Kota BatuKota Malang

Kejar Kekebalan Komunal, Vaksin untuk Anak Digeber

AMEG – Kota Batu menggeber vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun, setelah vaksinasi berbasis sekolah, beberapa waktu lalu. Kini giliran Polres vaksinasi anak di Rupatama, targetnya anak-anak anggota Polres Batu.

Kabag Sumber Daya (Sumda) Polres Batu, Kompol Idayu Prameswari, menjelaskan, vaksinasi dengan sasaran anak anggota itu sudah dilakukan tiga gelombang, mulai Minggu kemarin, Kamis, (5/8/2021) dan Jumat (6/8/2021).

“Sebelum vaksinasi, terlebih dulu kami kirim google form kepada anggota yang memiliki anak usia 12-17 tahun, untuk mengetahui yang akan mengikuti vaksinasi,” jelasnya.

Jumlah anak yang akan divaksinasi menyesuaikan ketersediaan vaksin. Dari tiga gelombang yang dilakukan, ada 100 anak anggota yang telah tercover vaksin dosis pertama.

“Kami menggunakan Sinovac. Setelah divaksin hari ini, dosis ke dua akan diberikan setelah 28 hari atau tanggal 3 September mendatang,” katanya.

Idayu juga menjelaskan, sebelum vaksinasi, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, seperti Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), dilakukan proses screening ketat.

“Mulai swab antigen. Untuk mengetahui peserta positif Covid-19 atau tidak, bila hasilnya negatif dilanjutkan screening kesehatan,” jelas Idayu.

Selain menjadi target vaksinasi secara menyeluruh, program vaksinasi untuk anak penting dilakukan untuk membentuk kekebalan komunal. Vaksin yang diberikan tidak berbeda dengan vaksin Covid untuk kelompok usia 18 tahun ke atas. 

Anak usia 12-17 tahun diberi vaksin Sinovac karena sudah teruji klinis fase 1 dan fase 2 pada anak usia 3-17 tahun di Zanhuang, Cina. Vaksin diberikan dengan dosis 0,5 ml. Jarak antara vaksin Covid anak dosis 1 dengan dosis 2 adalah 1 bulan. 

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Batu, total anak usia 12-17 tahun yang telah tervaksin ada sebanyak 654 orang anak dari sasaran 18.605 atau 3.52 persen. Sedangkan yang telah tervaksin dosis ke dua baru terdapat 48 orang anak.

Pada hari Sabtu, (7/8/2021) Polres Batu akan menggelar vaksinasi Merdeka Semeru. Dilakukan di halaman Polres Batu, dengan target 450 sasaran ditujukan kepada organisasi masyarakat (ormas) dan masyarakat umum Kota Batu. (*)


Editor : Ahmad Rizal
Publisher : Rizal Prayugo
Sumber : -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM