Kota Batu

Kadinkes dan Lima Kepala Puskesmas Kota Batu Positif Covid-19

AMEG – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu, drg Kartika Trisulandari, terkonfirmasi positif Covid-19 bersama lima kepala Puskesmas, usai mengikuti rapat dinas.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan, dr Susana Indahwati, mengungkapkan, Kadinkes terkonfirmasi positif setelah rapat dinas dengan lima Kepala Puskesmas, diantaranya Puskesmas Batu, Sisir, Bumiaji, Beji dan Junrejo.

“Rapat dilakukan Selasa kemarin. Setelah itu, pada Rabu, salah satu kepala Puskesmas merasakan keluhan, seperti demam, batuk dan sebagainya. Kemudian langsung swab antigen,” tutur Susan, Jumat (25/6/21).

Baca Juga

Hasilnya positif dan langsung ditindaklanjuti dengan swab PCR. “Dari hasil swab PCR, hasilnya positif Covid-19. Maka seluruh peserta rapat harus ditracing,” katanya.

Foto: Ananto/ameg.id

Ketika dilakukan tracing, lanjut Susan, semua peserta rapat langsung swab PCR. Dari hasil tes tersebut ternyata semuanya positif Covid-19. Setelah diketahui hal tersebut, tracing diperluas kepada siapa saja yang melakukan kontak erat dengan orang-orang itu.

“Orang-orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 semuanya sudah menjalani vaksinasi. Sehingga mereka hanya memiliki gejala ringan atau bahkan tidak bergejala sama sekali,” ujarnya.

Susan menjelaskan, vaksinasi tidak menjadi penjamin 100 persen kebal dari Covid-19. Namun dengan vaksinasi, mampu mengurangi efek apabila terkonfirmasi positif Covid-19.

Dia juga menjelaskan, rapat sebenarnya juga menerapkan protokol kesehatan ketat. 

“Kami sudah mengirim virus tersebut ke litbang (Penelitian dan Pengembangan) Surabaya. Untuk hasilnya kami masih belum tahu kapan keluarnya,” katanya.

Lebih lanjut, dia juga mengungkapkan, jika orang-orang yang terkonfirmasi tersebut semuanya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. “Untuk yang positif, kalau rumahnya tidak memenuhi syarat untuk isolasi mandiri. Maka mereka harus isolasi di selter di YPPI Kota Batu,” ujarnya.

Susan juga berpesan, untuk seluruh masyarakat agar senantiasa menjaga protokol kesehatan. Karena bisa dilihat, saat ini banyak nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19. “Masyarakat harus senantiasa menjaga protokol kesehatan dengan ketat. Karena saat ini banyak nakes yang terkonfirmasi positif,” tandasnya. (*)

Editor:Ahmad Rizal
Publisher:Rizal Prayugo
Sumber:-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM