Pendidikan

Ekspresi Cinta Tanah Air hingga Lagu Religi Ramaikan Ajang FesoS

AMEG – ‘Hubbul wathan minal iman (Cinta Tanah Air sebagian dari iman)’ tampak diekspresikan penuh warna oleh puluhan pelajar SD/MI di aula MTsN 2 Malang, Sabtu (5/2/2022).

Berbagai kreasi bentuk digambar mengekspresikan pesan nasionalisme ini, di atas lembar kertas masing-masing. Tulisannya dalam lafadz Arab, menggunakan warna-warni cat air.

Muhammad Dani, siswa MI Alhidayah Kasembon, tampak sibuk menyelesaikan lukisan kaligrafinya. Ia juga menggambarkan nuansa alam jurang dan bukit di lukisannya ini. Gambar dan lukisan kaligrafi ini harus diselesaikan dalam waktu maksimal 5 jam.

Baca Juga

Di bagian lapangan belakang MTsN 2 ini, terdengar lantunan lagu-lagu religi dengan iringan musik dan pengeras suara. Lagu Islami ini dibawakan para pelajar secara bergantian di atas panggung tenda yang disediakan.

Alunan merdu suara vokal para penyanyi cilik ini sarat dengan syair dan pesan moral. Isinya tentang keselamatan, kebesaran Tuhan, hingga cinta kasih orang tua.

Sejumlah lagu yang dibawakan seperti lirik ‘Dienassalam’ yang dipopulerkan artis Nisya Shabyan. Ada pula lagi ‘Bunda’ yang dipopulerkan penyanyi beken Melly Guslow. Lirik lagu lainnya, ‘Ayat-ayat Cinta’ ala Rossa.

Para pelajar kreatif dan berbakat ini merupakan peserta Festival Seni dan Olimpiade Sains (Fesos) yang digelar pihak MTsN 2 Malang, yang berada di Turen ini. Mereka berasal dari SD/MI se Kabupaten Malang.

“Ada setidaknya tiga aspek penilaian dalam menyanyi solo, yakni vokal, penjiwaan, dan penampilan. Pembobotan tiap juri berbeda, tapi karakter penyanyi juga ada penilaian tersendiri,” kata Anas Fachrudin, salah satu juri lomba vokal solo.

Selain lomba solo vocal dan melukis kaligrafi ini, di ajang festival ini juga dilombakan pidato bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Arab, serta MTQ.

Sementara, untuk lomba olimpiade meliputi empat mapel, yakni Matematika, IPA, IPS dan Bahasa Indonesia. Lomba olimpiade ini paling banyak pesertanya, diikuti setidaknya 367 siswa. Saking banyaknya peserta, tes olimpiade ini harus dibagi menjadi tiga sesi.

“Soal olimpiade mencakup empat mapel, masing-masing berisi 20 soal. Pengerjaan dilakukan berbasis komputer secara langsung dalam waktu 2 jam,” Yuli Tetrani Widji L, panitia olimpiade mapel. (*)


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button