Hot NewsNasional

Menkes: Mutasi Virus dari India dan Afrika Sudah Masuk Indonesia

AMEG – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengkonfirmasi, mutasi virus Covid-19 dari luar negeri sudah masuk ke sejumlah daerah di Indonesia.

“Mutasi baru dari India sudah masuk, ada dua insiden yang sudah kita lihat, dua-duanya di Jakarta. Dan satu insiden untuk mutasi dari Afrika Selatan ada di Bali,” tutur Budi, dalam jumpa pers usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (3/5/21).

Budi menyatakan, kasus mutasi virus Covid-19 yang sudah masuk Indonesia bukan hanya yang berasal dari Inggris dengan kode B117. Saat ini sudah ada 13 kasus yang ditemukan pemerintah.

Sudah ada dua mutasi virus lainnya yang berasal dari India dan juga Afrika Selatan, dan menjadi concern Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), karena potensi penularannya relatif tinggi atau cepat.

Sebab itu Budi mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap jenis virus baru itu. Dia berharap testing dan tracing di daerah-daerah yang terdapat penyebaran mutasi virus Covid-19 India dan Afrika Selatan bisa diperkuat.

Yang paling penting, sekali lagi, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Apapun virusnya, apapun mutasinya, kalau kita disiplin protokol kesehatan, insya Allah penularan tidak terjadi,” ucapnya.

“Itu sebabnya kenapa saya akan terus-menerus mengingatkan bahwa protokol kesehatan itu harus kita dijalankan semua, di manapun kita berada,” pungkas Budi.(ar)


Editor :
Publisher :
Sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM