Kota MalangMalang RayaWisata

Hanya Hawai Waterpark Diizinkan Beroperasi

AMEG- Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang mengusulkan 20 lokasi wisata agar bisa beroperasi. Tapi, hanya 6 destinasi wisata yang disetujui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenperaf) untuk uji coba beroperasi.

“Kita ajukan ada 26, tapi yang di acc hanya enam. Pertimbangan yang lain masih dicoret, belum tahu alasannya dari kementerian. Padahal ini (Festival Kampung Tematik) kan virtual,” ungkap Kadisporapar Kota malang, Ida Ayu Made Wahyuni, Selasa (18/10/21).

Enam destinasi wisata nyang diizinkan uji coba beroperasi termasuk Kampung Tematik. Sejauh ini, hanya satu lokasi wisata yang sudah diperbolehkan beroperasi, yakni Hawai Waterpark dengan protokol kesehatan ketat.

“Lainnya belum disetujui, karena masih Level III,” tuturnya kepada Arema Media Group.

Kadisparopar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni (foto ocky)

Dijelaskan, persyaratan untuk uji coba pihak pengelola harus melengkapi aplikasi #PeduliLindungi. Karena tidak semua tempat wisata di Kota Malang memiliki aplikasi itu, maka akan diusulkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Kita sudah ajukan itu, dan sudah diusulkan ke Kemenkes melalui Disbudpar Pemprov Jatim,” kata Ida Ayu.

Enam lokasi wisata yang diizinkan uji coba di antaranya Kampung Tematik, Museum Brawijaya, dan Museum MPU Purwa.

“Mas menteri kemarin bilang, Malang Raya masih level III karena aglomerasi. Karena hari ini turun level II, jadi harus bersabar,” terangnya,

Terkait aturan anak di bawah usia 12 tahun, Ida mengaku sudah berkomunikasi dengan Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji. Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno juga memberikan deskresi kepada pimpinan daerah.

“Saya sudah izin ke beliau (wali kota). Nanti setelah dibahas akan kami sampaikan ke Kementerian terkait,” tandasnya. (*)


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM