, Anda bisa meminumnya dengan cara direbus terlebih dahulu sampai mendidih. Minum satu buah kelapa setiap hari selama seminggu. 

Setelah itu bisa dikonsumsi tiga hari sekali selama dibutuhkan. Berikut ini penjelasannya:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.Kandungan berbagai senyawa zat yang bersifat anti-mikroba membuat air kelapa baik, untuk membantu tubuh menangkal zat radikal bebas dan racun berbahaya dari luar.
Hanya saja, sistem kekebalan tubuh sangatlah kompleks. Sehingga butuh didukung faktor lain. 
Seperti halnya rajin berolahraga, pola makan teratur, dan yang pasti terus mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. 

2. Mencegah Dehidrasi.Kandungan air dan mineral dalam kelapa sangatlah baik untuk memenuhi asupan cairan di dalam tubuh. Air kelapa sangat sehat dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi. 
Namun, bukan berarti air kelapa bisa menjadi pengganti yang lebih baik dari susu maupun manfaat air putih biasa. Air kelapa bisa memiliki efek samping apabila dikonsumsi terlalu banyak. Sehingga disarankan air putih tetap menjadi pilihan utama dalam mencegah dehidrasi.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan.Rebusan air kelapa bisa membantu melancarkan saluran pencernaan. Sehingga makanan tercerna dengan baik dan penyerapan sari-sari makanan bisa lebih maksimal. 
Hal ini tidak terlepas dari manfaat serat yang memang disarankan untuk menyehatkan pencernaan. 

4. Menurunkan Tekanan Darah. Air kelapa juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol yang mencegah aterosklerosis. Sehingga pembuluh darah tidak menyempit akibat adanya penyumbatan oleh kolesterol tersebut. Dengan manfaat ini, penyakit hipertensi bisa dicegah.

5. Membantu Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal/Batu Empedu.Rebusan air kelapa memang tidak bisa mengatasi batu ginjal/empedu, apabila endapan garam benar-benar sudah mengeras dan mengkristal. Namun begitu, rebusan air kelapa bisa membantu mencegah terbentuknya kristalisasi endapan tersebut agar tidak menjadi batu. 
Tidak hanya itu, air kelapa juga bisa menetralisir racun sehingga kinerja ginjal akan menjadi lebih ringan dan sehat.

6. Menyehatkan Kulit.Air kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan kesehatan bagi kulit yang tak terlepas dari manfaat vitamin C agar lebih lembut dan sehat. Tidak hanya diminum. Ada sebagian orang yang mengolahnya sebagai masker alami dan mencampurkannya semisal dengan telur, madu dan sebagainya. Namun, khusus untuk penggunaan dari luar, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit atau kecantikan. Untuk memastikan kulit kamu aman dan tidak sensitif. Apabila menggunakan bahan-bahan dari alam, sebab tidak semua jenis kulit cocok.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung.Mampu menurunkan tekanan darah, dengan sendirinya manfaat rebusan air kelapa bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Pasalnya, aliran darah relatif bisa lebih teratur dan kinerja jantung akan lebih normal dan tidak berat.(*)


Editor : Yanuar Triwahyudi
Publisher : Bogi Adi
Sumber : JPNN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM