Regional

Kedatangan Pekerja Migran Mulai Menurun

AMEG – Kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tiba di Bandara Juanda Sidoarjo, mulai mengalami penurunan yang cukup signifikan. Data itu disampaikan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja (P2TK) Disnakertrans Jatim, Budi Rahardjo.

Menurut Budi Rahardjo,  kedatangan PMI dari luar negeri yang kembali ke tanah air melalui Bandara Juanda mengalami penurunan, dengan rata-rata per hari antara 150 hingga 200 orang.

Mereka didominasi dari negeri jiran Malaysia dan Singapura, ditambah pada hari Jumat dan Sabtu penerbangan dari Hongkong transit di Singapura ke Bandara Juanda Sidoarjo.

“Kedatangan PMI ini yang paling banyak adalah karena masa kontrak kerjanya telah berakhir,” kata Budi Rahardjo seperti termuat di Pers Rilis Diskominfo Jatim, Rabu (07/7/2021).

Ditambahkan, kedatangan PMI melalui Bandara Juanda Sidoarjo ini tetap wajib mengikuti karantina lima  hari, baik yang disediakan pemerintah di Asrama Haji Surabaya khusus PMI dari Jatim. Juga Gedung LPMP dan Balai Diklat Keagamaan Kemenag di Ketintang untuk PMI yang berasal dari luar Jatim.

Maupun tempat karantina mandiri di hotel-hotel Sidoarjo dan Surabaya yang telah direkomendasikan oleh Satgas Covid=19, sesuai Standar Operasional Prosedur penerapan Protokol Kesehatan.

Sedangkan 39 orang PMI yang baru datang dari Singapura, Rabu (07/7/2021) mulai menjalani masa karantina di Asrama Haji Surabaya. Mereka mendarat di Bandara Internasional Juanda Sidoarjo dengan maskapai Scoot Tiger Air (TR 262) bersama 50 orang penumpang lainnya. Mereka terdiri dari 46 Warga Negara Indonesia (WNI) dan empat penumpang Warga Negara Asing (WNA).

Ssetelah dilakukan pemeriksaan dokumen, seluruh penumpang tersebut menjalani karantina. Sebanyak 39 orang  di Asrama Haji Surabaya dan 11 orang lainnya di beberapa hotel di Surabaya.

“Dari Bandara Juanda Sidoarjo selanjutnya dilakukan karantina di Asrama Haji dan hotel yang ditunjuk, sebelumnya dilakukan pemeriksaan tes swab PCR” kata dr Deni Apriani dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Surabaya.

Rombongan PMI yang mendarat di Bandara Juanda Sidoarjo ini merupakan bagian gelombang kedatangan PMI dari luar negeri sejak tanggal 29 April 2021, hingga kini telah berjumlah 17.889 orang, baik yang berasal dari Jawa Timur maupun luar Jatim. (*)


Editor : Yanuar Triwahyudi
Publisher : Rizal Prayoga
Sumber : -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM