Pendidikan

Dokar UB Geber ToT Mentor Mercy Corps Indonesia

AMEG – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki telah meluncurkan gagasan Micro Mentor. Cakupannya meliputi, akselerasi digital bagi pendamping UMKM (SIGAP UMKM) serta Garda Transformasi Usaha Mikro (Transfumi) dalam naungan Gerakan Indonesia Bersama UMKM.

Dalam program SIGAP UMKM ini, Kemenkop UKM bersama rekanan menggunakan skema Trainings of Trainer (ToT) untuk percepatan digitalisasi usaha mikro.

“Model ToT menjadi strategis dalam optimalisasi replikasi pendamping lebih banyak lagi. Namun tanpa melupakan monitoring dan evaluasi perkembangan UMKM binaan,” tutur Menkop Teten 

Program unggulan tersebut disambut antusias oleh akademisi Universitas Brawijaya Malang. Terlebih Program Dosen Berkarya (Dokar) merupakan salah satu kegiatan unggulan Universitas Brawijaya. 

Program ini, pertama kali dilaksanakan tahun 2021. Merupakan salah satu bagian dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi serta Visi Misi Universitas Brawijaya, khususnya misi kedua.

Yaitu, menyelenggarakan peran perguruan tinggi sebagai agen pembaruan, pelopor dan penyebar ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan humaniora serta sebagai agen pembangunan ekonomi bangsa dengan berdasar pada nilai kearifan lokal dan luhur.

Oleh sebab itu, Akademisi UB menindaklanjuti dengan melakukan ToT Mentor Mercy Corps Indonesia, Sabtu (23/10/2021) melalui plaform zoom. Tim UB terdiri dari Sovia Rosalin, M.AB (Vokasi); Zahroh, Drs (FIA); Latifah Hanum, M.SA.,Ak (FIA); Novita Roysida, M.Sc (Vokasi); Saiful Rahman, M.AB (FIA). Sovia Rosalin, M.AB sebagai ketua Tim Dokar Lintas Fakultas menyampaikan tema ToT, yaitu: Dosen Berkarya Melalui Program Micro Mentor Indonesia untuk Mendukung Akselerasi UMKM Indonesia.

“Micro Mentor Indonesia adalah sebuah platform mentoring bisnis online yang mempertemukan wirausaha dan relawan mentor bisnis. Agar saling berkolaborasi menyelesaikan tantangan dan mengembangkan,” ujar Sovia Rosalin.

Pada kesempatan tersebut, Sovia Rosalin, juga menjelaskan. Dokar adalah salah satu program dari Universitas Brawijaya untuk meningkatkan kualitas dosen dan pencapaian target Indikator Kinerja Utama Dosen berkegiatan di luar kampus.

Tim Dokar yang diketuai Sovia Rosalin, beranggotakan empat akademisi lintas fakultas. Mereka menjadi fasilitator atau mentor bagi pelaku wirausaha yang menjangkau di seluruh Indonesia. 

Tugasnya, mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, sikap dan keterampilan. Melalui pelatihan kepada masyarakat khususnya masyarakat yang berwirausaha. (*)


Editor : Yanuar Triwahyudi
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM