Lifestyle

Perawatan Rambut Sehat

Pakai Hair Spray Biar Lembab

Untuk bisa mendapatkan rambut yang sehat dan indah secara maksimal, dibutuhkan perawatan tepat yang sesuai jenis atau masalah rambut. Berikut dr Marni Tjokrosuryaningsih, konsultan estetika medis Esther House of Beauty Surabaya membagi caranya.

***

AMEG– Terdapat beberapa jenis masalah rambut yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perawatan. Pertama tentang rambut rontok. Biasanya disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari genetik, hormon, atau tidak cocok dengan produk rambut yang digunakan.

Baca Juga

Rambut rontok merupakan hal yang normal, namun jika kondisi parah dan tidak diatasi dapat menyebabkan kebotakan. ”Pada kulit kepala berminyak, malah justru ada hal positifnya, dapat mencegah kerontokan dan mencegah masalah rambut bercabang dan kusam. Namun, di sisi lain, kondisi ini dapat menyebabkan rambut lepek dan menimbulkan ketombe,” terang dr Marni.

Problem yang membuat masalah adalah ketombe. Penyebab utama masalah ini adalah karena produksi sebum yang berlebihan. Pun rambut kering dan kusam yang disebabkan karena kurangnya kelembaban pada rambut dan nutrisi yang minim.

Rambut bercabang akan dialami bagi yang suka melakukan proses penataan rambut seperti catok, pengeringan rambut, dan lain lain, pasti familiar dengan masalah rambut ini. Terlalu sering melakukan hal tersebut dapat menyebabkan rambut bercabang, dan kering. ”Bila sudah paham rambut Anda termasuk jenis yang mana maka jenis memerlukan perawatan yang tepat,” katanya.

Agar rambut lebih terasa lembut, indah dan sehat. Salah satu langkah awal yang paling mudah untuk merawat rambut adalah dengan menggunakan sampo sesuai jenis atau tipe rambut. Jika memiliki tipe kulit kepala berminyak, sebaiknya tidak menggunakan sampo yang semakin membuat kulit kepala berminyak.

Sampo dengan kandungan aloevera cocok untuk yang memiliki kulit kepala berminyak, karena aloevera dapat memberi kelembaban pada kulit kepala, sehingga mencegah keluarnya minyak berlebih pada kulit kepala, Seperti Normalizing Shampoo untuk problem rambut lepek.

”Jika memiliki rambut yang cenderung kering, rontok, susah diatur dan bercabang, pakai Esther Avocado Shampoo yang bervitamin B dan E dari alpukat. Dapat melembutkan rambut, melindungi dari kerusakan, dan memperkuat helaian rambut. Esther Scrub Shampoo dapat membersihkan kotoran, dan mengangkat sel kulit mati, serta mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala,” terangnya. (*)

Rahasia Merawat Rambut

Mengikat Rambut

Maksud Anda mungkin agar rambut lebih terlihat rapi dan tidak berantakan serta terlihat praktis. Nyatanya, mengikat rambut selalu di tempat yang sama malahan akan membuat rambut jadi rapuh dan patah. Gunakan pengikat rambut yang elastis dan lembut, serta ganti daerah rambut yang diikat.

Memilih Sisir

Bukan hanya sampo yang harus cocok. Sisir juga. Semakin panjang rambut, makin lebar diameter sikat sisirnya. Untuk pemilik rambut tipis, gunakan sikat bundar.

Blow-Dry

Jangan pernah terpikir dalam keadaan basah kuyup untuk mem-blow-dry rambut. Ini akan merusak rambut. Blow-dry rambut dapat dilakukan dalam keadaan rambut lembab bukan basah, lepek, dan kuyup. Batasi pemakaian paling lama 20 menit. Gunakan suhu yang tidak terlalu panas.

Hair Spray

Bila yang ada dalam pikiran Anda adalah hair spray adalah perusak rambut, nanti dulu. Bila memakainya setiap hari dalam jumlah dan frekuensi berlebihan memang betul. Tapi kalau sesekali tidak masalah. Hair spray mengandung polymer yang mampu menjaga kelembaban rambut. Kandungan alkohol yang dipercaya merusak justru akan menguap sebelum mendarat di rambut.

Mencuci Rambut

Iklim tropis Indonesia memang kadang membuat Anda merasa tidak betah karena selalu berkeringat dan rambut cepat bau. Tapi justru rambut akan lebih prima ketika minyak alami kulit kepala menyentuh ujung rambut. Mencuci rambut terbaik adalah dua hari sekali. (*)

Editor:Sugeng Irawan
Publisher:Rizal Prayoga
Sumber:Di's Way

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM