Regional

Ruang ICU RSU Abdoer Rahem Overload Pasien Covid-19

AMEG – Merebaknya penyebaran Corona Virus Deseases 2019 (Covid-19) di Kabupaten Situbondo, menyebabkan  ruangan ICU dan non ICU  RSU dr Abdoer Rahem overload. Pihak rumah sakit rujukan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo ini, menambah ruangan lagi.

“Namun kami tetap maksimal, untuk melayani dan menangani kasus yang sedang terjadi saat ini. Dengan fasilitas sumberdaya yang ada termasuk tenaga medis dan dokter spesialisnya,” kata Direktur RSU Abdoer Rahem Situbondo, dr Rukmi.

Ketersediaan 35 ruangan penanganan Covid-19, terdiri dari 16 ruang ICU dan 19 non ICU sudah terisi penuh. Sehingga pihak Rumah Sakit menambah 16 ruangan lagi di Ruang Rawat Inap Nusa Indah sebanyak 16 bet. Setelah adanya antrian 7 pasien Covid-19 yang dirujuk ke rumah sakit ini.

“Untuk mengantisipasi antrian pasien, kita sudah melakukan langkah dengan menambah ruangan lagi, yaitu ruang nusa indah yang kapasitasnya sebanyak 16 bet. Sejak siang sudah mulai terisi dan kami sendiri juga sempat kewalahan,” ungkap Rukmi.

“Kalau masing-masing kamar terisi 2 orang, berarti di  kamar Nusa Indah ini jika terisi semua, bisa ditempati sebanyak 32 orang,” imbuhnya.

Dijelaskan, pihaknya fokus melayani dan menangani pasien Covid-19 yang kondisinya berat. Karenanya pihaknya lebih menyiapkan ruangan dan fasilitas rawat inap. ”Jadi yang kita kondisikan, di ruang rawat inap,” tegasnya.

Selanjutnya, pihaknya akan melengkapi peralatan secara bertahap, agar bisa mengatasi kondisi darurat Covid-19 yang saat ini melanda Kota Santri Pancasila Situbondo. Namun selain itu, pihaknya tetap memaksimalkan layanan untuk pasien non Covid-19. (*)


Editor : Zainulah
Publisher : Rizal Prayoga
Sumber : -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM