Notice: Undefined index: HTTP_REFERER in /var/www/html/ameg.id_wp/wp-content/themes/jannah/jannah.template#template on line 43
Disway

Lebih Sulit

ADA pertanyaan di Google. Tentu dalam bahasa Inggris: mengapa harga minyak sawit jatuh?

Jawab Google: “Harga CPO turun lebih dari USD 300/ton akibat perubahan kebijakan di Indonesia yang mendorong ekspor dengan cara mengurangi pungutan-pungutan ekspor. Besarnya produksi sawit Indonesia akan terus memberikan tekanan pada harga CPO”.

Jawaban itu kelihatannya dicomot dari publikasi Fitch Rating, dengan topik harga CPO akan terus turun.

Baca Juga

Maka Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dalam kapasitasnya sebagai ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN), bisa membagi-bagi minyak goreng di Lampung. Dengan harga hanya Rp 10.000. Itu untuk 2 liter. Pun uangnya tidak usah dibayarkan. Ia minta disimpan saya di kantong masing-masing. Sudah ada yang membayari: putri Zulkifli yang kelihatannya akan maju sebagai calon anggota DPR. Sang Putri berdiri dari kursi. Tepuk tangan menggemuruh.

Anda sudah tahu siapa Sang Putri: Futri Zulya Savitri. Yang lebih dikenal sebagai istri Mumtaz Rais. Yang kian terkenal setelah Februari lalu mengajukan gugatan cerai. Gugatan itu rupanya tidak terlalu lancar. Sampai sekarang masih berproses.

Futri lulusan bisnis manajemen ITB yang lantas melanjutkan S-2 di Australia. Ia anak pertama. Dari 4 anak Mendag. “Pilihlah dia. Tiap dua bulan ada begini lagi,” kata Mendag.

Rupanya tidak hanya Iduladha yang cepat datang lagi hanya selisih waktu satu hari. Harga minyak sawit juga begitu cepat berputar. Dari roda atas ke bawah. Hanya lewat satu kebijakan sapujagad: lewat publikasi resmi video kepresidenan.

Sejak larangan ekspor itu, stok CPO memang melimpah. Untuk menggalakkan ekspor lagi perlu waktu. Mungkin lebih panjang dari yang disangka. Harga CPO turun sekitar 35 persen. Dalam sekali. Itu membuat eksporter kurang bersemangat.

Ada juga penyebab lain. Waktu ekspor itu dilarang banyak kapal mengalihkan diri ke negara lain. Kapal itu mahal. Tidak boleh menganggur. Pun hanya satu hari. Apalagi sampai 1 bulan. Kini tidak mudah lagi mencari kapal untuk ekspor. Setidaknya begitulah keterangan Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Eddy Martono kepada media pekan lalu.

Dengan stok CPO yang melimpah di dalam negeri Anda pun tahu: harga buah sawit jatuh. Giliran petani sawit kelimpungan. Suara petani dari seluruh penjuru kebun seragam: ampun-ampun. Tidak ada lagi petani yang bisa menjual di atas Rp 1.000/kg. Bahkan ada yang hanya Rp 500/kg.

Padahal harga pupuk tidak bisa turun. Harga pupuk selalu terkait dengan harga minyak bumi dan gas –yang kini lagi tinggi-tingginya.

Petani sawit pernah berterima kasih atas bantuan sertifikasi lahan. Dengan demikian lahan bisa dijaminkan ke bank. Petani pun banyak yang ambil kredit di bank. Itulah yang mereka takutkan dari penurunan harga ini. Kalau terlalu lama. Ada tanggungan bank.

Tapi gambaran dari Eddy Martono belum ada yang menggembirakan. Justru sebaliknya: “Sekarang ini ada 68 pabrik kelapa sawit yang berhenti berproduksi,” ujar Eddy.

Syukurlah Mendag Zulkifli terus menyerukan agar PKS membeli buah sawit dengan harga Rp1.600/kg. Petani masih bisa berharap siapa tahu anjuran itu manjur. Tapi petani juga tahu. Seruan itu hanya seperti melukis di air keruh. Lukisannya tidak jadi keruhnya yang bertambah.

“Harga beli Rp 1.600 itu baru bisa terjadi kalau harga CPO Rp 8.000/kg. Padahal harga CPO sekarang hanya Rp 6.000,” ujar Eddy.

Maka begitu sulit menyeimbangkan antara kepentingan konsumen minyak goreng dan petani produsen sawit. Hanya suara konsumen minyak goreng biasanya lebih nyaring tersiar di media.

Anda pun masih ingat: tidak mudah menurunkan harga minyak goreng waktu itu. Sampai membawa korban dicopotnya menteri perdagangan yang Anda melarang saya menyebutkan namanya itu.

Kini, memperbaiki harga jual petani sawit kelihatannya lebih sulit lagi. Mungkin tidak akan bisa hanya dengan satu video. Perlu lima. Lima-limanya sapujagad. Ada unsur harga pupuk dan kimia di dalamnya. Jangan-jangan sampai perlu diterbitkan kartu MyPupuk bagi petani sawit.

Harga pupuk memang sulit diturunkan. Sepanjang kita masih terus mengandalkan pupuk kimia, harganya akan terus terkait dengan harga migas.

Saya sudah bicara dengan banyak petani. Juga pengusaha. Sejauh ini belum muncul usulan yang cespleng –yang bisa memperbaiki harga beli buah sawit dalam waktu singkat. Semua muara masih ke ekspor itu.

Apakah ada eksporter yang ngambek? Masih marah dengan larangan tiba-tiba itu? Sampai ada yang harus jadi tersangka? Kelihatannya tidak. Keinginan ngambek selalu kalah sama cuan. Jadi memang lebih sulit. Apalagi kali ini, soal petani sawit ini, kita tidak bisa menyalahkan perang di Ukraina. (*)

Komentar Pilihan Disway*

Edisi 13 Juli 2022: Gunung Yamagami

JIM vsp

Teringat dekade awal Bung Karno memimpin Indonesia, pernah memgalami benerapa kali percobaan pembunuhan, senjata api, bahkan granat sekalipun, Alhamdulillah Puji Tuhan Amitohu, tidak ada satupun yang berhasil, Konon Bung Karno memiliki pegangan tertentu yg sampai sekarang dicari-cari orang , apa itu, Anda Sudah Tahu.

JIM vsp

Soal pengamanan VVIP Indonesia lebih terlatih, pernah kecolongan pada saat Jenderal Wiranto tiba-tiba ditusuk oleh seseorang , sampai beliau luka dan dirawat di RS, tidak mungkin penusukan ini dilakukan dari jarak jauh, Anda Sudah Tahu.

alasroban

Di lihat dari garis keturunanya, Dalam istilah jawanya Abe ini termasuk “balungan gede”. Tap yang itu sebagaimana umumnya penduduk negara maju. Saking sibuknya lupa berkembang biak.

DeniK

Menunggu berita sekte moon di bekukan, di cabut ijin nya.serta di sita aset nya.lumayan negara dapat fresh money tanpa harus bersusah payah.negara lagi butuh duit .

Muin TV

Duit sudah didonasikan untuk kepentingan agama kok dibilang bangkrut. Sudah jadi hukum alam, makin banyak memberi, maka makin banyak menerima. Sepertinya Yamagami tidak percaya adanya tuhan.

Juve Zhang

Pendeta Moon sangat senang kalau umat nya menyumbangkan seluruh harta usaha duit nya buat gereja.yg susah anak keturunan nya . Ini juga ada di Indonesia.hak Pendeta menerima limpahan duit kerja seumur hidup umat nya karena pandai nya dia “mencuci” otak umatnya. Si penembak harus nya mencari pentolan gereja Moon yg telah “mencuci” otak ibunya sehingga semua harta diberikan ke gereja. Yg “normal” itu gereja hanya meminta 10% dari penghasilan bersih umatnya,karena yg 90% masih diperlukan buat “energi” umat nya.

Multi Suk

Abe mantan pejabat ditembak lalu meninggal, Tjahjo Kumolo masih menjabat sakit lalu meninggal. Bahkan ada si Anu gak ada apa-apa dan gak tau sebabnya meninggal juga. Jadi meninggal itu biasa saja kalau waktunya sudah sampai ya meninggal dunia palingan sebabnya yang berbeda, ngapain dibuat heboh, makanya saya sampai detik ini gak pernah tu nonton video penembakan Abe

LiangYangAn 梁楊安

Ada 2 kasus yg berbeda dalam tulisan Pak DI hari ini. Kasus 1 penembakan terhadap mantan PM Jepang, ini kasus kriminal, apapun alasannya tetaplah suatu kejahatan. Kasus 2 mengenai “nabi palsu”, bagaimana bisa seseorang menobatkan dirinya sendiri sebagai nabi ??????? “Nabi Palsu” adalah orang yang hanya merasa menerima wahyu dari Tuhan, merasa mendapat wahyu dari malaikat dan Tuhan, yang sebenarnya itu hanyalah perasaan dan pikirannya sendiri. “Moon memang menobatkan dirinya sebagai nabi. Ia yang ditunjuk Jesus untuk menyempurnakan ajaran Jesus. ……. Yakni lewat penebusan dosa. Lewat dirinya dan gerejanya. ……. Ajaran ini sungguh menyenangkan siapa saja yang merasa pernah berbuat dosa.” disway.id Injil Matius 24:4-5 24:4 Jawab Yesus kepada mereka: “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! 24:5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.”

edi hartono

Jika anda sudah pernah belajar menembak, Ketika pertama kali mencoba memang susah sekali. Dada anda akan terasa bergelora, senang, bangga, bingung dll. Beberapa percobaan awal pasti tidak mengena. Lalu ketika satu tembakan masuk, anda akan paham: oo begini rasanya; puas. Namun ingat2lah tanggungjawab sesudah itu. Selama 9 bulan 10 hari anda harus menjaganya. Dan bertanggungjawab pada akibat2 selanjutnya. Tembakan anda memang luar biasa, wkwkwk…

DeniK

Bang! Bang ! Bang ! Terjadi di Duren 3 . mungkin terinspirasi dari Amerika. Atau terpapar radikalisme.

Jimmy Marta

Motiv yamagami menembak abe tidak jelas. Tidak politik. Jika korbannya sesuai target awalnya mungkin cerita bisa luas. Motiv nya jelas. Sakit hati. Karena bikin ibunya bangkrut. Yang panjang lebar diceritakan abah justru cerita disekitaran peristiwa. Tentang latar belakang shinzo abe, pelaku dan tokoh moon. Ini juga juga cerita menarik. Sun myung moon mantan chaebol yg beralih jadi pendeta. Ini adalah hasil pencariannya terhadap kebutuhan spiritual. Setelah sisi materialnya tercapai. Sesuatu yg manusiawi banget. Punya 14 anak hasil menikah kedua di usia 57th. Hebat. Justru nama hak ja han terasa asing. Walau hallyu wave sudah menerjang, tetap terasa kurang akrab. Beda kalau kim, ahn, sung, park atau jae…hehe Annyeonghaseyo. Geongang insa…

Jimmy Marta

Empat hari yg berbeda. Pak muhajir sebagai menag ad interim sudah mencabut keputusan yg mencabut izin ponpes assidiqiyah jombang. Dibolehkan beroperasi lagi setelah izin nya dicabut. Hanya empat hari. Peristiwa duren sawit hari2 ini heboh setelah terjadi empat hari lewat. Empat hari kadang terasa cepat kadang teŕasa lambat.

agus budiyanto

Dulu sering lihat film silat Cina yang isinya perkelahian karena balas demdam. Sekarang baca Disway isinya, dendam tujuh turunan warga Cina kepada kakek, ayah Abe.

Budi Utomo

Gunung bahasa Jepangnya Yama. Kanji / Hanzi 汉子 nya Shan 山. Sedangkan Gami yang artinya Above / Up / Beyond bahasa Mandarin atau Hanzi nya Shang 上. Yamagami = Mountain Up Above. Tetsuya = Che Ye 彻也. Sorry kalau saya menulis aksara Che 彻 nya pakai Simplified ala Tiongkok bukan Traditional ala Taiwan. Arti Che 彻 adalah to penetrate / menembus , to pierce / menusuk. Konon aksara kunonya (yang bukan Simplified ataupun Traditional) terdiri dari simbol kendi tanah liat dan simbol tangan yang memukul hancur pot tanah liat itu. Che 彻 = Tetsu. Ye 也 = Ya 也 (Jepang) = also, too, either. Tetsuya = Tembus Juga. Yang ditembus adalah tubuh Shinzo Abe. Btw, Shinzo Abe kalau membubuhkan tandatangan memakai aksara Mandarin : Anbei 安倍 = Abe (nama marga) dan Jinsan 晋三 (nama pribadi). Anbei / Abe artinya Kedamaian 安 Berlipatganda 倍. Jin 晋 artinya to promote, to increase, promotion, increasement. Promosi, Peningkatan. Jinsan 晋三 artinya promosi tiga (kali?). Shinzo = Jinsan memang dipromosikan tiga periode berturut sebagai Perdana Menteri Jepang.

Ahmad Zuhri

Setelah melihat video nya.. kelemahan pengawalnya terlihat jelas, ada suara aneh/tidak seperti suara tembakan pada umumnya kurang cepat reaksi nya untuk segera melindungi obyek.. Terus sepertinya tidak ada yg bawa Bomb Blanket untuk keamanan obyek.. Medan terbuka seperti itu sangat rawan untuk keselamatan obyek.. kecuali ada sterilisasi setiap bangunan dan orang yg hadir.. Demikian..

Agus Suryono

PLUS MINUS MASYARAKAT NEGARA MAJU.. Umumnya cerdas, tapi kering spiritualitasnya. Begitu ketemu “tokoh” yang tahu “kebutuhan” masyarakat seperti itu. Maka akan timbul “kultus” yang berlebihan. Percaya berlebihan. “Demand” ketemu “supply” yang “dirasa cocok”. Meski berlebihan. Padahal yang cocok hanya “promo” nya. Atau “kecap” nya. Kayaknya mirip “case” ultah di tanah air. Yang lagi bermasalah. Masyarakatnya sudah sadar. Sudah “krasa”. Sebagian. Tapi ustadnya belum “merasa”.. Atau “pura” tidak tahu.

Budi Utomo

Wen Xian Ming 文鲜明. Korea: Mun Seon Myeong. Wen 文 (e nya dibaca seperti e dalam kata entah) = Mun 文 dalam logat Korea. Mun ditulis/ dieja Moon dalam English. Moon 文 artinya Culture, Cultural. Kebudayaan, Budaya. Xian 鲜 (baca: Sien, e nya dibaca e seperti dalam kata lele) atau Seon 鲜 (logat Korea) adalah gabungan dari simbol ikan 鱼 dan simbol kambing 羊 yang artinya fresh. Segar. Ming 明 atau Myeong (logat Korea) adalah gabungan dari simbol matahari 日 dan simbol bulan 月 yang artinya bright. Terang. Ming 明 adalah nama yang biasa dipakai pria Tionghoa dan nama sebuah Dinasti di Tiongkok (1368-1644). Mun Seon Myeong kayaknya suka bolak balik namanya menjadi Seon Myeong Mun alias Sun Myeong Moon. Nama marganya ditaruh di belakang. Nama anak-anaknya jelas memakai Moon semua. Karena itu aliran Kristen khas Korea ini disebut Moonism.

Johannes Kitono

Yamagami si pembunuh ini pasti sakit jiwa. Ibunya bangkrut karena donasikan hartanya ke gereja kok Abe yang harus dibunuh. Dan tembaknya dari belakang lagi. Benar benar tindakan pengecut yang tidak mencerminkan jiwa Bushido. Terlepas dosa apa saja yang sudah dilakukan nenek moyangnya, semoga ex PM Shinzo Abe Rest in Peace.

Agus Suryono

JEPANG SEBENARNYA NEGERI PARA KSATRIA.. Artinya MEMBUHUH orang lain karena kecewa, adalah hal yang tidak biasa. Hal yang biasa adalah BUNUH DIRI jika merasa bersalah. Atau minimal, ya MENGUNDURKAN DIRI dari jabatannya..

*) Diambil dari komentar pembaca http://disway.id


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button