Film

Akting Tidak Pernah Monoton

Maraton Drama Park Bo-young Setelah Doom At Your Service

AMEG – Doom At Your Service sudah memasuki masa injury time. Pekan ini, drama yang dibintangi Seo In-guk dan Park Bo-young itu tamat. Wah, pasti fans bakal kangen pada pasangan beda dunia tersebut. Tak seperti In-guk yang dipastikan sedang menggarap film baru (plus satu filmnya baru rilis di bioskop), Bo-young baru mengonfirmasi satu proyek. Belum syuting pula.

Nah, daripada harap-harap cemas menanti karya baru aktris 31 tahun itu, lebih baik menonton ulang beberapa penampilan dia yang lama. Baik dalam film maupun serial, Bo-young tidak pernah mengecewakan! Memerankan gadis muda imut nan polos, maupun perempuan dewasa yang tangguh, Bo-young selalu sukses memukau penonton. Berkat akting yang matang, range ekspresi yang luas, dan peran yang tidak monoton. Berikut di antaranya.

Strong Woman Bong-soon (2017)

(streaming: Netflix, Viu)

Foto: Istimewa

Duh, serial ini sangat menggemaskan. Sisi cute dan bubbly Park Bo-young terekspos habis-habisan. Sifatnya kontras sekali dengan kekuatan super yang dia miliki sejak lahir. Ya, Bo-young yang mungil itu sangat kuat. Dia mampu mengangkat traktor dengan mudah. Juga menahan peti kemas. Serta menekuk moncong senjata. Pokoknya seperti Superman. Tapi versi imut.

Kekuatan super itu dia manfaatkan untuk bekerja menjadi bodyguard CEO perusahaan game terkemuka, Ahn Min-hyuk (diperankan Park Hyung-sik). Meskipun hampir seluruh drama itu bertujuan memancing tawa, akting Bo-young juga sukses meluluhkan hati audiens. Perjuangan dia untuk mencapai cita-cita sebagai developer game cukup berliku dan mengharukan.

Drama itu sangat sukses. Sampai memecahkan rekor rating JTBC kala itu. Dan hingga sekarang masih menjadi serial komedi romantis klasik yang wajib ditonton oleh penggemar baru K-drama. Bahkan, saking suksesnya, ia pernah diadaptasi oleh saluran televisi AS. Dan berkat drama itu pula, Bo-young mendapat julukan Putri Komedi Romantis.

Bo-young sendiri mengaku Strong Woman Bong-soon membawa pengaruh positif buat dirinya. Bertubuh kecil, dia sering minder saat menghadapi berbagai hal. ’’Setelah syuting drama ini, aku lebih percaya diri. Saat hendak mengangkat beban berat, aku membayangkan diriku sekuat Bong-soon. Dan ternyata aku benar-benar berhasil mengangkatnya,’’ papar Bo-young.

A Werewolf Boy (2012)

(Streaming: Viu)

Jauh sebelum Park Bo-young bertemu makhluk misterius Myul Mang di Doom At Your Service, dia lebih dulu bermain di genre fantasi bersama Song Joong-ki. Tepatnya dalam film A Werewolf Boy. Dalam film lansiran 2012 itu, dia memerankan gadis kota bernama Kim Soon-yi. Yang pindah ke desa bersama keluarganya. Di desa tepi hutan itu, dia menemukan seorang anak liar.

Anak itu bertingkah seperti hewan. Karena tidak pernah berinteraksi dengan manusia. Keluarga Soon-yi merawatnya. Menamainya Chul-soo. Tentu saja, Song Joong-ki bersinar di sini. Namun, akting Bo-young juga tak boleh diremehkan. Masih berusia 21 tahun waktu film itu dibuat, Bo-young memamerkan kematangan emosi yang prima.

Kepolosan masa muda, berbunga-bunga saat merasakan cinta pertama, hingga kedewasaan dia perlihatkan hanya dalam rentang kurang dari dua jam. Plus, di akhir film, kita bisa melihat Soon-yi tua yang memendam penyesalan tak terperi ketika kembali ke rumah di tepi hutan itu. Bittersweet banget. Sangat layak ditonton kembali.

Oh My Ghostess (2015)

(Streaming: Netflix, Viu)

Foto: Istimewa

Ini drama pertama Bo-young yang bergenre komedi romantis. Ketika drama ini tayang dia baru berusia 25 tahun. Lawan mainnya aktor top, Jo Jung-suk, yang 10 tahun lebih tua dari dia. Bo-young sempat dianggap terlalu muda untuk peran tricky di Oh My Ghostess.

Ya, di sini dia memainkan dua karakter sekaligus. Yakni gadis muda Na Bong-sun, yang bekerja sebagai asisten chef di restoran. Bong-sun pemalu, minder, dan tidak punya banyak teman. Suatu hari, dia dirasuki oleh hantu perawan bernama Shin Soon-ae (diperankan Kim Seul-gi).

Hantu ini super-jablay. Dia ingin membalas dendam atas kematian dia yang terlalu cepat dengan menggoda pria sebanyak-banyaknya. Dengan merasuki perempuan yang berbeda-beda. Nah, ketika merasuki Bong-sun, dia harus bekerja keras merayu atasan Bong-sun Kang Sun-woo (Jung-suk). Sebab chef kepala di resto itu sangat sombong dan arogan.

Akting Bo-young begitu prima. Kita bisa melihat dengan jelas, dia sedang berakting sebagai Bong-sun si gadis lugu, atau Shin Soon-ae yang bernafsu tinggi pada lelaki. Bo-young sempat khawatir penonton menganggap dia tidak cocok berakting dewasa. Karena penampilan dia sangat polos. ’’Aku harus bekerja keras mengasah akting lewat mata dan ekspresi,’’ ungkap Bo-young.

On Your Wedding Day (2018)

(Streaming: Viu, Netflix)

Foto: Istimewa

Di usia 31 tahun Park Bo-young mungkin masih cocok memerankan anak kuliahan. Namun, tiga tahun lalu, ketika berumur 28 tahun, dia harus membawakan peran anak SMA! Sebenarnya tidak ada masalah. Dia masih sangat cute dan tampak muda tanpa makeup. Namun, menampilkan kepolosan khas remaja yang baru mengenal cinta tidak semudah menghapus riasan.

On Your Wedding Day mengisahkan Hwan Seung-hee (Bo-young), siswi SMA yang jatuh cinta pada teman sekelas dia, Hwang Woo-yeon (Kim Young-kwang). Mereka berpisah setelah lulus sekolah. Keduanya bertemu lagi ketika sama-sama sudah dewasa. Dan menyadari bahwa pertemuan itu terjadi pada saat yang benar-benar salah.

Perubahan emosi Bo-young, mulai dari saat memerankan anak SMA yang manis dan lugu, hingga saat dewasa muda, sangat excellent. Chemistry dia dengan Young-kwang juga sangat keren. Sampai-sampai penonton berharap mereka benar-benar bersatu pada akhir film.

Scandal Makers

Foto: Istimewa

Oldie but goldie. Film ini tayang 13 tahun silam, 2008. Waktu Bo-young masih 18 tahun. Imut sekali. Dia beradu akting bareng salah seorang bintang hallyu generasi pertama, Cha Tae-hyun. Yang kita kenal lewat film My Sassy Girl. Plotnya problematik tapi sangat menarik.

Bo-young memerankan Hwang Jeong-nam, gadis remaja yang sudah punya anak berusia 4 tahun. Dia bersama sang anak tiba-tiba muncul di apartemen Nam Hyeon-soo (Tae-hyun), mengaku sebagai anaknya. Hyeon-soo tidak percaya. Keduanya sampai tes DNA. Ternyata, memang benar gadis lugu itu anaknya. Hasil ’’kecelakaan’’ bersama sang pacar dulu. Waktu masih sekolah.

Penampilan Bo-young luar biasa bagus di sini. Pada usia yang sama dengan karakter yang dia perankan, dia mampu menampilkan kecerobohan dan kegugupan khas seorang ibu remaja. Tak jarang sisi kenakak-kanakannya muncul. Namun, ketika dia harus bersikap sebagai seorang ibu, Bo-young berubah menjadi perempuan dewasa yang tangguh.

Bo-young mendapat banyak pujian lewat peran ini. Dia sampai merebut dua trofi di Baeksang Arts Awards 2008. Yakni kategori Aktris Baru Terbaik dan Aktris Paling Populer. Juga satu trofi Aktris Muda Terbaik dalam Blue Dragon Film Awards 2009. Plus masih banyak penghargaan lainnya. (*)


Editor : Sugeng Irawan
Publisher : Rizal Prayoga
Sumber : Harian Di's Way

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM