Notice: Undefined index: HTTP_REFERER in /var/www/html/ameg.id_wp/wp-content/themes/jannah/jannah.template#template on line 43
Nasional

Luhut: Pelajar Pemenang Tingkat Nasional Energen Champion SAC Indonesia 2022 Diberangkatkan Training ke Australia

AMEG – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Luhut Binsar Pandjaitan, menghadiri acara closing ceremony Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 – Yogyakarta Qualifiers di Stadion Mandala Krida, Minggu (23/10). Dalam kesempatan kali ini, Luhut menyampaikan apresiasinya terhadap kemeriahan penyelenggaraan dan antusiasme peserta.

“Saya tidak pernah menyangka. Musim perdana Energen Champion SAC Indonesia yang sudah berjalan di tiga wilayah sejauh ini diterima dengan sambutan yang sangat meriah.

Kompetisi atletik pelajar ini merupakan rangkaian panjang perjalanan kami untuk mencari bibit-bibit muda yang terbaik. Yang sebelumnya tidak pernah dilakukan sebesar dan semeriah ini sekarang diadakan di sepuluh provinsi,” ungkap Luhut.

Baca Juga

Selain itu, Luhut juga menyampaikan terkait tindak lanjut bagi para juara 1 dan 2 tingkat SMA. Yang masing-masing dari nomor lomba akan melanjutkan ke babak National Championship. Puncak acara panjang ini akan dihelat di Jakarta pada 9-11 Desember mendatang.

“Dari hasil kualifikasi putra putri terbaik masing-masing wilayah akan bersaing dengan para pemenang di tingkat nasional. Pelajar plyang nantinya keluar sebagai pemenang nasional akan kami berangkatkan ke Australia untuk mengikuti training camp di fasilitas sports science ternama, ” lanjut Luhut.

BACA JUGA: Kompetisi Atletik Pelajar Terbesar Indonesia Dimulai dari Lombok

Luhut juga berharap, Energen Champion SAC Indonesia dapat membangun persatuan dan kesatuan di kalangan pelajar dalam satu wadah kegiatan positif tanpa memandang ras, suku hingga agama. Juga diharapkan dapat mendorong semangat anak-anak untuk selalu berprestasi dan kemunculan kompetisi atletik lainnya yang lebih sering.

Selain menyampaikan apresiasi luar biasanya, Luhut juga menikmati pertandingan nomor lari estafet. Bahkan, suatu kehormatan bagi Energen Champion SAC Indonesia dapat menyaksikan perlombaan yang dimulai oleh Ketua PB PASI sebagai starter yang membunyikan pistol start.

BACA JUGA: Dua Hari Gowes Nikmati Tantangan dan Keindahan Sulut di Mandiri Sulut KOM Challenge 2022

Sampai hari ini, Energen Champion SAC Indonesia telah berjalan di tiga wilayah kualifikasi. Mulai dari Bali-Nusra (Mataram), Papua (Mimika) dan Yogyakarta (Yogyakarta). Kegiatan ini setidaknya menjaring sekitar 22.000 peserta dan menggaet lebih 20.000 pengunjung. Tak heran jika Energen Champion SAC Indonesia ini disebut sebagai pencarian bakat atletik pelajar paling akbar di Indonesia.

Penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 Yogyakarta Qualifiers diikuti sebanyak 3.123 peserta dari 247 sekolah se provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Mulai tingkat SD, SMP, hingga SMA. Rangkaian lomba berlangsung di Stadion Mandala Krida pada 21-23 Oktober.

BACA JUGA: AD2, Sepatu Penanda Sejarah Basket Indonesia

Dari pelaksanaan selama tiga hari kualifikasi DI Yogyakarta ini, rekor baru tercipta dari nomor tolak peluru (shot put) persaingan putra untuk tingkat pelajar SMA. Adalah Rifki Adi Saputra yang berhasil mencatatkan rekor tolakan dengan jarak terjauh. Siswa MAS Al I’anah Playen ini berhasil mencatat tolakan sejauh 13,63 meter.

Peringkat kedua dihuni Dita Kurnia Pratama (SMAN 1 Seyegan) dengan 10,66 meter. Lontaran sejauh 13,63 meter milik Rifki Adi ini sekaligus memecahkan rekor sebelumnya yang dicatat Farid Rizwan di Bali-Nusa Tenggara Qualifiers yang berlangsung di Mataram, NTB, pada 30 September hingga 2 Oktober lalu. Pada saat itu siswa SMAN 2 Mataram tersebut berhasil naik podium juara kualifikasi Bali-Nusra dengan tolakan sejauh 11,36 meter.

KEHORMATAN: Ketum PB PASI Luhut Binsar Pandjaitan menjadi starter dengan membunyikan pistol start final putri lari estafet 5×80 meter tingkat pelajar SMP pada hari penutupan Energen Champion SAC Indonesia 2022 – Yogyakarta Qualifiers di Stadion Mandala Krida, Minggu (23/10).

Selanjutnya, Rifki Adi dan Dita Kurnia akan mewakili Yogyakarta dalam babak National Championships di Jakarta, Desember mendatang. Bersama dengan pelajar yang sukses naik podium pertama dan kedua dari beberapa nomor yang diperlombakan untuk tingkat SMA pada Yogyakarta Qualifiers ini. Seperi nomor lari pendek (sprint), menengah (middle distance), estafet (relays), serta nomor lapangan, yakni lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Total, sebanyak 32 pelajar putra dan putri dari Yogyakarta Qualifiers yang akan berangkat ke Jakarta. Hasil selengkapnya bisa diakses melalui laman resmi www.sacindonesia.com.

Energen Champion SAC Indonesia akan menjaring anak-anak muda bertalenta dari sembilan Regional Qualifiers. Yakni Bali-Nusa Tenggara (Mataram), Papua (Mimika), Yogyakarta (Yogyakarta), West Java (Bandung), North Sumatera (Medan), DKI Jakarta-Banten (Jakarta), Kalimantan (Banjarmasin), Central Java (Semarang), dan East Java (Surabaya).

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi paling akbar di Tanah Air. Acara ini diadakan oleh Energen Champion, bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. Energen Champion adalah minuman cokelat berenergi yang mengandung susu dan telur dari Mayora. (*)


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button