Nasional

Kemenkes Pastikan Vaksin Tetap Ampuh Lawan Varian Delta

AMEG – Juru Bicara Vaksinasi Covid 19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, memastikan. Semua jenis vaksin yang disediakan pemerintah masih efektif untuk menangkal berbagai varian virus Covid-19.

Salah satunya ialah varian Delta atau B1617.2 yang belum lama ini ditemukan di Indonesia.

“Betul, semua vaksin masih sangat efektif untuk memberikan proteksi,” kata Nadia, Rabu (16/6/2021).

Nadia juga menegaskan, saat ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar program vaksinasi dipercepat untuk mewujudkan kekebalan komunal.

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid 19 Wiku Adisastimo juga mengatakan vaksin masih efektif untuk melawan varian Delta.

“Tentunya secara keseluruhan, sekarang masih memiliki (efikasi.red) karena efektivitas atas 50 persen masih terpenuhi,” kata Wiku dalam konferensi pers, Selasa (15/6/2021).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya melaporkan kemunculan virus Covid-19 varian Delta yang ditemukan di Kudus, Bangkalan dan DKI Jakarta.

“Ini penularannya lebih cepat. Walaupun tidak lebih mematikan,” ucap Menteri Budi dalam konferensi pers usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Senin (14/6/2021). (*)


Editor : Yanuar Triwahyudi
Publisher : Rizal Prayoga
Sumber : jpnn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM