Moto GP

Quartararo Luar Biasa, Rossi Tumbang, Motornya Hancur

AMEG – Monster Energy Yamaha menempatkan dua pembalapnya finish satu dan dua, pada MotoGP Belanda di Assen, Minggu (27/6/2021) malam WIB. Fabio Quartararo pertama; Maverick Vinales kedua.

Quartararo start mulus saat rekan satu timnya, Vinales tampak kesulitan memulai balapan dari pole position. Selepas start, Quartararo bersaing dengan Francesco ‘Pecco’ Bagnaia dan Takaaki Nakagami.

Sementara Marc Marquez yang start dari posisi ke-20, mendadak sudah di posisi ke-11. Persaingan antara Pecco, Quartararo, Nakagami, Vinales, Johann Zarco, Jack Miller, Joan Mir, Miguel Oliveira, Aleix Espargaro dan Marquez mewarnai balapan di Katedral Assen ini.

Quartararo sudah menunjukkan tanda-tanda tak sabaran memimpin balapan. Pada lap ke-6, ia akhirnya memimpin. Sebelumnya sempat disalip dan bersaing ketat dengan Pecco.

Quartararo akhirnya kabur sendirian meninggalkan lawan-lawannya. Lap ke-8 Quartararo memimpin. Jauh di belakang, posisi ke-17, Valentino Rossi tumbang dan tampak terengah-engah. Motornya hancur. Quartararo makin menjauh di lap ke-10, sekitar 2,1 detik dari Pecco.

Podium pertama sepertinya sudah dipastikan untuk Quartararo. Tinggal perebutan podium kedua yang sengit. Nakagami akhinya menyalip Pecco. Ia makin menderita setelah dijatuhi hukuman long lap penalty. Itu bersamaan dengan Vinales menyalip Nakagami.

Lap ke-15 dari 26: Quartararo, Vinales, Zarco, Mir, Oliveira, Nakagami, Aleix Espargaro, Pecco dan Marquez. Sepuluh lap lagi Quartararo berjarak 4,2 detik dari Vinales. Empat lap lagi, Quartararo dan Vinales tampak aman untuk podium pertama dan kedua.

Di posisi ketiga, Mir meninggalkan Zarco. Quartararo akhirnya menjadi juara MotoGP Belanda, balapan penutup setengah musim. Vinales yang sempurna di tiga latihan plus saat kualifikasi harus puas di posisi kedua. Si juara bertahan MotoGP Joan Mir finis di posisi ketiga.

“Tentu saja saya sangat senang, apalagi melihat Maverick yang begitu cepat kemarin,” kata Quartararo dalam wawancara di parc ferme dengan awak MotoGP. Sebelumnya, Vinales tampak irit bicara. Dia seperti penasaran dengan masalah motornya saat start. “Saya tidak tahu, itu terlambat,” katanya. (*)


Editor : Yanuar Triwahyudi
Publisher : Rizal Prayoga
Sumber : jpnn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM