Nasional

Milad ke-109 Muhammadiyah, Presiden Jokowi Apresiasi Kerja Kemanusiaan selama Pandemi

AMEG – Peringatan Milad ke-109 Persyarikatan Muhammadiyah digelar secara virtual hari ini, Kamis (18/11/2021). Resepsi milad tetap dilangsungkan di hall Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Resepsi 109 Milad Muhammadiyah ini juga dihadiri secara virtual Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Presiden Jokowi mengikuti resepsi dan menyampaikan pidatonya dari Istana Kepresidenan.

Dalam pengantar pidatonya, Presiden Joko Widodo menegaskan, bahwa nilai utama Islam berkemajuan dan Islam washatiyah yang dipraktikkan Muhammadiyah menjadi pondasi penting moderasi beragama di Indonesia.

Presiden Jokowi juga menegaskan, Pemerintah mengapresiasi kontribusi dan konsistensi Muhammadiyah dalam andil menangani krisis pandemi.

“Sejak awal pandemi, Muhammadiyah bergerak cepat. Mengerahkan seluruh potensi amal usahanya. Melakukan kerja-kerja kemanusiaan, sebagai wujud kesalehan sosial, ” kata Presiden Joko Widodo, dalam sambutannya, Kamis (18/11/2021) siang.

Menurut Presiden Jokowi, hal ini dilakukan Muhammadiyah dengan mengoptimalkan lebih dari 117 rumah sakit dan 63 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisiyah (PTMA) yang dimiliki.

“(Relawan Muhammadiyah) Mendampingi, menguatkan masyarakat, mencerdaskan ummat, melakukan ikhtiar medis, dan mendisiplinkan protokol kesehatan (menangani pandemi Covid-19),” jelasnya.

Selain Presiden Jokowi, sejumlah pejabat penting juga menyampaikan atensi khususnya secara virtual dengan memberi ucapan selamat milad Muhammadiyah. Seperti, Ketua MPR RI, Bambang Susetyo, dan Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Peringatan 109 Tahun Milad Muhammadiyah ini digelar dengan tema, ‘Optimis Hadapi COVID-19: Menebar Nilai Utara’.

Dalam acara ini, juga dilangsungkan penandatanganan prasasti oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Dr KH Haedar Nashir.

Di antaranya, peresmian Universitas Muhammadiyah Malaysia dan Universitas Siber Muhammadiyah. (*)


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM