Sepakbola

Italia Lolos karena Sombong

AMEG – Piala Eropa 2020, sudah memasuki babak baru. Empat tim dipastikan lolos ke semifinal, usai meraih kemenangan di fase perempatfinal. Keempatnya adalah Spanyol, Italia, Denmark dan terakhir Inggris.

Spanyol menjadi tim pertama, yang memastikan tiket ke babak semifinal. Hal ini menyusul kemenangan yang diraih La Furia Roja atas Swiss di perempatfinal, Jumat (2/7/2021). Pada laga yang berlangsung di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Spanyol menang adu penalti 3-1 atas Swiss. Babak ‘keberuntungan’ itu dilakukan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Selanjutnya ada Italia yang melaju ke empat besar Piala Eropa 2020. Gli Azzurri menyingkirkan tim nomor satu dunia saat ini, Belgia, 2-1 di fase delapan besar, yang berlangsung di Allianz Arena, Munich, Sabtu (3/7/2021) dinihari WIB.

Denmark menjadi tim ketiga yang menyegel tempat di semifinal Piala Eropa 2020. Tim Dinamit melaju usai mendepak Republik Ceko 2-1, dalam laga yang berlangsung di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, Sabtu (3/7/2021) malam WIB.

Tim terakhir yang mengunci tiket ke semifinal Euro 2020 adalah Inggris. The Three Lions melangkah mulus setelah membantai Ukraina 4-0, dalam pertandingan di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (4/7/2021) dinihari WIB.

Di babak semifinal, Italia akan bentrok dengan Spanyol, sementara Denmark berebut tiket ke final menghadapi Inggris. Pertandingan digelar pada 7-8 Juli di Stadion Wembley, London.

Bagi pelatih Italia, Roberto Mancini sendiri, sempat mengeluarkan kalimat sombong setelah membawa timnya menang 2-1 Austria di 16 besar Piala Eropa 2020, Minggu (27/6/2021) dini hari WIB, lalu.

Saat itu, Mancio -sapaan akrab Mancini– mengatakan, Austria jauh lebih sulit dihadapi ketimbang calon lawan mereka di perempatfinal Piala Eropa 2020. Entah Belgia atau Portugal, yang saat itu belum memainkan pertandingan.

‘’Kami tahu akan ada potensi kulit pisang (kecerobohan) dalam pertandingan ini. Kami pikir laga ini akan lebih menyulitkan daripada perempatfinal. Mereka (Austria) bisa menyebabkan masalah,’’ kata Mancini, dikutip dari Sportsmole.

Ucapan Mancini ternyata benar adanya. Di perempatfinal Piala Eropa 2020, yang berlangsung dini hari, Italia menghadapi Belgia di Stadion Allianz Arena, Munich. Benar saja, Italia menang 2-1 atas Belgia di waktu normal 90 menit.

Sebelumnya saat menghadapi Austria di 16 besar, Gli Azzurri -julukan Italia– membutuhkan 120 menit pertandingan untuk menyegel kemenangan.

Namun, kesombongan yang lain, justru berujung pahit bagi pelatih Swiss, Vladimir Petkovic. Timnya saat menghadapi Spanyol di perempatfinal Piala Eropa 2020, yang dilangsungkan di Stadion Krestovsky, Saint-Petersburg, Rusia, harus mengaku kalah.  

Sebelum pertandingan, Petkovic sesumbar dapat mengalahkan Spanyol. Sebab, kepercayaan diri tinggi sedang meliputi Xherdan Shaqiri dan kawan-kawan. Hal itu karena pada babak 16 besar Piala Eropa 2020, Swiss menumbangkan juara Piala Dunia 2018, Prancis.

‘’Kami harus lapar (kemenangan) untuk lolos ke babak berikutnya. Dari titik ini, saya tidak bisa mengatakan saya puas. Karena, bagi saya, langkah selanjutnya selalu yang paling penting. Kami ingin lolos ke babak berikutnya, bahkan meski kami menghadapi salah satu favorit di Spanyol,’’ kata Petkovic, dikutip dari France 24.

Namun, apa hasil yang didapat Swiss? La Nati -julukan Swiss– disingkirkan Spanyol di babak perempatfinal Piala Eropa 2020 dengan skor 1-3 via adu penalti. Sebelumnya di waktu normal, skor sama kuat 1-1. (yan)

Jadwal Semifinal Piala Eropa 2020

Italia vs Spanyol

Rabu (7/7) dinihari WIB
Stadion Wembley.

Inggris vs Denmark

Kamis (8/7) dinihari WIB
Stadion Wembley.


Editor : Yanuar Triwahyudi
Publisher : Rizal Prayoga
Sumber : -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM