Kota MalangMalang Raya

Hari Lansia, Pemkot Malang Serahkan Alkes dan Dana Hibah

AMEG – Bagi Pemkot Malang, keberadaan lanjut usia sangat penting, terlebih pada situasi pandemi. Komitmen itu mengemuka pada peringatan ke-25 Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), di Rayz Hotel, Senin (28/6/21).

Acara dihadiri Walikota Sutiaji dan Wakil Walikota Sofyan Edi Jarwoko. Dalam sambutannya, Sutiaji menyatakan, Pemkot Malang serius dan berkomitmen dalam hal penguatan Lansia, tampaik dari kehadiran stakeholder terkait.

“Pemerintah harus hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat secara makro, mulai pra nikah, nikah, hamil satu bulan, sampai melahirkan, bahkan hingga tua,” tuturnya.

Baca Juga

Peringatan HLUN 2021 masih dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga protokol kesehatan dikedepankan, dengan tema ‘Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga’, diharapkan keluarga yang merupakan lembaga sosial terkecil menjadi tempat persemaian cinta kasih bagi setiap orang.

Orang tua, tegas Sutiaji, menjadi penjuru bagi generasi muda, sekaligus panutan. Dia juga mengingatkan terkait komorbid pada Lansia.

“Untuk komorbid Lansia Kota Malang kurang lebih ada 17 ribu. Melalui peringatan Hari Lansia ini, mari saling memviralkan kebaikan, kita harus saling menguatkan,” tambahnya.

Sementara itu, Wawali Sofyan Edi Jarwoko, mengatakan, berbagai kebijakan yang sudah ada dari pemerintah benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin untuk Lansia.

“Kami mengedepankan program kerja yang mengutamakan kepedulian. Seperti taman Lansia yang akan kami bangun, transportasi dengan prasarana bagi Lansia, begitu juga perkantoran dan sebagainya. Kami akan segera wujudkan, karena program difokuskan kesana,” tuturnya.

Pada kesempatan itu secara simbolis diserahkan bantuan alat kesehatan untuk 5 kecamatan di Kota Malang, juga dana hibah.

Penerima hibah di antaranya Forum Komunikasi Karang Werdha sebesar Rp 50 juta, Yayasan Gerontologi Abiyoso Rp 200 juta, Pepabri Rp 50 juta, dan Legiun Veteran (LVRI) Rp 50 juta.(*)


Editor : Achmad Rizal
Publisher : Rizal Prayoga
Sumber : City Guide 911 FM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button