Nasional

Jokowi Telepon Kapolri, Puluhan Preman Ini Disikat

AMEG –¬†Jajaran Polres Jakarta Utara membekuk puluhan preman yang kerap melakukan pungutan liar alias pungli di kawasan Tanjung Priok. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombes Yusri Yunus, puluhan orang yang ditangkap itu merupakan karyawan PT hingga preman yang kerap beraksi di wilayah tersebut.

“Kami amankan ada 49 orang dengan perannya masing-masing dan kelompok-kelompok di pos- pos ini,” kata Yusri saat jumpa pers di Polres Jakut, Jumat (11/6/2021). Lulusan Akpol 1991 itu menyatakan, para pelaku ditangkap setelah Presiden Jokowi mendapat keluhan dari para sopir kontainer yang kerap jadi korban pemalakan oleh preman.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menghubungi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memberantas kejahatan tersebut.

Baca Juga

“Ada keluhan dari sopir kontainer tentang adanya pungli dilakukan oleh karyawan dan preman hingga menghambat perekonomian,” ujar Yusri.

Mantan Kapolres Tanjungpinang itu menambahkan, para pelaku yang melakukan pungli kepada para sopir ditangkap di lokasi yang berbeda-beda. Mulai di jalan raya hingga ke arah pintu masuk Pelabuhan Tanjung Priok. Menurut Yusri, para preman itu punya pos masing-masing untuk mengambil uang dari para sopir truk tersebut dengan besaran yang berbeda-beda.

“Pelaku pungli meminta uang mulai dari Rp 2 ribu Rp 5 ribu sampai Rp 20 ribu. Jadi, masuk per pos-pos,” tutur Yusri. (*)

Editor:Yanuar Triwahyudi
Publisher:Rizal Prayoga
Sumber:jpnn.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM