Kota Batu

Dewanti Terharu Melihat Lukisan Sketsa Bersama Eddy Rumpoko

AMEG– Mata Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko tampak berkaca-kaca melihat sebuah lukisan sketsa menggambarkan wajahnya bersama sang suami Eddy Rumpoko (ER) .

Lukisan itu merupakan karya Eko Wayang, seniman lukis Kota Batu itu, mewarnai 34 buah lukisan koleksi ER yang dipajang di event Gallery ERHibition 2022, di Gedung Pancasila Balai Kota Among Tani mulai Rabu (19/1/2022) sampai Sabtu (22/1/2022.

Yang membikin Dewanti terharu, karena tanggal 19 Januari 2022 bertepatan 35 tahun hari pernikahannya bersama suami tercinta, Eddy Rumpoko.

Baca Juga

“Hari ini merupakan hari bersejarah bagi saya dan bapak (Eddy Rumpoko) , karena sudah 35 tahun kami hidup bersama,” tutur Dewanti pada saat membuka acara, Rabu (19/1/2022) malam.

Selama 35 tahun perjalanan pernikahan, lanjut Dewanti, baru kali ini ada acara seperti ini. “Sebab itu, ini merupakan surprise yang sangat luar biasa,” ungkap Dewanti usai membuka kado lukisan sketsa bergambar dirinya dan Eddy Rumpoko.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat melihat koleksi lukisan suaminya Eddy Rumpoko. (foto ananto)

Usia pernikahan 35 tahun, kata Dewanti, bukan suatu perjalanan yang pendek. Banyak peristiwa suka dan duka dilewati. Sehingga di usia saat ini, ia mengaku, perlu introspeksi agar bisa mewujudkan hidup lebih baik.

Dewanti melihat banyak koleksi lukisan suaminya yang dipamerkan. Lukisan itu dikumpulkan mulai awal pernikahan hingga saat ini.

“Bapak selain senang lukisan, rekan-rekan beliau banyak yang menjadi seniman. Jujur saja, saking banyaknya lukisan sampai bingung mau ditaruh dimana,” tutur Dewanti.

Dewanti mengaku banyak lukisan yang sudah puluhan tahun tidak pernah dilihatnya. “Mudah-mudahan melalui lukisan yang ditampilkan ini dan dibarengi hiburan dari para seniman, bisa menghibur warga Kota Batu,” tandasnya.

Galery ERHibition 2022 digelar Among Tani Foundation (ATF), untuk membangkitkan kembali semangat berkarya para seniman dan budayawan Kota Batu.

Humas ATF, Septi Widi menjelaskan, setiap harinya berbagai macam kesenian lokal Kota Batu ditampilkan secara bergiliran.

Saat pembukaan yang dilakukan oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Rabu (19/1/202, dimeriahkan arak-arakan tari tradisional Sanggar Karsa Budaya, demo melukis dan musik keroncong.

“Kami menggelar event ini dalam rangka mewadahi seniman Kota Batu agar bisa terus eksis. Selain itu juga sebagai peringatan anniversary ke 35 pernikahan Bapak Eddy Rumpoko dan Ibu Dewanti” tutur Septi.

Pada hari Kamis (20/1/2022) akan ada Sinau Lukis untuk anak-anak Taman Kanak Kanak dan pelajar Sekolah Dasar se Kota Batu. Sinau dibimbing langsung oleh seniman lukis Kota Batu.

Sore harinya penampipan musik akustik dan musik gambus pada malam harinya. Pada hari Jumat (21/1/2022) pagi digelar sinau lukis, dan sore harinya ada pertunjukan jaran kepang dan dilanjutkan penampilan kesenian reog.

Di penghujung event, Sabtu (22/1/2022), mulai pukul 08.00-11.00 WIB ada penampilan musik keroncong oleh Moniez Keroncong.

Disela-sela itu juga akan ada kegiatan melukis bersama di kain kanvas berukuran lima meter. Pada sore hingga malam akan ada penampilan tarian jaranan, sanduk dan penampilan dari Sanggar Karsa Budaya.

Septi juga menjelaskan jika seluruh rangkaian acara tersebut disajikan gratis untuk seluruh masyarakat Kota Batu. ATF juga mengundang sekolah dari jenjang TK hingga SMA sederajat.

“Setiap sekolah bebas membawa berapa saja siswa-siswinya. Tidak ada batasan dari setiap sekolah. Meski begitu event ini tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat,” ujar dia.

Selain menampilkan kesenian lokal Kota Batu, pada event itu juga akan ditampilkan ratusan lukisan karya anak-anak Kota Batu. (*)


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button