Disway

Bencana Khudairy

KETIKA para eksekutifnya mengatakan Credit Suisse baik-baik saja, air lagi mendidih di balik pintu tertutup bank terbesar kedua di Swiss itu.

Ketika pemerintah Amerika mengeluarkan jaminan keamanan bagi para penabung di dua bank yang bangkrut di AS 9 Maret lalu, pemerintah Swiss panik: apa yang harus dilakukannya ketika Credit Suisse mengalami kesulitan yang serupa.

Menteri Keuangan Swiss Karin Keller-Sutter seorang profesor pendidikan, ahli bahasa dan penerjemahan, sibuk melakukan komunikasi dengan menteri keuangan Amerika Serikat dan Inggris. Hanya lembaga keuangan di dua negara itu yang bisa diharapkan sebagai penyelamat.

Baca Juga

Lembaga-lembaga keuangan lain di seluruh Eropa dianggap terlalu kecil. Justru mereka yang biasanya mengandalkan bantuan Credit Suisse.

Selama tiga bulan terakhir tanda-tanda kesulitan itu sangat nyata: tercatat dana sebanyak USD 110 miliar ditarik dari bank itu. Lubang itulah yang harus ditutup Credit Suisse. Jangan sampai kepercayaan kepadanya kian runtuh.

Di tengah upaya mempertahankan kepercayaan itu, muncul halilintar dari padang pasir: Bos Saudi National Bank Ammar Al Khudairy membuat pernyataan mematikan. Katanya: pihaknya tidak bisa lagi menggelontorkan dana berikutnya ke Credit Suisse.

Itu diucapkan Rabu lalu. Seperti disiarkan secara dramatis di media di Eropa. Akibatnya fatal: buntut Credit Suisse tidak bisa kopat-kapit lagi.

Rupanya selama itu Saudi diharapkan bisa jadi penyelamat terakhir. Saudi sudah memiliki 10 persen saham di Credit Suisse. Maka diharapkan Saudi akan ikut menjaga nilai sahamnya tersebut.

Tapi Saudi melihat Credit Suisse sudah sulit diselamatkan. Saya bisa merasakan betapa marah penguasa di Swiss: mengapa Saudi membuat pernyataan mematikan itu di tengah upaya pemulihan kepercayaan.

Hari itu saja harga saham Credit Suisse jatuh sedalam 24 persen. Hari berikutnya dana nasabah terus ditarik keluar dari Credit Suisse. Menurut media di New York, seperlima nasabah Credit Suisse adalah dari Timur Tengah. Bahkan lembaga keuangan Qatar juga memiliki saham di Credit Suisse sebanyak 6,8 persen.

Sebenarnya pernyataan Al Khudairy itu normal saja. Ia ditanya media: sebagai pemegang saham terbesar di Credit Suisse, apakah akan menambahkan injeksi modal. Al Khudairy menjawab singkat: absolutely not!

Jawaban itu bukan karena Al Khudairy sudah tidak percaya pada Credit Suisse. Jawaban itu lebih karena hukum di Swiss membuatnya harus mengatakan itu. “Kalau kami memegang lebih 10 persen saham, semua aturan yang berat-berat akan dikenakan kepada kami,” katanya.

Jadi jelaslah bahwa Al Khudairy menjawab apa yang harus ia jawab. Di pasar modal memang ada aturan agar tidak ada pemegang saham yang terlalu dominan.

Maka tiga hari setelah bencana Al Khudairy itu, otoritas Swiss memanggil bank terbesar di sana: UBS. Harinya hari Minggu. Tidak ada jalan lain. UBS harus membeli Credit Suisse. Dibantu dana dari pemerintah Swiss. Harga belinya murah sekali: hanya kurang dari 50 persen. Dari harga saham USD 2 di hari Jumat hanya perlu dibeli USD 0,8 di hari Minggu.

Saudi ikut rugi sangat besar. Hari itu ia kehilangan uang sekitar USD 1,2 miliar.

Al Khudairy seorang konglomerat Saudi Arabia. Ia seorang insinyur lulusan George Washington University di DC. Di samping memiliki Saudi National Bank, ia juga menjadi pimpinan banyak sekali lembaga keuangan di Arab, Emirat, Qatar, dan Kuwait. Ia juga punya bisnis gula di Jeddah. Juga perusahaan kontraktor.

Kini Al Khudairy jadi ”tertuduh” kambing hitam di Swiss. Tapi memang begitu banyak skandal yang melibatkan Credit Suisse. Termasuk terkait dengan korupsi terbesar di Malaysia yang melibatkan perdana menteri Najib Razak. Begitu sering terjadi pergantian manajemen di bank itu. Dan kini, bank yang berumur 166 tahun itu, berakhir menjadi anak UBS. Atau sekalian akan disatukan ke dalam UBS.

UBS adalah bank terbesar nomor 3 di Eropa, dengan market cap USD 68 miliar.

Di ranking dunia, UBS bank terbesar nomor 33. Sedang Credit Suisse nomor 41.

Bagaimana bank terbesar nomor 41 di dunia bisa rapuh dalam waktu 3 hari.

Belakangan ranking bank terbesar di dunia memang jungkir balik. Nomor 1 sampai nomor 4 dunia kini sudah diduduki bank dari Tiongkok. Nomor 5 dari Jepang (Bank Mitsubishi Group). Nomor 6 baru dari Inggris (HSBC). Nomor 7 dan 8 baru dari Amerika Serikat (JP Morgan dan Bank of America). Sedang 9 dan 10 dari Prancis.

Credit Suisse juga punya anak usaha di Indonesia: Credit Suisse Indonesia. Lengkap dengan lembaga-lembaga keuangannya. Yang kantornya di Sampoerna Stategic di Jalan Jenderal Sudirman Jakarta itu.

Sedang UBS bank di Indonesia berkantor di Gedung PKBI nyaris hanya di seberang Credit Suisse.

Pemerintah Swiss sendiri memilih menyelamatkan Credit Suisse lewat UBS. Daripada membiarkannya bangkrut seperti Silicon Valley Bank di Amerika dua minggu sebelumnya. Itu semata lantaran Swiss ingin menjaga reputasinya di dunia keuangan. Di Amerika masih banyak bank sepeninggal SVB. Tapi Swiss tinggal punya UBS. Padahal nama Swiss identik dengan kepercayaan pada banknya. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 21 Maret 2023: Riyadh Muda

Leong Putu

Hari Jum’at dapat berkat / Nasi lemak sungguh nikmat / Om Amat ku ucap selamat / Usaha hebat dapat pertamax / …. #bikin mahaguru bangga.

bagus aryo sutikno

Sak mBediun puasa tahun ini tak akan sesukses tahun kemarin. Tahun kemarin buka puasa jam 6 sore. Sekarang orang2 sak kutho mBediun dah sepakat buka puasa 17.45 saja. Lebih cepat 15 menit. Piye jal..?

alasroban

Bandara morotai 9 runaway apa 7 runaway bah ? Yg sekarang aktif namanya pitu airport. Langsung googling menuju bandara morotai secara virtual via google maps. Harus di jaga di lestarikan itu seluruh wilayah bekas bandara morotai.

Er Gham

Sebuah maskapai tanah air perlu evaluasi. Membuat penumpang yang duduk dekat jendela harus bersusah payah, saat akan melewati 2 kursi lainnya jika hendak ke toilet. Dan membuat penumpang bertinggi badan 165 cm ke atas harus menahan diri berjam jam saat lutut mereka beradu dengan kursi depannya.

Jimmy Marta

Gk usah punya banyak landasan. Punya satu aja, masih terlihat sepi. Yo mendarat e hanya sesekali….xixi

KEY

@FitnahTidakSehat Tidak baca berita ya? cuma mainan fitnah melulu xixixi Yang 300++ T itu adalah transaksi riil export import dan sudah diselidiki clear, bukan fitnah yang anda tuduhkan 349T maenan pegawai pajak, bisa kena UU ITE lho anda sok kritik tapi isinya fitnah melulu xixixi

Juve Zhang

Emirates,Etihad,Riyadh Airline,pasti akan menguasai dunia penerbangan, mengapa Singapore Airline kalah? Kunci nya di Avtur, beaya perjalanan pesawat itu Avtur komponen utamanya, mereka Jazirah Arab kaya akan Avtur, jelas mereka bukan asal asalan membangun. Itulah keunggulan mereka. Garuda harusnya menyerah saja ,itu bukan keunggulan Garuda ,Avtur saja gak mgemplang ke Pertamina, kekuatan Indonesia ini sektor PAJAK, pak Mahfud MD “merevisi” jumlah nilai yg “dibelokkan” oknum pajak 349 Triliun bukan 300 Triliun. Hitungan Pak Hadi P mantan Dirjen Pajak betul seharusnya negara dapat pajak 4000 triliun bukan 1700 Triliun seperti sekarang ini. Hukum dan denda sebagai kejahatan besar bagi manipulasi Pajak, harus diterapkan, contoh lah Amerika, 40% tax rasio pajak artinya 40% dari PDB nya sungguh penghasilan yg besar sekali, jangan coba coba manipulasi Pajak di sana ,bisa miskin mendadak hidup kita. Tiongkok sudah 30% Pajak nya dari PDB, Indonesia baru 8% dari PDB karena banyak “hama wereng” di persawahan pajak Indonesia, Bu Lurah suka sekali pasang badan buat para “hama wereng” ini , apalagi kalau membanggakan pencapaian pajak Indonesia naik 5 % dari tahun lalu, Presiden dan Rakyat ikut bahagia kenaikan pajak ini , gak tahunya “target” pendapatan pribadi para “hama wereng” lebih SUKSES dari Presiden dan Seluruh Rakyat, yg baru sadar sekarang . bangun ,bangun ,bangun.

Samsul Arifin

Setelah Beberapa Tahun Tarung di Dunia Kulit Bundar para pangiran yang UNLIMITED DOLARNYA ITU SEKARANG bertarung di Dunia Aviasi apakah Riyad Air Akan Mengalah Emerates or Qotar kita tunggu beberapa tahun lagi… Mancity Masih berjuang untuk tropi pertama Liga Championsnya Klo si PSG Malah sudah pulang Duluan dan New Castle masih bisa berbicara banyak di EPL… Salam Damai Dari #IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo…

Gregorius Indiarto

#Bro, kalau kamu kaya seperti MBS, apa yg kamu lakukan. – Menghayalmu lho ndor duwor banget. # Mumpong menghayal belum kena pasal… – Kalau aku sekaya MBS aku mau bagi2 duit di tempatku cari ilmu. # Tempatmu “ngelmu” itu dimana? – Di CHDI, para perusuh tak kasih duit. Tanpa terkecuali. Yg punya rencana mau nikah lagi tak kasih lebih banyak, biar rencananya sukses. Yg komen hanya kadang2 tak kasih, yg sering komen dan komennya tidak jadi komen pilihan tetap tak kasih yg komennya yleki.. # Stop2,,,yen koyo aku,ora tau komen piye? – Yo ndang komen no, biar dapat bagian. # Yo wes mko aku tak ikut komen. Pirang persen duit seng arep di bagi. – Kuabeh. # lha,…kamu tetap miskin? Tetap nguli, tetap jadi anak buah ku? – Yo tidaklah, aku MENGHAYAL lagi…tak pek dewe. #ngomongkosong

Komentator Spesialis

Usul Pak. Agar rakyat Indonesia makmur, bagaimana kalau seluruh rakyat Indonesia diterima menjadi pegawai pajak seperti rafael dkk. Minimal pegawai di level level gayus juga nggak nolak.

Purnomo Inzaghi

“Pangeran Mohammed kelihatannya begitu sadar : Arab Saudi lebih besar segala – galanya dibanding semua tetangganya yang mini mini itu. Tapi mengapa kalah segala – galanya?” Saya ganti beberapa kalimatnya… “Kita kelihatannya belum sadar, atau sudah sadar : Indonesia itu lebih besar segala – galanya dari tetangganya yang mini – mini itu. Tapi mengapa kalah segala – galanya?” Apa kabar Rafael Alun Trisambodo, Sudarman Harjasaputra, Andhi Pramono, Esha Rahmansah Abrar, Eko Darmanto, SF Haryanto…..anda telah membuka mata seluruh negeri bahwa kemakmuran dan kemewahan memang sudah merata di negeri ini, merata dari mulai pejabat tinggi sampai pegawai eselon terendah….gemah ripah loh jinawi.

Samsul Arifin

Saya tidak akan menyelahkan siapapun atas Ketidak Sempurnaan Indonesia Hari ini… Mungkin saya masih permisih terhadap “Mas Fajar” yang datang tidak diundang menyampaikan beberapa gambar orang tersenyum di atas kertas… Untuk Selanjutnya marilah kita Pilih Orang orang yang berintegritas jangan mau tertipu dengan “Janji Manis” yang mereka gaungkan diberbagai Media baik Sosial, Cetak maupun elektronik. Seandainya yang Indonesia tidak dikorupsi orang yang tidak bertanggung jawab pemerintah mungkin akan lebih digdaya dalam membangun Infrastruktur yang berkualitas… Terima Kasih Pak Mahfudz MD atas segala usaha Antum untuk membenahi berbagai hal di Pemerintahan saat ini… Salam settong Dhere…

thamrindahlan

Muhammad bin Salman Al Saud (MBS) Pangeran Kerajaan Saudi Arabia seorang eksekutif muda berkelebihan menjadi eksekutor. Rencana bukan hanya di proposal tetapi langsung MBS dikerjakan menjadi kenyataan. Benar Abah 3 variabel ( kemauan kemampuan dan keuangan ) bersatu padu . Kun fa yakun versi MBS maka jadi jadilah. Runway 6 jalur luar biasa lebar dan banyak di Riyadh sehingga tidak ada kendala delay bersebab antrian take off dan landing seperti terjadi negeri antah brantah. Yes kemajuan Kerajaan Saudi Arabia bersama MBS luar biasa. Ibukota baru Neom spektakuler. Semoga kita bisa menikmati Riyadh Airlines mendarat di Madinah dan lanjut menikmati kereta api super cepat ke Mekah. Ibadah haji / umroh semakin dimudahkan. Perubahan terjadi berkat kepedulian Raja Salman dalam kapasitas Khadimullah Harmain (Pelayan 2 Masjid Suci) dalam meningkatkan pelayanan publik untuk semua Tamu Allah. Salamsalaman.

Jimmy Marta

Suatu masa kita pun gk kalah bangganya. Itulah saat ada merek Garuda terpampang di jersey Liverpool. Menyaingi tulisan Etihad di baju City, Emirates di Arsenal dan Qatar Airways di kaos Barcelona. Yah, itu sudah lama. Kala GIA masih jaya. Sy gk tahu, apakah ada peran sang mantan sesuatu yg liverpudlian. Yg sy tahu, zaman itu Garuda gk kalah saingan dg Emirates dan Etihad. Sebelum remuk spt skrg, maskapai kebanggan negeri itu adalah maskapai Top. Sering dp penghargaan internasional. Pernah terpilih sbg Top 4 World Best Cabin. Top 20 World’s Best Bussines Class Airlines dan Top 10 The World ‘s Best Airlines.

yea aina

Berlomba-lomba menyiapkan sumber pendapatan baru pengganti petro dollar, sumber utama kekayaannya para pangeran dan sultan di timteng. Mereka mempersiapkan “ladang minyak sintetis”, alternatif pengganti sumber kekayaannya. MBS berhitung cermat, potensi kedatangan turis “wisata ruhani” – umrah dan haji cukup besar. Kedatangannya dari seluruh penjuru dunia, butuh transportasi massal. Sejauh ini 3 perusahaan penerbangan milik sohib MBS yang menuai cuan “omprengan” itu. “Kalau bisa disalip ditikungan, mengapa tidak?”, gumam MBS. Sultan di negeri timur jauh, beda jauh cara dapat cuannya. Sadar bahwa pendapatan terbesar dari “upeti” rakyat, maka untuk menambah pendapatan, satu-satunya cara dengan menambahkan 1% tarif upetinya. Terbukti target tercapai. Sumber pendapatan kerajaan sekaligus memperkaya para pemungut upetinya: 349 T.

Lusy Anggraini

Seperti lagu pak pak haji Oma “darah muda darahnya para remaja” “Yang selalu merasa gagah tak pernah mau mengalah” “Masa muda masa yang berapi-api” “Yang maunya menang sendiri” “Walau salah tak peduli” Bersyukurlah pangeran MBS sudah diberi royalty sejak dalam kandungan.. semangat menggebu dalam hal pembangunan terminal air.. tanah ada, uang ada, kemauan juga ada, tinggal menjalankannya, semoga saja amanah dan berkah.. Pandunganipun pak D semoga bisa berkunjung kesana bersama pangeran impian saya.. wkwk

Jimmy Marta

Lazimnya persaingan, yg diuntungkan pasti konsumen. Era global, proteksi dan monopoli harus ditinggalkan. Yg masih mengandalkan itu pasti akan tergilas. Terbayang saja, jk Emirates, Etihad, Qatar Airways dan Riyadh Airways ini punya izin penerbangan Indonesia-Saudi. Mereka dibolehkan ikut tender pengangkutan jemaah haji. Pasti akan sangat membantu mengurangi ONH. Pasti gk banyak menyedot uang BPKH urunan belasan tahun calon haji. Ongkos pesawat pasti jauh berkurang. Gk perlu lg sistem charter. Yg sekali terbang dihitung pp.

mz arifinuz

Mau naik pesawat terbang geratis? Kita semua sedang naik pesawat terbang itu. BUMI itu pesawat terbang kita, berputar pd poros nya dg kecepatan 1.600 km/jam. Pesawat jet berkecepatan 900 km/jam. Bumi mengitari matahari, keliling ruang angkasa dg kecepatan 100.000 km/jam. Apa itu bukan kemewahan tersendiri? Tak perlu berterimakasih pd Tuhan yg Ciptakan, Kendalikan semua alam semesta?

Muhammad Sk

Setelah melihat rumor mengenai “Credit Suisse”, saya mulai belok melihat berita nasional lagi. Dan tidak menganalisa ke arah sana “bid-over”. Masih malas, menganalisa perusahaan lokal. Intinya Credit Suisse, berpotensi di Lehman Brothers kan. Lagi lomba exit saja, meninggalkan jejak. Sampai ada perintah penangkapan putin, dll. Beberapa waktu lalu kita semua tau?. Ada penganiayaan ke salah satu anggota banser. Kemarin di jogjakarta sana, di daerah bantul. Ada percobaan pemukulan ke salah satu kyiai. “Ini contoh nganggur yang parah. Padahal kalau di analisa. Bisa langsung ke masalah inti saja. Tujuannya pasti itu. Alasannya, pasti ingin kawin lagi tapi tidak kesampaian. “Soal drama jadi anak sholeh yang khusu’, biasa saja (ujungnya pasti biar dapat perintah, atau izin kawin lagi)”. “Sementara istri mulai cerewet banyak permintaan, dan sudah tidak kinyis-kinyis lagi”. Jadi, solusinya ambil KUR BNI, bagi 3 atau 4. Nanti balik modal lewat amplop”. “Masih menghindar. Yakin tidak mau kawin lagi?”. Coba tes, pilih kisruh apa kawin lagi?. “Kisruh itu capek, kelon itu enak”. “Poinnya bukan nganggur. Terus kisruh, apalagi nyerang orang-orang NU”. “Kalau mau nakal, iya nakal saja”. “Nggak usah ribut”. “Ini juga bukan pembelaan ke NU. Heran saja. Dari dulu yang di serang cuma orang-orang NU”. Padahal, kalau targetnya serius mau nyerang non muslim. fans Liverpool di luar negeri sana masih banyak yang masih non muslim.

Udin Salemo

#everyday_berpantun Pertamax disway direbut Mang Amat/ Pertanda beliau jadi juara/ Orang muda penuh semangat/ Itulah kunci kemajuan negara/ Andai kupergi ke Perawang/ Untuk berjumpa abang Saud/ Berbincang tentang usaha kroket/ Arab Saudi punya banyak uang/ Pangeran MBS punya visi yahud/ Hasilnya kemajuan negara meroket/ Duduak bamanuang diateh lapiak/ Sambia mangunyah kueh lapek/ Kueh lapek pambarian Kang Otong/ Satiok tabayang galak manih adiak/ Rasonyo namuah pulang capek/ Apo dayo dompet sadang kosong/ Nan kuriak kundi/ Nan merah sago/ Nan baiak budi/ Nan indah baso/

Muh Nursalim

MBS kayaknya sudah sadar, ribut-ribut politik dengan Iran tak ada untungnya. Maka dia damai dengan setarunya itu. Lebih baik berlomba memajukan ekonomi daripada berlomba untuk perang. Bahkan sudah sangat mendesak MBS membentuk tim para insinyur yang bisa merekayasa Arafah, MIna, muzadliah dan dan masjidil haram. Tujuannya satu agar jumlah jamaah haji bisa secara massif ditingkatkan. Mosok antri berhaji sampai 30 tahun lebih. Itu ndak masuk akal. Kalau perlu undang para pakar bangunan dunia untuk bersama-sama mendsain tempat2 tersebut. Sehinggga jumlah jamaah setiap tahun bisa sampai 7 juta. Itu baru top markotop. Maslahat untuk umat dan manusia.

Alfi Nur Afifah

Eropa tidak lagi berpusat di negara barat tapi di seluruh wilayah timur tengah akan mengalahkan Eropa Pangeran MBS akan menjanjikan bahwa Arab Saudi akan menjadi Eropa baru

Pryadi Satriana

OBROLAN MENJELANG PUASA ‘Puasa’ itu ngapain sih? “Puasa itu mengendalikan diri.” Maksudnya? “Mengekang hawa nafsu. Mengesamping ego. Menahan keinginan2 duniawi.” Contohnya? “Ya … pokoknya ndhak lagi melakukan hal2 ‘mbelgedhes’ yg ndhak perlu itu!” Contoh hal2 ‘mbelgedhes’ yg dilakukan ‘jamaah’ Disway di kolom komentar? “Mau berapa contoh?” Tiga sudah cukup. Saksi aja cuma 2. “Satu: rebutan ‘pertamax’; dua: nulis ‘212 ori’; tiga: nulis ‘234 eng ing eng’, dst.” Wuik …, kenapa kok ga boleh? “Lha emangnya ‘puasa’ masih bisa ‘tjengengesan’?” #selamat berpuasa#

Otong Sutisna

Hiburan suhu….. hidup kalau serius melulu, malaikat ga ada kerjaan dong ….

Muhammad Sk

Menengo pak pry. Cah cah nang kene minimal nggak ngedarke narkoba. Juga nggak nyadap ponsel pribadi milik pejabat publik. Cuma nulis eng ing eng. Saldo dana, Shopee pay, dst masih utuh. Nggak di pake nyawer aplikasi live streaming. Nek arep khusuk, yo khusuk O kono, usah geger wae. Makane njukut KUR BNI bagi 4. Balik amplop sama tanah 8 kotak. Ben rame nek ora keramat terus pembagian warisan wkwk

Fiona Handoko

china southern airlines, adalah maskapai terbesar di asia. dalam segi pendapatan, jumlah penumpang maupun jumlah armada. saat ini china southern airlines memiliki 676 pesawat, menjadikannya sebagai maskapai terbesar ke 6 di dunia, dalam hal jumlah armada. yang memiliki armada terbanyak adalah american airlines, dengan 1.558 pesawat. untuk perjalanan antar kota di china, saat ini lebih populer naik kereta cepat daripada pesawat. karena dengan harga sedikit lebih murah, kereta cepat jadwal lebih tepat waktu dan letak stasiun yg di dalam kota. china southern airlines adalah satu satunya maskapai china yg pernah mengoperasikan airbus a380. namun sekarang airbus a380 milik china southern airlines sudah tdk beroperasi. terakhir terbang di november 2022. hal ini disebabkan cost per passenger a380 yang relatif tinggi menyebabkan maskapai merugi. dan kapasitas penumpang yg terlalu besar, menyebabkan a380 sering terbang dalam kondisi tdk penuh.

Komentator Spesialis

Tengoklah peta !! Timur Tengah memang kawasan yang sangat straregis. Khususnya kalau kita berbicara tentang trip dari Asia atau Australia ke Eropa atau Afrika. Pas hampir ditengah posisinya. Alias memang tempat yang bagus untuk transit. Maskapai seperti Emirate, Qatar, Etihad dll. sangat jeli melihat kesempatan emas ini. Mereka membuka rute penerbangan yang menghubungkan Asia atau Australia ke Eropa atau Afrika. Mereka tidak segan investasi membeli puluhan bahkan ratusan pesawat long haul seperti A380, Boeing 777, 787 dream liner atau A350. Themanya transit di negara mereka yang mana berada di titik tengah rute tsb. Itulah sebabnya mengapa maskapai tsb. berjaya. Jaman dulu orang kita pergi ke Eropa biasanya transit di Singapura. Sekarang ogah, terlalu dekat. Bahkan jaman dulu maskapai maskapai Eropa seperti Lufthansa, Air France, British Airways dll. menerbangi Indonesia. Transit di Singapura. Sekarang semua gulung tikar kalah sama maskapai maskapai kadrun tsb. Tidak sampai disitu. Bahkan SQ pun keteteran. Kita terpaksa bilang. Selamat tinggal SQ !

Komentator Spesialis

Saya hendak berandai andai dulu. Kalau Riyadh Air ini beroperasi. Dan pemerintah Saudi jadi memberikan Visa transit yang bisa dipakai liburan dan Umroh ke Saudi. Harapan saya berlaku sebulan. Ya, mohon maaf. Terpaksa kami harus mengucapkan salam perpisahan selamat tinggal kepada biro umroh.

*) Dari komentar pembaca http://disway.id


Editor :
Publisher :
Sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button