Kabupaten MalangMalang Raya

Realisasi Target Vaksinasi di Kabupaten Malang Terus Dikejar

AMEG – Memasuki pekan kedua Oktober 2021, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah melebihi separo sasaran warga yang harus divaksin. Realisasi ini menyusul terus digencarkannya upaya percepatan vaksinasi berbagai pihak.

Di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang misalnya, rerata target vaksinasi Covid-19 sudah mencapai 82 persen lebih untuk dosis vaksin 1.

Berdasarkan rekapitulasi Satgas desa/kelurahan per 9/10/2021, tercatat dari jumlah total sasaran 78,294 jiwa, sejumlah 64,5 ribu lebih jiwa sudah divaksin Sinovac dosis 1. Sisanya, sekitar 17,6 persen penduduk di Kepanjen belum mendapatkan vaksin.

Bahkan, sejumlah desa sudah bisa melaporkan pelaksanaan target vaksin dosis 1 lebih dari 90 persen. Seperti, Kelurahan Ardirejo, Desa Mojosari, Jatirejoyoso, Sengguruh dan Kedungpedaringan.

Camat Kepanjen, Eko Margianto mengungkapkan, pihaknya tengah bekerja keras mencapai ketuntasan vaksinasi dosis 1 hingga sepekan ke depan.

“Dilakukan penguatan satgas untuk percepatan capaian target vaksinasi tuntas satu minggu ke depan tuntas. Pelaksanaan vaksin door to door bagi yang sakit di rumah, ” kata Eko Margianto kepada ameg.id, Sabtu (9/10/2021) sore.

Sebelumnya, lanjutan vaksinasi dosis 1 seperti dilaksanakan di Desa Jatirejoyoso, dan Kedungpedaringan, Jumat (8/10/2021). Hari sebelumnya, juga dilakukan di sejumlah tempat, seperti di desa Mangunrejo dan di Kelurahan Cepokomulyo.

Kepala Desa Jatirejoyoso, Didit Mulyo, menyatakan bahwa vaksinasi sudah dilakukan ke-6 kali, sudah diikuti hampir 100 persen warga dari total sasaran 3.450 orang.

Dikatakan, pihaknya memaksimalkan mencapai target sasaran yang belum bisa datang mengikuti vaksin dengan melakukan penyisiran ke rumah-rumah warga yang bersangkutan.

Upaya menuntaskan realisasi vaksinasi COVID-19 tersebut cukup beralasan. Ini karena, per Jumat (8/10/2021) kemarin, masih belum bisa memenuhi syarat untuk bisa turun level PPKM dari 2.

Kadinkes Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo merilis data cakupan vaksinasi di Kabupaten Malang masih tercapai 52,77 persen atau terlaksana untuk 1,096 juta sasaran. Sementara, sasaran vaksinasi sesuai data pemerintah sejumlah 2 juta lebih.

Sebelumnya, ditegaskan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dalam penurunan level PPKM dari level 3 ke level 2, dan level 2 ke level 1 di Jawa dan Bali dibutuhkan syarat.

Yakni, cakupan dosis 1 harus mencapai 50%, dan cakupan vaksinasi lansia harus 40%, sebagai syarat tambahan untuk turun level 3 ke 2.

Sedangkan, cakupan dosis 1 harus mencapai 70%, dan cakupan lansia 60% untuk syarat turun level PPKM 2 ke 1. (*)


Editor : Sugeng Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM