Malang Raya

Masyarakat Kota Batu Antusias Ikut Vaksinasi

AMEG – Polres Batu terus menggeber vaksinasi. Sejak mensukseskan satu hari satu juta vaksin mulai Rabu (23/6) hingga Sabtu (26/6), Polres berhasil vaksinasi kepada 2.373 orang, mulai pelaku wisata, pedagang, masyarakat umum dan Lansia.

Vaksinasi nasional TNI-Polri dijalankan di dua tempat berbeda. Rabu dan Jumat kemarin dilakukan di Jatim Park 2, sedangkan Sabtu ini di Lippo Plaza.

Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo, mengatakan, vaksinasi ini diperuntukan bagi masyarakat Kota Batu. Dari target 1.500 orang, kini sudah tembus 2.373 orang.

Baca Juga

“Animo masyarakat Kota Batu mengikuti vaksinasi sangat tinggi. Mereka mau divaksin dengan harapan mampu meningkatkan kekebalan tubuh,” ujar Catur, Sabtu (26/6/21).

Dia juga menjelaskan, vaksinasi tak hanya untuk masyarakat Kota Batu saja. Tapi juga masyarakat yang berdomisili di Batu, walau tidak ber KTP Batu.

Catur juga mengungkapkan, ketersedian vaksin di Kota Batu relatif aman dan tidak masalah. Tingginya animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi itu juga telah disampaikan kepada Polda Jatim.

Disisi lain, dari 2373 masyarakat Kota Batu yang telah tervaksin tersebut. Juga tidak ditemukan ada masyarakat yang menderita KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi) setelah divaksin Covid-19 menggunakan vaksin buatan Sinovac

“Alhamdulillah hingga saat ini masih belum ditemukan kejadian KIPI. Karena sebelum dilakukan vaksinasi kami sudah melakukan observasi dan screening terlebih dahulu. Sehingga yang tidak memenuhi syarat untuk dilakukan vaksinasi. Maka akan kami undur terlebih dahulu hingga benar-benar dalam kondisi sehat,” tandasnya.

Sementara itu, untuk capaian vaksinasi di Kota Batu saat ini sudah mencapai 96,44 persen masyarakat Kota Batu tercover vaksin dosis pertama. Sedangkan untuk capaian vaksinasi dosis kedua sudah mencakup 44,50 persen dari target vaksinasi masyarakat Kota Batu sebanyak 25.112 orang meliputi tenaga kesehatan, pelayan publik dan lansia.

Untuk rinciannya, vaksinasi kepada tenaga kesehatan (Nakes) sudah ada 1735 dari target vaksinasi sebanyak 1662 Nakes atau cakupannya mencapai 104,39 persen. Selanjutnya untuk vaksinasi kepada pelayan publik sudah ada 8.492 orang, dari total sasaran sebanyak 9007 masyarakat atau sekitar 94,28 persen,” jelasnya.

Berikutnya, untuk vaksinasi kepada lansia ada sebanyak dari sasaran sebanyak 14.443. Vaksinasi telah terlaksana kepada 2913 lansia. Atau baru mencakup 20,17 persen dari target yang telah ditentukan. (*)


Editor : Achmad Rizal
Publisher : Iqbal Prastiya
Sumber : "-"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button