Kesehatan

Jangan Hindari Telur, Ini Manfaatnya, Bisa Tangkal Corona

AMEG – Telur adalah sumber protein dan nutrisi. Bisa ditambahkan ke banyak hidangan dan disiapkan dengan berbagai cara.

Salah satu cara menikmati, dengan merebusnya. Telur rebus, membuat topping salad yang enak. Bisa dimakan sendiri dengan taburan garam dan merica.

Berikut ini penjelasannya:

Baca Juga

1. Meningkatkan metabolisme.Dalam satu telur ayam rebus mengandung 7,0 mcg vitamin B9. Selain itu, kandungan asam aminonya bisa mendorong metabolisme hingga 80-100 kalori. Manfaat telur rebus untuk anak juga sangat bagus, apalagi mereka yang aktif berkegiatan di luar rumah.Telur juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda sehingga mengurangi penyerapan kolestrol dini. Maka dari itu, telur rebus bagus untuk menjaga daya tahan tubuh apalagi di tengah wabah virus corona.

2. Menjaga kesehatan mata.Manfaat makan telur rebus lainnya adalah bisa menyehatkan indra penglihatan. Telur rebus tinggi akan lutein. Sebuah zat yang membuat penglihatan lebih jelas dan tajam. Lutein disebut pula vitamin karotenoid yang bisa membantu mencegah penyakit mata, termasuk katarak dan degenerasi makula akibat faktor usia. 

3. Menjaga kesehatan otak.Manfaat telur rebus lainnya yaitu, bagus untuk menjaga kesehatan otak karena mengandung kolin. Dikelompokkan dalam vitamin B yang bisa menjaga kesehatan otak, membantu membangun membrane sel dan membantu produksi molekul sinyal dalam otak. Selain itu, kolin juga berperan penting dalam memecah asam amino homosistein, yang berhubungan dengan perkembangan jantung. 

4. Mengurangi risiko penyakit jantung.Kolesterol partikel LDL besar yang terdapat pada telur rebus bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Walaupun kolesterol LDL dikenal sebagai kolesterol jahat, tetapi menurut penelitian, partikel LDL kecil lebih dominan memiliki risiko penyakit jantung lebih tinggi daripada orang dengan partikel LDL besar.

5. Membentuk badan berotot Manfaat telur rebus bagi pria bisa memperlihatkan tubuh yang berotot. Sehingga jadi dambaan para wanita. Disamping memerlukan latihan untuk membentuk otot, jangan lupa konsumsi telur rebus setiap harinya. Protein di dalam telur itulah yang bisa meningkatkan massa otot.

6. Meningkatkan kesuburan.Vitamin B yang ditemukan di dalam telur bisa membantu pembentukan hormon gairah. Ada asam folat di dalam telur rebus yang dikenal sebagai vitamin B9. Membantu pembentukan sel darah merah dan tabung saraf janin. Manfaat telur untuk wanita sangatlah bagus untuk meningkatkan kesuburan.

7. Menjaga Tulang Selanjutnya, manfaat telur rebus jika dimakan di pagi hari bisa menjaga tulang lebih kuat. Di dalam telur rebus terdapat vitamin D yang meningkatkan penyerapan kalsium serta mengatur kadar kalsium dalam darah. Proses ini memastikan kerangka tulang mendapatkan kalsium yang dibutuhkan. 

8. Baik untuk rambut dan kuku Manfaat telur rebus untuk rambut benar adanya. Karena mengandung sulfur yang tinggi. Tak hanya itu, telur rebus merupakan sumber vitamin D, mineral dan antioksidan. Sehingga membantu menumbuhkan rambut serta kuku agar lebih sehat. 

9. Bagus untuk ibu hamil Ibu hamil tentu memerlukan nutrisi yang cukup untuk dua tubuh yaitu, dirinya sendiri dan janin di dalamnya. Manfaat telur rebus untuk ibu hamil adalah bisa membantu produksi molekul syaraf pada otak janin.Sebab, di dalam satu telur rebus terdapat protein dan omega 3 yang bagus untuk perkembangan otak bayi. (*)


Editor : Yanuar Triwahyadi
Publisher : Rizal Wahyudi
Sumber : JPNN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button