Kabupaten Malang

Jalibar Kepanjen Kini Bernama Jalan Dr Ir Soekarno

AMEG – Jalur Lingkar Barat (Jalibar) Kepanjen, Kabupaten Malang kini resmi bernama Jalan Dr Ir Soekarno. Peresmian nama jalan tembus ini dilakukan Ketua DPR RI, Puan Maharani, Senin (20/12/2021) sore.

Peresmian Jalan Dr Soekarno di pintu masuk sisi Utara Jalibar ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Puan Maharani. Turut mendampingi dalam peresmian ini Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, dan anggota DPR RI Fraksi PDIP, Yohanes Edy, dan Bupati Malang, HM Sanusi.

Dalam sambutannya, Puan Maharani menyatakan, pemberian nama Jalan Dr Ir Sukarno tersebut, sesuai amanat kakeknya, Bung Karno.

“Jalan ini menghubungkan Kabupaten Malang dan Blitar, dimana Bung Karno disemayamkan. Semoga, nama besar beliau juga bisa menginspirasi (kemajuan) Kabupaten Malang,” kata sambutan singkat Puan Maharani, sebelum meresmikan nama Jl Dr Ir Soekarno tersebut.

Sebelumnya, Bupati Malang Sanusi menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diraih Kabupaten Malang. Yakni, ditetapkan menjadi Kabupaten Malang Terinovatif oleh pemerintah pusat tahun ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto menegaskan, Jalur Lingkar Barat kini naik status menjadi jalan provinsi. Karena itu, perlu dipikirkan perencanaan tata ruang baru di wilayah Kepanjen dan kawasan yang sekitar Jl Dr Ir Soekarno ini.

“Ada rencana nantinya dibangun patung Bung Karno di pintu masuk jalan ini. Ya, tentunya diharapkan ini juga bisa menginspirasi warga Kabupaten Malang dan pengguna jalan, karena Bung Karno adalah Tokoh Proklamator kita,” jelas Wabup.

Selain itu, juga ada wacana membangun Taman Bung Karno untuk lebih mengingatkan warga atas jasa-jasa besar Soekarno. (*)


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM