Regional

Lunas Bayar, 30.800 CJH di Jatim Tunggu Kepastian Pemberangkatan Haji Tahun Ini

AMEG – Sejumlah 30.800 lebih calon jamaah haji (CJH) se Jawa Timur, yang sudah melunasi biaya haji menunggu kepastian bisa diberangkatkan haji tahun ini. Namun, belum ada kepastian pemerintah terkait pemberangkatan dan berapa kuota haji 2022 ini.

“Ya, sampai saat ini kami masih menunggu surat resmi dari pemerintah. Seperti apa kepastian haji tahun ini, belum tahu,” demikian Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur, Dr Husnul Maram, MHI, usai pembinaan jajaran ASN Kemenag di lingkup Kota Malang, Jumat (14/1/2022) sore.

Dikatakannya, sejumlah CJH yang lunas biaya perjalanan haji ini termasuk yang sudah siap berangkat sejak 2020 lalu. Akan tetapi, terpaksa batal berangkat karena larangan pemerintah Arab Saudi akibat situasi pandemi Covid-19 dua tahun terakhir.

Apakah CJH lunas biaya haji ini bisa berangkat semua untuk musim haji 2022? Soal ini, Lagi-lagi Kakanwil Kemenag Jatim tak bisa memastikan.

“Kita lihat nanti edarannya seperti apa. Apakah seluruhnya bisa berangkat, atau hanya sebagian saja,” jelasnya.

Ditambahkan Husnul, hingga 33 tahun mendatang, sudah tercatat pendaftar atau calon jamaah haji yang sudah antre pemberangkatan. Menurutnya, jumlah total CJH terdaftar dengan masa tunggu lebih dari 30 tahun se Jawa Timur adalah 1.184.127 jamaah.

“Pada prinsipnya kami siap, mulai jajaran Kanwil sampai pelayanan haji Kemenag kabupaten/kota. Pelayanan akomodasi, paspor, dan pemberangkatannya kami siap, sekiranya tahun ini sudah bisa pemberangkatan haji,” pungkas Husnul Maram. (*)


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM