Kota BatuMalang RayaRegional

Jelang Lebaran, Tiga Ruas Jalan Kota Batu Diperbaiki

AMEG – Meskipun pemerintah pusat, telah mengeluarkan ultimatum larangan mudik pada tanggal 6-17 Mei 2021 dan diperpanjang mulai tanggal 22 April- 24 Mei 2021 mendatang. Namun tak menyurutkan segala persiapan, untuk menyambut libur panjang Idul Fitri 1442 H.

Salah satunya dengan melakukan perawatan ruas jalan kota. Bertujuan, ketika hari H perayaan Idul Fitri, kondisi jalan Kota Batu semakin mantab dan tak membahayakan pengendara.

Kabid Bina Marga DPUPR Kota Batu, Dian Fachroni menjelaskan, untuk proses pemeliharaan jalan berkala, terutama jelang musim libur panjang hari raya. Saat ini pihaknya telah memulai proses pengerjaan perawatan jalan.

“Untuk proses pengerjaan perawatan jalan, kami akan melakukan setiap hari. Meskipun masuk hari libur kami tetap akan melakukan perawatan,” ujar Dian kepada ameg.id, Jumat (23/4/2021).

Untuk jalan yang dilakukan perawatan ada di tiga titik. Mulai jalan alternatif Wukir – Torongrejo, Jalibar – Junrejo dan Giripurno – Pandanrejo.

‘’Ketiga jalan itu saat ini juga sudah masuk dalam proses lelang pemeliharaan jangka panjang. Namun untuk menyambut lebaran sebagai langkah jangka pendek, tetap akan dilakukan penambalan jalan terlebih dahulu,’’ katanya.

Untuk proses penambalan ruas jalan Jalibar – Abdul Gani Atas, saat ini sudah mulai dikerjakan. Bahkan untuk kawasan jalan tersebut proses pengerjaan juga sudah hampir rampung.

‘’Untuk proses jangka panjang, di tiga jalur tersebut kami akan melakukan pembenahan overlay reguler. Dimana proses itu saat ini sedang masuk dalam tahap review desain dan proses lelang,’’ ujarnya.

Jalur kedua yang akan dilakukan perawatan adalah jalur alternatif Wukir-Torongrejo. Selanjutnya, jalur ke tiga yang akan turut diperbaiki, adalah ruas jalan Giripurno – Pandanrejo.

Ia menjelaskan, pemeliharaan jalan jangka panjang belum bisa dilakukan. Karena saat ini baru saja masuk pada triwulan kedua awal. Sehingga proses lelang dan sebagainya masih belum selesai. Karena untuk menyelesaikan hal seperti itu, memerlukan waktu yang cukup panjang.

Sehingga untuk perawatan jalan menjelang lebaran, pihaknya hanya bisa melakukan perawatan. Dengan melakukan penambalan lubang-lubang jalan. Namun yang jelas, ia menjamin jalur ruas kota akan dioptimalkan sebaik mungkin. Dalam sehari, pihaknya akan menurunkan tiga tim.

Dijelaskan, untuk total panjang tiga titik jalan yang dilakukan perbaikan memiliki panjang 11 Km. Dengan rincian, jalut Jalibar – Abdul Gani Atas sepanjang 6 Km, Wukir – Pandanrejo sepanjang 1,7 Km dan Giripurno – Pandanrejo sepanjang 3,3 Km.

“Untuk anggaran pemeliharaan jalan, menelan anggaran sekitar Rp600 juta – Rp800 juta,” ujarnya.

Pihaknya menargetkan, pengerjaan perbaikan jalan berlubang ditargetkan selesai pada  H-3 lebaran. Sedangkan untuk saat ini, proses pengerjaannya telah berjalan sekitar 50-60 persen. (avi)


Editor :
Publisher :
Sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM