Kabupaten Malang

Livestock Agribisnis, Bupati Malang Dorong Kreasi Produk Olahan Ternak Susu

AMEG – Aula pendopo Kantor Bupati Malang di Jalan Panji, Kecamatan Kepanjen, berubah menjadi stan lapak produk pangan, Selasa (16/11/2021).

Sejumlah 84 stan lapak ini tampak dipenuhi aneka produk pangan olahan dan kuliner.

Semua meja lapak yang ada dihias dengan hantaran cantik dan rangkaian bunga. Hantaran ini lalu diisi dengan produk dalam kemasan. Sebagian besar makanan kering, sebagian lagi berupa jajanan basah.

Baca Juga

Tampak produk makanan olahan yang dipamerkan di antaranya berupa abon ayam, keripik bakso, serundeng, hingga kerupuk dan permen susu.

Meja-meja stan produk pangan dan kuliner ini adalah hasil produksi perwakilan UKM se Kabupaten Malang.

Mereka menjadi peserta Livestock Agribisnis Festival, yang digelar Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang.

“(Kreasi produk olahan) ini nanti akan kita branding, olahan susu bisa menjadi berbagai makanan olahan. Sehingga, susu tidak hanya diminum, namun bisa dikonsumsi luas masyarakat,” kata Bupati Malang, HM Sanusi, usai memberi penghargaan peserta festival, Selasa (16/11/2021) siang.

Menurut Bupati, fasilitasi bagi produksi makanan olahan susu ini bisa disiapkan selanjutnya.

“Ya dari festival ini fasilitasinya. Seperti dilihat potensi dan kreasinya. Lalu, dikaji nilai gizinya untuk kemudian diberi akses dipasarkan dan dibuatkan galeri (penjualannya),” tandas Sanusi.

Sementara itu, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nurcahyo mengungkapkan, festival ini melombakan cipta masakan kuliner berbahan olahan susu, dan pameran produk makanan kering.

Lomba cipta masakan diikuti peserta perwakilan 33 kecamatan. Sedangkan, produk olahan bahan ternak diikuti 51 peserta yang merupakan produsen industri rumah tangga (IRT).

Menurut Nurcahyo, tujuan festival untuk mempromosikan dan meningkatkan konsumsi pangan berbahan ternak. Sekaligus mendorong kreativitas dan inovasi produk yang bisa meningkatkan nilai ekonomi hasil peternakan. (*)


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button