Sepakbola

Austria Menang Tipis Atas Ukraina, Pastikan Tantang Gli Azzurri

AMEG – Austria memastikan menjadi penantang Italia. Ini setelah lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Usai mengalahkan Ukraina dengan skor tipis 1-0, Selasa (22/6/2021) dini hari WIB.

Berlangsung di Stadion Nasional, lesakan Christoph Baumgartner (21′) menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada laga Ukraina vs Austria Euro 2020. The Das Team -julukan Austria- menutup fase grup C Euro 2020 sebagai runner-up.

David Alaba dkk membukukan enam poin dari tiga pertandingan yang telah mereka lakoni. Tim besutan Franco Foda tersebut berhak menjadi pendamping Belanda yang menyandang status juara grup C untuk melaju ke babak 16 besar.

Baca Juga

Namun Austria tak bisa terlena dengan pencapaian menawannya kali ini. Pasalnya lawan yang dihadapi oleh Marcel Sabitizzer cs adalah tim unggulan di babak 16 besar. Yaitu, Italia yang lebih dulu memastikan ke babak 16 besar sebagai juara Grup A.

Gli Azzurri menorehkan catatan impresif sepanjang fase grup. Termasuk torehan lebih dari 1000 menit tanpa kebobolan. Sesuai bagan babak 16 besar, juara Grup A, yakni Italia akan bentrok dengan runner-up Grup C, yakni Austria.

Sejak menit awal pertandingan, Ukraina mengambil inisiatif pertandingan dengan gencar melancarkan serangan. Namun Austria yang mengandalkan Marcel Sabitzer dan Arnautovic tak gentar menghadapi terpaan badai serangan dari Andriy Yarmolenko dkk.

Austria yang digawangi oleh David Alaba mencoba untuk memainkan permainan terbuka untuk meladeni serangan cepat dari anak asuh Andriy Shevchenko.

Memasuki menit ke-3, kedua tim mencoba untuk menurunkan tempo permainan. Austria mencoba menguasai jalannya pertandingan dengan memegang ball possessions.

Austria berhasil menciptakan peluang pada menit ke-6 melalui tembakan Marcel Sabitzer.

Namun sayang. Shot yang ia lakukan dari luar kotak penalti, melayang jauh. Masuk menit ke-12 pertandingan, Austria memang lebih menguasai jalannya permainan.

Namun pressing ketat yang diperagakan Ukraina membuat David Alaba dkk kesulitan mendekati area kotak penalti. Maka umpan lambung maupun shot dari luar kotak penalti dilakukan oleh Arnautovic dan rekannya.

Meski dalam tekanan Austria, tim asuhan Sheva -panggilan Shevchenko- bukannya tanpa perlawanan sama sekali. Andriy Yarmolenko beberapa kali mampu merepotkan lini pertahanan Austria lewat pemainan umpan direct.

Kecepatan dari Yarmolenko maupun Yaremchuk beberapa kali sukses membela Das Team. Austria berhasil membuka keunggulan pada menit ke-21 melalui sontekan dari Christoph Baumgartner.

Ia sukses memanfaatkan sodoran assist yang diberikan oleh David Alaba.

Tertinggal satu gol membuat Ukraina mencoba untuk menaikkan intensitas serangan. Gelombang serangan terus dilakukan Yarmolenko dkk untuk menyamakan level permainan.

Namun Ukraina tak memiliki sejumlah variasi dalam permainannya. Umpan crossing dan direct yang terus dilakukan membuat pertahanan Austria mudah untuk mengantisipasinya.

Namun Austria pada menit ke-32 harus kehilangan pencetak gol mereka karena cedera yang dialami. Christoph Baumgartner yang digantikan oleh Schopf.

Ukraina semakin gencar melancarkan serangan jelang lima menit akhir pertandingan babak pertama usai. Namun skor tidak berubah, babak pertama Austria unggul 1-0 atas Ukraina.

Pada babak kedua, Ukraina tampil habis-habisan untuk menyamakan level kedudukan. Spirit pantang menyerah terus dilakukan oleh Andriy Yarmolenko dkk.

Akan tetapi Austria tak lantas bermain defensif menghadapi penyerangan Ukraina. The Das Team tampil trengginas yang juga memainkan permainan terbuka.

Beberapa peluang berhasil diciptakan oleh Marcel Sabitzer dkk. Namun sayang, hingga pertandingan usai, skor 0-1 bertahan untuk keunggulan Austria. (*)

Susunan Pemain Ukraina vs Austria

Ukraina:
Bushchan (GK); Karavaev, Zabarnyi, Matviyenko, Mykolenko; Sydorchuk; Yarmolenko, Shaparenko, Zinchenko, Malinovskyi; Yaremchuk.

Austria:
Bachmann (GK); Lainer, Dragoviv, Hinteregger, Alaba; Schlager, Laimer, Grillitsch; Baumgartner, Sabitzer; Arnautović.

Editor:Yanuar Triwahyudi
Publisher:Rizal Prayugo
Sumber:visual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM