Pendidikan

Mahasiswi Vokasi UB Sabet Gelar Best Intelegensia Duta Budaya Jawa Timur 2021

AMEG –  Usia muda tak menjadi penghalang bagi Tantri Dena Ambiko. Untuk mempelajari dan memperkenalkan budaya daerah asalnya, Tuban.

Banyak kebudayaan Tuban yang pengelolaannya belum maksimal. Ini membuat mahasiswi Vokasi Universitas Brawijaya (UB) ini, termotivasi mengikuti Duta Budaya Jawa Timur 2021. Hasilnya, dia menyabet gelar Best Intelegensia Duta Budaya Jawa Timur 2021.

Kompetisi ajang ini, harus menjalani beberapa tahap.  Seleksi, karantina, penyisihan, tes tulis, tes bakat dan wawancara daring. Prosenya satu bulan. Hingga puncaknya grand final di Hotel 88 Surabaya dan BG Junction Surabaya, Sabtu 12 Juni 2021. Tentunya menerapkan protokol kesehatan ketat

“Saya sangat bersyukur. Tidak menyangka menjadi Best Intelegensia Duta Budaya Jawa Timur 2021. Ddisebabkan persiapannya berdekatan dengan UAS. Sehingga butuh fokus dan semangat berikhtiar yang lebih untuk menyeimbangkan keduanya,” ungkap mahasiswi Manajemen Perhotelan 2019 ini.

Tantri, sapaannya, menilai generasi muda bangsa pada era modern ini, melek budayanya masih kurang masif. 

“Misalnya, Batik Gedhog Tuban. Masih banyak yang menganggap kuno. Sebenarnya, melalui desain modis dan elegan bisa menjadikan Batik Gedhog sebagai trendsetter. Sekaligus membangun UMKM perajin batik. Juga penjahit lokal. Maka dibutuhkan akulturasi budaya yang sesuai dengan era. Tanpa melupakan identitas Budaya Nusantara, Indonesia,” paparnya.

Gadis kelahiran Madiun, 4 April ini, aktif mengikuti berbagai kompetisi dan meraih prestasi. Antara lain: Juara 2 Lomba Penulisan LKTI Nasional 2017, Best Favorite Duta Gemarikan Jawa Timur Tuban 2018, Juara 2 Kreasi Musik Band Se-Kerasidenan 2018, Juara 2 Lomba Menyanyi Solo Tembang Kenangan Tuban 2018 dan Juara Uji Cerdas Cermat Tuban 2017.

Tantri berharap, anak muda terus aktif mengasah kemampuan dirinya dan tidak pernah malu mengenalkan budaya sebagai entitas bangsa.

“Kalau bukan kita yang memulai, siapa lagi?,” katanya.

Selanjutnya, Tantri bersama Tim Duta Budaya Jawa Timur akan melaksanakan beberapa program kerja yang telah dicanangkan. Untuk berkontribusi dalam pengelolaan Budaya Jawa Timur. (*)


Editor : Yanuar Triwahyudi
Publisher : Rizal Prayoga
Sumber : -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM