Kota Batu

Hewan di Batu Secret Zoo Aman Covid-19

AMEG – Dua harimau Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta dikabarkan positif Covid-19 beberapa hari yang lalu. Manajemen Batu Secret Zoo Jatim Park 2 pun langsung melakukan pemantauan pada seluruh hewannya. 

Dokter hewan Batu Secret Zoo Jatim Park 2, Rossy Margaretha Riupassa, memastikan, hingga kini satwa di Batu Secret Zoo aman dari virus Covid-19.

“Hewan-hewan di sini aman, karena perawatan selama pandemi Covid-19 juga terus dilakukan secara normal,” jelas Rossy, Jumat (6/8/21).

Salah satu faktor yang membuat hewan-hewan di Batu Secret Zoo tetap aman karena dipengaruhi karyawan yang seluruhnya sudah divaksin.

Batu Secret Zoo memiliki ratusan jenis hewan. Bahkan ada beberapa yang tidak dimiliki kebun binatang lain di Indonesia maupun dunia, salah satunya macan dahan atau harimau pohon.

Hal itu diungkapkan Public Relation JTP Group, Titik S Ariyanto. Menurutnya, tidak ada kebun binatang lain yang memiliki dua spesies macan dahan. Di Asia ada dua spesies. pertama Clouded Leopard di Nepal, India dan Malaysia.

Kedua Sunda Cluded Leopard, hanya ada di Indonesia, di Sumatera dan Kalimantan.

“Batu Secret Zoo satu-satunya lembaga konservasi yang memiliki dua spesies macan dahan sekaligus, yaitu macan dahan Asia dan juga macam dahan Sunda,” beber Titik. 

Dua spesies itu diberi nama Captain Sunda Clouded Leopard dan Clouded Leopard. Lahir pada 2015 lalu. Sebelum dikoleksi Batu Secret Zoo, Captain Sunda ditangkap pemelihara secara ilegal. 

“Captain Sunda ditangkap paksa oleh pihak tak bertanggungjawab dari alam liat. Namun petugas berhasil menyelamatkannya,” tambahnya. 

Setelah diamankan petugas, Captain Sunda dipindah ke Pusat Rehabilitasi Cikanang, Sukabumi. Dan pada 2020 lalu dibawa ke Batu Secret Zoo.

Macan ke dua, Clouded Leopard, berjenis kelamin betina. Dinamakan Clouded Leopard mengarah pada pola bulu yang berbentuk seperti spesies awan. Lahir di Uwti Zoo Ceko pada 16 Juli 2014. Tiba di Batu Secret Zoo pada Desember 2020. 

“Macan dahan asia warnanya lebih cerah atau lebih kuning. Sedangkan Captain Sunda berwarna lebih gelap atau lebih abu-abu,” jelasnya. 

Kata Titik, banyak orang yang memiliki keinginan menjadikan satwa ini sebagai satwa peliharaan. Padahal satwa ini merupakan satwa yang sangat berbahaya. Karena Macan Dahan memiliki kekerabatan sangat dekat dengan Saber Tooth. 

Satwa tersebut, memiliki taring terpanjang di antara keluarga kucing besar. Panjangnya bisa mencapai 6 cm hingga 8 cm. Di hutan, satwa tersebut juga terancam kehilangan habitatnya. Sehingga mengancam kelestarian satwa tersebut. 

“Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga kelestarian satwa yang sangat indah ini sehingga anak cucu kita kelak juga masih dapat melihat mereka secara lestari,” tuturnya. (*)


Editor : Ahmad Rizal
Publisher : Rizal Prayugo
Sumber : -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM