Nasional

PasPro Hanya 30 Menit, Leces-Jember Bisa 4 Jam

Catatan Ringan Mudik dan Balik Lebaran 2022 (2-Habis)

TOL Trans Jawa sangat membantu mobilitas warga. Dari Pasuruan ke Leces Probolinggo yang berjarak 51,7 KM bisa ditempuh 30-45 menit melalui Tol PasPro. Sayangnya, ujung Tol Trans Jawa masih sampai Leces KM 849, padahal kota tujuan mudik adalah Jember yang jaraknya 86,5 KM dari Leces:

Salah satu kendala perjalanan mudik adalah saat melintas di jalur arteri. Tol Trans Jawa di arah Timur masih berhenti di Leces, sekitar 1 KM sebelum pabrik kertas legendaris PT Kertas Leces yang legendaris. Entah, BUMN ini masih beroperasi atau sudah dilikuidasi. Yang pasti, beberap bangunan pabrik di sisi kiri jalan ke arah Jember tampak sudah rata dengan tanah.

Baca Juga

Lebih seperempat abad lalu, jalur ini adalah jalur rutin yang saya lintasi. Dari Pasuruan ke Jember, kota tempat menimba ilmu di perguruan tinggi. Sayangnya, hingga 25-30 tahun kemudian, kondisi jalan tak banyak berubah. Lebar jalan masih sama, aspalnya pun tidak terlalu sempurna. Sementara, jumlah kendaraan yang melintas mungkin bisa bertambah berlipat-lipat. Akibatnya, macet parah.

Titik kemacetan pertama, persis di pintu keluar tol. Jika lagi tidak beruntung, macetnya bisa sangat panjang hingga Pasar Ranuyoso Lumajang. Apalagi di pagi hari, Subuh sampai sekitar jam 9-10 pagi. Kemacetan di Pasar Ranuyoso akan sangat luar biasa karena kegiatan perdagangan buah dan sayuran di pasar. Pemandangan yang akan kita temui adalah banyak warga yang membawa tandan pisang untuk dijual kepada tengkulak yang menunggu dengan puluhan truk yang berjajar. Menembus kemacetan di Pasar Ranuyoso ini perlu kesabaran tersendiri.

Foto: Tofan Mahdi for ameg.id

Titik kemacetan kedua adalah menjelang Pasar Klakah. Namun tidak separah di Ranuyoso tadi. Dari Klakah perjalanan relatif lancar hingga Randuagung atau Wonorejo.
Kami memilih jalur alternatif Randuagung hingga Tanggul. Meskipun panjang dan berliku-liku, akses alternatif ini lebih nyaman. Setidaknya tidak bertemu kendaraan besar seperti truk. Jika kondisi jalur utama macet, melintas di jalur alternatif ini bisa hemat 15 menit.

Dari Tanggul, perjalanan ke Jember relatif lancar meskipun tidak bisa melaju kencang. Kemacetan berikutnya adalah menjelang Passr Rambipuji. Tapi kemacetan biasa saja, perlu santai dan sabar saat melintas. Lepas Rambipuji, melewati Terminal Tawangalun, kita pun masuk ke Kota Jember. Total waktu
perjalanan dari Leces, bisa mencapai 3-4 jam.

“Itu wajar Mas segitu, kalau lagi macet parah bisa lebih,” kata pegiat UMKM, Aska Mukminin, sahabat saya di Jember.

Sebetulnya ada alternatif jalur lain ke Jember, yaitu lewat Paiton, Arak-Arak, dan belok ke Jember sebelum Situbondo. Tetapi tidak banyak yang memilih jalur ini, karena berputar terlalu jauh dan tidak ada yang menjamin bebas dari kemacetan. (tofan.mahdi@gmail.com)


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button