Kota Batu

Konsultan Digitalisasi dari Kota Batu Menjadi Trainer di Sumatera Selatan

AMEG – Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia KUMKM, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan pelatihan peningkatan literasi teknologi informasi usaha kecil dan menengah. Pada kegiatan ini, M. Syauqi Haris, M.Kom dan Alan Wahyu Hafiludin, SE dari PT. Narasumber Teknologi Indonesia ( narasumber.id ) dihadirkan sebagai narasumber.

Acara di Hotel Duta Kota Palembang ini dilaksanakan selama tiga hari ( 27-29 Oktober 2022 ), diikuti oleh 40 peserta dari koperasi-koperasi binaan Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Selatan. Beberapa materi terkait digitalisasi koperasi berbasis syariah hingga pembukuan secara digital disampaikan oleh narasumber pada acara ini. Tidak hanya itu, peserta juga dibekali software koperasi syariah dan aplikasi mobile online koperasi.

Pada saat menyampaikan materi, Syauqi mengatakan bahwa perubahan pengelolaan dan managerial koperasi dari konvensional menuju digital perlu dilakukan, apalagi saat ini era industri 4.0 sedang berlangsung. “Untuk meningkatkan kredibilitas dan integritas, pelaku koperasi harus menerapkan manajemen berbasis IT,” terang Syauqi.

Baca Juga

Sementara itu, hal yang sama juga disampaikan Alan. Dia mengatakan bahwa dengan digitalisasi akan memudahkan pelaku koperasi untuk membuat pembukuan yang lebih kredibel. “Dengan beralih ke digital, maka pelaku koperasi akan lebih mudah untuk membuat pembukuan yang lebih baik,” jelasnya.

Selama acara berlangsung, kedua Trainer Nasional yang sudah memiliki sertifikat dewan pengawas syariah koperasi dari DSN-MUI tersebut juga memberikan materi tentang penerapan koperasi berprinsip syariah agar terhindar dari riba.(*)


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button