Musik

Perjalanan Olivia Rodrigo Menjadi Sensasi Pop Terbesar

Berkat Lagu Patah Hati yang Relatable

Olivia Rodrigo seperti muncul secara tiba-tiba. Hanya dengan satu lagu. Driver’s License. Yang saat dirilis pada Januari lalu langsung menjadi nomor satu di berbagai chart. Termasuk Billboard Hot 100. Apa yang membuat dia tiba-tiba bersinar?


AMEG– ‘’Aku sama banget dengan Nini,’’ kata Olivia Rodrigo dalam sebuah wawancara. ’’Dia menulis lagu tentang cowok. Lalu mengunggahnya di media sosial. Itulah yang ingin kulakukan di kehidupan nyata,’’ cerita dia.

Baca Juga

Itu dua tahun lalu. Pertengahan 2019. Rodrigo duduk di depan mixing board. Membicarakan peran yang dia mainkan dalam High School Musical: The Musical: The Series. Sebuah serial tentang sekelompok siswa sekolah yang ingin menggeber pementasan berdasarkan cerita film High School Musical (2006). Yang dibintangi Zac Efron dan Vanessa Hudgens itu.

Rodrigo memerankan Nini Salazar-Roberts. Dia begitu ingin memerankan Gabriela Montez dalam pertunjukan musikal tersebut. Lawan main Rodrigo adalah Joshua Bassett. Pemeran Ricky Bowen. Teman sekolah Nini yang mendapatkan peran Troy Bolton. Di pertunjukan dramanya, Gabriela dan Troy berpacaran. Di serialnya, Nini dan Ricky jadian. Di dunia nyata, Rodrigo dan Bassett tidak mau ketinggalan. Mereka juga akhirnya berkencan.

Pasangan belia itu berduet untuk lagu tema serial tersebut. Judulnya Just for a Moment. ’’Lagu itu akan ngehit banget,’’ kata seorang produser yang menemani Rodrigo wawancara. Waktu itu. Dua tahun lalu.

Well. Produser itu benar. Atau setidaknya, hampir benar. Duet itu memang ngehit. Tapi popularitasnya disalip oleh All I Want. Lagu yang dinyanyikan sendirian oleh Nini, eh Rodrigo. Yang liriknya begitu menyayat hati anak remaja. Dan dibawakan Rodrigo dengan vibrato dan efek tentatif yang mencengangkan.

Dan pada Januari lalu, bahkan lagu yang sempat bertahan sebagai nomor satu di radio selama berpekan-pekan itu tumbang juga. Kali ini, oleh lagu Rodrigo sendiri. Driver’s License. Yang kali ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan High School Musical. Tapi justru bermula dari situ…

Curhat Belajar Menyetir

Foto: Istimewa

Setelah Driver’s License menguasai tangga-tangga lagu dunia selama lima bulan, Rodrigo akhirnya merilis album. Judulnya Sour. Dilepas pada 21 Mei lalu. Ia langsung mencatat di puncak chart album Rolling Stone.

Sour juga langsung mendominasi tangga Top 100 Songs Rolling Stone. Mereka mengisi sembilan dari 10 posisi teratas. Termasuk Good 4 You yang menempati puncak chart. Hanya Butter milik BTS (di posisi nomor 2) yang terselip di antara dominasi lagu Rodrigo. Dia juga menyumbangkan empat lagu di posisi 10 besar chart Billboard Global 200.

Sour juga merajai tangga chart iTunes di sembilan negara. Yakni Amerika Serikat, Australia, Kanada, Denmark, Irlandia, Norwegia, Selandia Baru, Swedia, dan Inggris. Driver’s License dan Sour sama-sama memecahkan berbagai rekor streaming pada pekan pertama rilis.

Apa sih yang membuat lagu-lagu Rodrigo membetot perhatian seluruh pencinta musik? Begini. Bayangkan Driver’s License. Ingat-ingat syairnya yang sedih banget itu. Dan bagaimana Rodrigo membawakannya dengan penuh penghayatan. Lalu bayangkan, Sour—yang berisi 11 tracks—semuanya bertema patah hati!

Driver’s License memang terinspirasi oleh pengalaman Rodrigo sendiri. Yang asmaranya dengan Bassett layu sebelum berkembang. Cewek kelahiran Temecula, California, itu kali pertama terlibat cinta lokasi dengan Bassett waktu syuting High School Musical: The Musical: The Series. Itu berarti, Rodrigo belum genap 16 tahun.

Dari liriknya, kita bisa memperkirakan bagaimana cerita pacaran mereka. Dan bagaimana kisah yang singkat itu berakhir.

I got my driver’s license last week
To finally drive up to your house
But today I drove through the suburbs, crying
‘Cause you weren’t around,
And you’re probably with that blonde girl

Duh, sakitnya. Rodrigo belajar menyetir mobil dengan Bassett. Kini, ketika sudah mahir (ditunjukkan dengan punya SIM), dia sudah bisa naik mobil sendiri ke rumah cowok 20 tahun itu. Eh, si cowok malah sudah berpacaran dengan cewek lain. Yang, kata Rodrigo, lebih dewasa dan lebih cakep. She’s so much older than me / She’s everything I’m insecure about…

Siapa sih cewek pirang yang bikin Rodrigo insecure itu? Muncullah nama Sabrina Carpenter. Aktris dan penyanyi berambut blonde yang empat tahun lebih tua daripada Rodrigo. Dia dikabarkan sedang berteman dekat dengan Bassett.

Daya Tarik Lagu Galau

Foto: Istimewa

Terlepas dari benar tidaknya dugaan cinta segi tiga antara Rodrigo, Bassett dan Carpenter dalam Driver’s License, lagu-lagu galau sekali lagi menunjukkan kekuatan sihirnya. Adele meraih Grammy Awards berkat Chasing Pavements, Someone Like You, dan Hello. Semuanya bernada melodramatis dan berlirik supergalau. Yang diambil dari luka hari pribadi sang penyanyi.

Begitu pula Taylor Swift. Yang meraih Best Country Song pada Grammy 2012 lewat Mean. Yang mengisahkan tentang pengalaman dia berhadapan dengan penulis blog musik kejam.

Artinya, lagu-lagu ballads dengan lirik yang dalam layaknya curhatan memang sangat berpotensi ngehit. Sebab kalimat-kalimatnya sangat relatable dengan pengalaman banyak orang. Bahkan, oleh pengamat musik bilang, cerita dalam lagu Rodrigo tidak hanya dialami anak-anak muda zaman sekarang. Tapi juga kaum geriatric millennial. Yakni mereka yang lahir pada akhir 80an.

’’Kisah patah hati itu abadi. Bisa menimpa siapa saja. Tidak mengenal usia. Dan berapa pun usiamu, kalau diputuskan kekasih, rasanya sama. Sama-sama nelangsa,’’ ulas Natalie Gontcharova, kolumnis Refinery. ’’Karena itu, lagu-lagu Olivia tidak hanya disukai generasi dia sendiri. Tapi dia juga berhasil mengajak generasi di atasnya untuk bernostalgia,’’ lanjut dia.

Pasar memang masih menyukai hiburan yang dibalut oleh kepiluan… (*)

Editor:Sugeng Irawan
Publisher:Rizal Prayoga
Sumber:Harian Di's Way

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM