Regional

Beredar Video Warga Situbondo Bongkar Peti Jenazah Pasien Covid-19

AMEG – Kabupaten Situbondo digegerkan viralnya video warga mengambil paksa jenazah pasien Covid-19. Video berdurasi sekitar 2 menit 21 detik  itu, nampak puluhan warga memaksa merebut dan mengambil peti jenazah berinisial SF (36) dari dalam ambulans.

Kemudian jenazah tersebut, dikeluarkan dari dalam peti, lalu peti jenazah dirusak dan dihancurkan warga dan keluarga duka.

Setelah jenazah dicek keluarganya, langsung dikebumikan di pemakaman umum setempat.

Sejumlah petugas tim pemulasaraan dan TNI Polres tampak di lokasi  tak bisa berbuat banyak. Mereka hanya menyaksikan aksi warga tersebut.

Video tersebut diunggah oleh akun instagram @situbondoinfo, Rabu siang, 21 Juli 2021. Dengan keterangan, kejadian ini berlangsung Selasa (20/07/2021) di Dusun Karang Malang, Desa Panji Kidul Kecamatan Panji, Situbondo. 

Kepala Desa Panji Kidul, Budiono membenarkan kejadian tersebut. Namun ia berusaha agar warganya yang telah bersentuhan langsung dengan jenazah dan yang hadir di lokasi akan dilakukan swab PCR.

“Apabila ada penularan virus Covid-19 cepat kita ketahui, dan kita isoman dengan segera. Kata warga, ada pembukaan peti jenazah, ternyata warga Dusun Karang Malang Desa Panji Kidul.

Mereka ingin mengetahui kebenaran bahwa jenazah, Sofi (36) masih dalam keadaan utuh. Karena warga takut ada yang diambil pihak rumah Sakit,” papar Budiono.

Koordinator Tim Pemulasaran Jenazah Covid-19 Kabupaten Situbondo, Lukman Habsyi juga mengakui kejadian pengambilan paksa jenazah pasien Covid-19 itu sebelum dimakamkan.

“Itu kejadiannya pada Selasa siang, sebelum pemakaman jenazah covid-19. Sejumlah warga membongkar peti mayat dan mengangkat dengan menggunakan keranda,” kata Lukman Hasby. (*)


Editor : Zainulah
Publisher : Rizal Prayoga
Sumber : -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM