Kota MalangLifestyleMalang Raya

Putra Putri Vokasi UB Menatap Kompetisi Level Nasional

AMEG — Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya (UB) mengadakan pemilihan Putra Putri Vokasi Universitas Brawijaya.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai 15 September sampai 28 Oktober 2021. Total jumlah peserta sebanyak 55 mahasiswa, perwakilan dari 5 program studi yang ada di Pendidikan Vokasi UB.

Lolos ke semifinalis berjumlah 20 mahasiswa terdiri 10 laki-laki dan 10 perempuan. Sedangjan final berlangsung secara zoom, Kamis (28/10/2021).

Baca Juga

Juara untuk kategori Putra Vokasi UB 2021: Farid Aji Nugraha (Prodi DIII Teknologi Informasi) . Putri Vokasi UB 2021: Jessica Hesti Mulyaningtyas (Prodi DIII Administrasi Bisnis).

Runner up 1 Putra Vokasi UB 2021 : Alverian Devara Karhatt (DIII Administrasi Bisnis) . Putri Vokasi UB 2021: Hayva Akbaria binti Rohana (D4 Manajemen perhotelan).

Runner up: 2. Putra Vokasi UB 2021: Hikam Fajar Ramadhan (DIII Administrasi Bisnis) . Putri Vokasi UB 2021: Claudya Cantika Indira Putri (DIII Administrasi Bisnis) .

Ketua Pelaksana Susilowati S.Sos, M.AB mengatakan, ajang pemilihan Putra Putri Vokasi Universitas Brawijaya tahun 2021 mengangkat tema Excellent Generation for Vocational Brawijaya.

Event ini terdiri dari lima rangkaian acara. Diawali dengan Pembekalan pada 25 Oktober 2021. Deep interview pada 26 Oktober 2021. Pelatihan Q n A pada 27 Oktober 2021. Beauty class dan hand some class support by Emina kosmetik pada 27 Oktober 2021. Puncak acara pada Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021.

Ketua Pelaksana Susilowati S.Sos, M.AB. menyerahkan hadiah kepada pada pemenang putra dan putri Vokasi Universitas Brawijaya 2021.

Latar belakang kegiatan ini, dikatakan, karena Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) Negeri sedang dalam tahap membangun ulang branding vokasi.

Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan melalui Direktorat Pendidikan Vokasi (Diksi) mengambil langkah masif untuk mem-branding ulang pendidikan vokasi.

“Langkah rebranding ini bertujuan untuk merombak mindset atau anggapan yang ada selama ini. Yaitu pendidikan vokasi merupakan pilihan terakhir dan pencetak tukang saja,” jelas Susilowati.

Melalui event ini diharapkan para calon pemenang Putra Putri Vokasi Universitas Brawijaya 2021 dapat menjadi representasi kampus untuk bisa memberikan yang terbaik. Bukan hanya untuk kampus, namun juga untuk diri sendiri sebagai pemuda yang memiliki peran penting untuk memberikan gebrakan baru dalam berbagai macam inovasi.

Adanya kegiatan pemilihan Putra Putri Vokasi Universitas Brawijaya ini mendukung IKU (Indikator Kinerja Utama) 2, yaitu mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus. Sebagai peserta kegiatan akan mendapatkan pelatihan berupa pendalaman materi seputar personal branding, bahasa Inggris, etika dan etiket, pengembangan diri, public speaking dan pengetahuan seputar Pendidikan Vokasi UB.

Acara pemilihan putra putri Vokasi Universitas Brawijaya 2021 dilakukan secara daring

“Nantinya Duta Vokasi UB dapat menjelaskan dan mempromosikan Vokasi Universitas Brawijaya juga dapat bersaing di kompetisi dijenjang berikutnya dan akan menjadi representasi kampus,” tegasnya.

Susi mengatakan jika kegiatan ini juga mendukung IKU 7 terkait dengan kelas yang kolaboratif dan sehingga pelaksanaan kegiatan ini menerapkan metode kelas kolaboratif dan partisipatif dengan pemateri yang berasal dari dosen dan ahli serta asosiasi profesi.

Harapannya dengan kegiatan ini Pendidikan Vokasi dapat memperkuat brandingnya dengan cara menggali potensi mahasiswa berlandaskan 3B (brain, beauty, behaviour)

Sementara itu, Agoeng Soedir Poetra, salah satu juri dari keempat juri yang bertugas menuturkan, sebagai koreografer sekaligus pengajar materi personality development dan public speaking, ia senang sekali bisa bertemu dengan para peserta yang sangat potensial.

“Ke depan, harapan saya di samping menjadi duta promosi pendidikan Vokasi UB, wakil pemenang ini bisa mengharumkan nama Pendidikan Vokasi dan Universitas Brawijaya. Seperti halnya tahun kemarin, Putri Vokasi UB yang memenangkan Putri Pariwisata Nusantara Indonesia,” kata Agoeng. (*)


Editor : Yanuar
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button