Regional

Covid Meluas di Situbondo, 10 Kecamatan Zona Merah

AMEG – Kasus Covid-19 di Kabupaten Situbondo, kian meluas. Dalam sehari, tercatat penambahan 75 kasus baru positif berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Situbondo.  Per 7 Juli 2021 pukul 15.00 Wib, secara komulatif tercatat 3.395 kasus. Padahal  tiga hari sebelumnya, masih 3.131 kasus. Sedangkan total kematian tercatat ada penambahan 289 kasus baru, dan yang masih aktif sebanyak 309 kasus. 

Namum demikian, Satgas Penanggulangan Covid-19 setempat enggan membeber penambahan kasus terbanyak ini, berasal dari klaster mana dan dari wilayah mana. Sekretaris Satgas Covid-19 Situbondo, H Syaifullah beralasan, sejauh ini tim satgas masih melakukan upaya tracing. Sehingga belum diketahui secara pasti dari kelompok mana saja, penyumbang terbanyak kasus baru virus mematikan ini. 

“Kalau dari klaster mana itu, saya belum bisa menjelaskan. Sebab sampai saat ini tim dari Dinkes,  Polres serta dari Kodim masih terus melakukan tracing. Kita tidak mau masyarakat tambah cemas dan gaduh,” tandasnya, Rabu (7/7/2021). 

Tak hanya itu, Syaifullah  yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Situbondo ini enggan menjelaskan, apakah ratusan kasus baru covid-19 yang terjadi dalam tiga hari terakhir, adalah pasien yang terinfeksi virus corona varian baru. 

Kata dia, sejauh ini Dinkes masih menungga perkembangan data dari Provinsi. “Sehingga ini harus betul-betul ditracing, nanti kami bilang misalkan ini klaster A ternyata di tempat lain penambahan tidak terkendali, ini sporadis,” tandasnya. 

Ia mengatakan, melonjaknya Covid-19 di Situbondo, pihak Satgas terus berusaha dan mengantisipasi. Serta memantau secara langsung pelaksanaan PPKM di tempat tempat stragegis yang banyak ditempati  kerumunan.

Seperti, taman kota, kecamatan, desa, toko toko besar, pasar. “Semuanya sudah kita jaga dengan ketat. Bahkan lampu peneranganpun yang biasanya banyak di tempati kerumunan, sudah kita matikan mulai dari pukul 19.00 WIB sampai pagi,” terangnya 

Dari 17 kecamatan, tercatat 10 kecamatan  yang berstatus zona merah. Diantaranya, Kecamatan  Mlandingan, Panarukan, Situbondo, Panji, Mangaran, kapongan, Arjasa, Jangkar, Asembagus dan kecamatan Banyuputih 

Sedangkan zona oranye tercatat 4 kecamatan. Diantaranya, Suboh, Bungatan,  Kendit,  dan kecamatan Besuki. Sisanya 3 kecamatan merupakan zona  kuning, yakni Sumbermalang, Jatibanteng dan Kecamatan Banyuglugur. 

“Zona merah ini merupakan angka kumulatif dari desa-desa. Kalau diatas 10 kasus maka kecamatan itu, berstatus zona merah,” pungkasnya. (*)


Editor : Yanuar Triwahyudi
Publisher : Rizal Prayoga
Sumber : -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

City Guide 911 FM