Sepakbola

Kroasia vs Spanyol, Ada Aroma El Clasico

AMEG – Duel Kroasia vs Spanyol dalam babak jadwal 16 besar Piala Eropa 2021, akan dihelat di Stadion Parken, Copenhagen, Senin (28/6/2021) pukul 23.00 WIB. Laga tersebut akan disiarkan langsung oleh RCTI dan live streaming Mola TV.

Kroasia dipastikan kehilangan Ivan Perisic dalam laga kontra Spanyol. Sang pemain sayap positif Covid-19. Perisic tidak bisa berlaga dan harus menjalani isolasi mandiri selama 10 hari ke depan.

Artinya, jika ingin bermain lagi, maka Perisic harus berharap timnya lolos ke semifinal Piala Eropa 2021 dengan catatan hasil tesnya kemudian sudah negatif.

Baca Juga

‘’Federasi Sepakbola Kroasia menerima hasil tes SARS-CoV-2, yang memperlihatkan bahwa Ivan Perisic mendapatkan hasil positif. Sedangkan anggota tim lain, semuanya dengan hasil negatif. Perisic akan melakoni isolasi selama 10 hari dan tidak bisa bermain di pertandingan berikutnya,’’ demikian keterangan resmi HNS.

Tanpa Perisic, jelas merupakan kerugian besar bagi Vatreni, julukan Timnas Kroasia. Pemain Inter tersebut, merupakan top skor sementara Kroasia di Euro 2021, dengan koleksi dua gol sepanjang babak grup.

Secara kontribusi, Vatreni juga bisa kehilangan sosok 32 tahun itu. Perisic menjadi pemain Kroasia yang paling agresif sejauh ini, dalam usaha mencetak gol. Jumlah tujuh tembakan yang ia lepaskan, merupakan yang terbanyak dibanding rekan-rekan setimnya yang lain.

Kroasia dan Spanyol sendiri, sama-sama lolos sebagai runner-up di grup masing-masing. Mereka juga memastikan kelolosan berkat kemenangan besar di laga terakhirnya.Kelolosan Kroasia dari Grup D, dipastikan berkat kemenangan 3-1 atas Skotlandia lewat gol-gol Nikola Vlasic, kapten Luka Modric, dan Ivan Perisic.

Sementara itu, kelolosan Spanyol dipastikan usai menang telak 5-0 atas Slovakia di Grup E. La Furia Roja menang melalui gol-gol Aymeric Laporte, Pablo Sarabia dan Ferran Torres, serta dua gol bunuh diri Slovakia.

Catatan yang hampir mirip dipunyai La Furia Roja -Spanyol- sepanjang fase grup,.

Dua laga awal Alvaro Morata dkk hanya sanggup mengemas dua poin. Di sisi lain, pertandingan kedua tim memiliki aroma El Clasico Real Madrid vs Barcelona.

Dari kubu Spanyol, nama Sergio Busquets, jelas tak bisa dilepaskan dari Barcelona.

Gelandang bertahan gaek ini menjadi leader dari pemain muda Spanyol pada gelaran Euro 2021. Yang akan berhadapan dengan Luka Modric.

Terlepas dari dua fakta di atas, Spanyol yang dibesut Luis Enrique, mengaku tak sabar untuk berhadapan dengan Kroasia.

‘’Kami akan bersiap dan percaya diri untuk babak 16 besar dan sudah tidak sabar menjalani pertandingan pada Senin mendatang (malam ini, red.),’’ kata Enrique dikutip dari laman Reuters.

Dua pertemuan terakhir Kroasia dan Spanyol, yakni di ajang UEFA Nations League pada tahun 2018, semuanya menghasilkan skor besar.

Pada September 2018, Spanyol membantai Kroasia 6-0 di Elche. Spanyol menang lewat gol-gol Saul Niguez, Marco Asensio, Rodrigo, Sergio Ramos, dan Isco, serta bunuh diri Lovre Kalinic.

Setelah itu, pada November 2018, Kroasia ganti menekuk Spanyol di Zagreb dengan skor 3-2. Tiga gol Kroasia dicetak oleh Andrej Kramaric dan Tin Jedvaj (2), sedangkan dua gol Spanyol diciptakan oleh Dani Ceballos dan Sergio Ramos (penalti).

Kali ini, Kroasia dan Spanyol bertemu usai sama-sama menang dengan gol banyak di laga terakhirnya. Kali ini, mereka akan bertarung untuk memperebutkan hak lolos ke perempat final Euro 2020. (yan)

Perkiraan Susunan Pemain

Kroasia: Dominik Livakovic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Josko Gvardiol; Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic, Luka Modric; Nikola Vlasic, Ante Rebic, Bruno Petkovic. Pelatih: Zlatko Dalic

Spanyol: Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Aymeric Laporte, Pau Torres, Jordi Alba; Sergio Busquets, Koke, Pedri; Dani Olmo, Gerard Moreno, Alvaro Morata. Pelatih: Luis Enrique

Jadwal Piala Eropa 2020

Senin, 28 Juni 2021

23.00   Kroasia vs Spanyol

Selasa, 29 Juni 2021

02.00   Perancis vs Swiss


Editor : Yanuar Triwahyudi
Publisher : Rizal Prayoga
Sumber : -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button