Hot NewsNasional

Jokowi Turunkan Biaya PCR Menjadi Rp 450 ribu, Hasilnya Keluar 1×24 Jam

AMEG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta hasil tes polymerase chain reaction (PCR) atau tes swab, bisa dikeluarkan  dalam  waktu maksimal 1×24 jam.

Presiden juga meminta agar biaya pemeriksaan deteksi virus corona (Covid-19) melalui metode PCR diturunkan menjadi kisaran Rp 450 ribu hingga Rp 550 ribu.

Penurunan harga biaya tes PCR swab di kalangan masyarakat itu, diharapkan Jokowi dapat  meningkatkan strategi tes, telusur, dan tindak lanjut (3T) sebagai upaya mengendalikan pandemi Covid-19 di Tanah Air.

“Saya sudah berbicara dengan Menteri Kesehatan mengenai hal ini. Saya minta agar biaya tes PCR berada di kisaran  Rp450 ribu sampai Rp550 ribu,” kata Jokowi dalam video yang diunggah melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (15/8).

Selain kanal YouTube, harapan Jokowi disampaikan di akun Instagram @Jokowi,  pada Minggu (15/8) pukul  16.01.  Akun inipun menuai respon  like 7.632. Sedang  video  ditayangkan 1.071.714 kali pada pukul 18.04 WIB. 

Dalam tayangan video, Jokowi meminta agar laboratorium dapat memaksimalkan periode tunggu hasil tes swab maksimal 1×24 jam.

Sebagaimana diketahui,  masih terdapat sejumlah laboratorium daerah yang hasil PCR swabnya baru diketahui 3-7 hari setelah pengambilan sampel.

“Saya juga minta agar tes PCR bisa diketahui hasilnya maksimal 1 x 24 jam, kita butuh kecepatan,” kata Jokowi. 

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes)  telah menerbitkan Surat Edaran nomor HK. 02.02/I/3713/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) pada 5 Oktober 2020 lalu.

Dalam SE tersebut tertuang batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan RT-PCR termasuk pengambilan swab adalah Rp 900 ribu.

Tingginya harga PCR di Indonesia disorot dokter sekaligus musisi, Tompi. Lewat akun Twitternya @dr_tompi, menyebut harga PCR di Indonesia terlalu mahal. Di sisi lain, harga PCR di India kini mulai diturunkan menjadi sekitar Rp95 ribu dari semula sekitar Rp150 ribu. (*) 


Editor : Sugeng Irawan
Publisher : Rizal Prayoga
Sumber : -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM