Malang Raya

Bawa Dua Deputi, Emil Dardak: KEK Singhasari Siap Operasi

AMEG – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak, melakukan kunjungan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari, Senin (23/5/2022).

Dalam kunjungan ini, hadir pula Bupati Malang, HM Sanusi dan jajaran OPD terkait. Deputi Bidang Perekonomian Sekretariat Kabinet, Satya Bhakti Parikesit, dan Deputi Pengembangan Infrastruktur dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian, Wahyu Utomo.

“Kunjungan bersama Deputi Perekonomian Setkab dan Deputi Kemenko Perekonomian ini untuk memastikan apakah KEK Singhasari siap dioperasikan. Karena ini menjelang tiga tahun semenjak ditetapkannya Peraturan Pemerintah sebagai KEK” kata Wagub Jatim, Emil Dardak, Senin (23/5/2022) siang.

Baca Juga
Peninjauan lapangan kesiapan KEK Singhasari setelah selesai pembangunan. (amin)

Kunjungan ini juga dalam rangka evaluasi pengembangan KEK Singhasari. Wagub Emil Dardak, banyak menerima penjelasan pelaksanaan pembangunan dan pengembangannya dari jajaran Pelaksana KEK Singhasari.

Menurut Emil Dardak, pengembangan KEK Singhasari terbilang lebih cepat dari perencanaan awal. Ia mencontohkan, sudah dimulainya beberapa kegiatan yang memanfaatkan kawasan kluster digitalisasi.

“Ekspansinya sudah terlihat. Seperti, rencana dibangunnya Center for Future Work dari pihak UMM. Juga, ada klaster animasi di SMKN 2 Singosari, yang merupakan program dari Direktorat Vokasi Kemendikbud,” imbuhnya.

Pengembangan lainnya, kata Emil, seperti adanya kerja sama bagi pelaku usaha digital yang mendapatkan suntikan kredit modal dari perbankan.

Selain mendapatkan paparan dari pihak Badan Usaha Pembangun dan Pengelola (BUPP) KEK Singhasari, Wagub dan rombongan pejabat lainnya melakukan kunjungan langsung ke lokasi hasil pembangunan KEK Singhasari.

“Masih ada PR yang harus diselesaikan, terkait regulasi daerah maupun yang berkaitan dengan Kementerian/Lembaga. Besok kami rapatkan,” kata Wagub. (*)


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button