Sepakbola

Luis Enrique Bimbang Pilih Penggedor

AMEG – Bertanding di Estadio La Cartuja, Sevilla, juara tiga kali Piala Eropa, Spanyol akan memulai upaya mereka merebut kembali kejayaan di Eropa, ditantang Swedia. Spanyol sendiri mengalami beberapa tahun kompetisi yang amat sulit di level internasional. Mereka tersingkir dari Piala Dunia 2014, di babak penyisihan grup. Bahkan sebelumnya, hanya mencapai babak 16 besar di Euro 2016 dan Piala Dunia 2018.

Padahal Spanyol merupakan tim yang sangat difavoritkan untuk menang. Setelah mengantongi tiga trofi serupa pada tahun 1964, 2008 dan 2012. Jika berhasil, tim besutan Luis Enrique ini, akan menyamai rekor Jerman yang meraih empat gelar.

Di sisi lain, Swedia akan mencoba mencari awal yang indah, untuk bisa keluar dari babak penyisihan grup, yang pertama kalinya sejak Euro 2004. Ketika mereka lolos ke perempat final dan ketika mencapai semifinal pada 1992.

Baca Juga

Mengawali Euro 2020, Swedia tentunya akan mencoba tampil percaya diri. Meski lawan mereka adalah Spanyol yang dianggap sebagai tantangan terberat, di semua kompetisi internasional.

Tim besutan Janne Andersson semakin percaya diri untuk menang, usai di lima pertandingan terakhir mereka, tak pernah kalah. Termasuk kemenangan di dua laga uji coba berturut-turut atas Finlandia dan Armenia.

Meski Swedia sendiri dipastikan tak diperkuat striker veteran, Zlatan Ibrahimovic, yang harus absen karena mengalami cedera. Namun, hal ini tak menjadi masalah. Spanyol sendiri juga tidak diperkuat sang kapten Sergio Busquets, akibat positif Covid-19.

Tetapi head to head menunjukkan, Swedia memang bukan apa-apanya dibandingkan Spanyol. La Furia Roja sudah memenangkan dua kali lebih banyak pertandingan (6), melawan Swedia. Mereka hanya kalah tiga kali dalam 14 laga sebelumnya.

Selain itu, tim tuan rumah masih memiliki banyak pemain berkualitas di skuat mereka. Wajar kalau masih diunggulkan untuk menang atas Swedia, meski dengan skor tipis.

Hanya saja, jelang duel kedua timnas tersebut, Luis Enrique  kabarnya sedang dilanda dilema. Untuk menentukan pemain yang berhak mengisi posisi ujung tombak penyerangan tim.

Setidaknya ada tiga pemain, yang berpeluang untuk mengemban tugas sebagai tukang gedor pertahanan tim lawan. Yakni Alvaro Morata, Gerard Moreno dan Ferran Torres.

Dilansir dari laman Football Espana, nama Morata menjadi yang terdepan untuk mengisi lini depan penyerangan Spanyol.

Musim 2020/2021 memang menjadi tahun kompetisi yang tak baik bagi sang bomber.

Dipinjamkan Atletico Madrid ke Juventus, Morata hanya mampu mengemas 11 gol di ajang Serie A.

Meski kerap bermain sebagai starter, namun eks Real Madrid ini gagal menunjukkan kemampuan terbaiknya. Kendati demikian, Enrique kabarnya lebih condong kepada memainkan Morata sebagai starter kala bersua dengan Swedia.

Pengalaman dan jam terbang di level Internasional yang dimiliki Morata menjadi tolak ukurnya.

Opsi kedua tersedia nama Gerard Moreno. Bomber Villarreal ini menujukkan penampilan yang gemilang bersama Kapal Selam Kuning musim lalu. Ia mengantongi 23 gol di ajang La Liga dan membantu Villarreal memenagkan trofi Liga Eropa.Sayangnya, Moreno sering kali hanya menjadi ban serep jika kondisi Morata tak fit untuk tampil.

Sedangkan opsi lain yang dimiliki lini serang Timnas Spanyol adalah Ferran Torres.

Torres menjadi bagian dari suat juara Manchester City. Meski kalah saing dari Bernardo Silva maupun Riyad Mahrez, namun Torres mampu mengemas 13 gol di semua kompetisi bareng The Citizens.

Ia memang bukan tipikal striker nomor 9 yang berkutat di dalam kotak penalti saja.

Akan tetapi permainan ‘liar’ yang dimiliki pemain 21 tahun tersebut dapat menjadi warna tersendiri bagi penyerangan la Furia Roja. (*)

Prediksi Susunan Pemain:

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Marcos Llorente, Aymeric Laporte, Pau Lopez, Jose Gaya; Thiago Alcantara, Rodri, Fabian Ruiz, Ferran Torres, Alvaro Morata, Mikel Oyarzabal.

Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Mikael Lustig, Victor Lindelof, Marcus Danielson, Ludwig Augustinsson; Viktor Claesson, Albin Ekdal, Kristoffer Olsson, Emil Forsberg; Marcus Berg, Alexander Isak.

Jadwal Piala Eropa 2020

Senin, 14 Juni 2021

Grup D

20.00 WIB: Skotlandia vs Republik Ceko (Mola TV)

Grup E

23.00 WIB: Polandia vs Slovakia (Live RCTI & Mola TV)

Selasa, 15 Juni 2021

Grup E

02.00 WIB: Spanyol vs Swedia (Live RCTI & Mola TV)

Editor:Yanuar Triwahyudi
Publisher:Rizal Prayoga
Sumber:-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM