Pendidikan

Sandiaga Uno Kuliah Umum di UB: Kampus Merdeka Bagi Pariwisata

AMEG — Fisip Universitas Brawijaya bersama Radio PRFM 107,5 News Channel menyelenggarakan kuliah umum daring, Sabtu 30 Oktober 2021. Topik yang dibahas adalah Kuliah Tamu Sinergi Kampus Merdeka Bagi Pengembangan Pariwisata.

Narasumber utamanya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fisip UB, Dr Ahmad Imron Rozuli SE M.Si dan dihadiri beberapa mahasiswa baru Fisip.

Dalam pemaparannya, Menparekraf Sandi Uno menuturkan. Para mahasiswa harus bisa mengambil peran bersama berupaya bangkit dan kembali memulihkan sektor ekonomi, khususnya ekonomi kreatif, semisal melalui platform media sosial.

Menurutnya, ada lima strategi untuk memulihkan ekonomi kreatif. Pertama adalah peningkatan SDM yang dilakukan lewat upskilling dan reskilling, bekerjasama dengan institusi pendidikan. Kedua, revitalisasi destinasi. Ketiga, peningkatan resiliensi atau daya tahan dan daya saing usaha. Keempat, melakukan inovasi produk dan jasa kreatif, serta terakhir adalah pemulihan dan perluasan pasar.

Kepada mahasiswa UB, Sandiaga berpesan untuk menjadikan dunia pariwisata sebagai bagian dari keseharian. Ketahui potensi pariwisata dan ekonomi kreatifnya lalu kenalkan dan promosikan kepada dunia.

“Gimana caranya, bisa lewat sosmed, kalian bagian dari digital native, bantu atasi pandemi dengan memasarkan pariwisata Indonesia,” ungkapnya.

Terakhir, Sandi Uno meminta para mahasiswa sebagai agen perubahan untuk meningkatkan keterampilan, menguasai teknologi, dan dikolaborasikan dengan ide-ide kreatifnya.

“Jadilah agen perubahan, jangan jadi kaum rebahan, ayo kita turun tangan, jangan pernah lepas tangan,” ucapnya.

Sementara, Wakil Dekan Ahmad Imron berpesan bahwa guna meningkatkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif harus benar-benar didukung oleh seluruh stakeholder, termasuk dunia usaha, pemerintah, dan akademisi.

“Jadi bagaimana menyelematkan kebijakan dan implementasi serta memperkuat peran masyarakat,” katanya.

Kampus Merdeka menjadi salah satu program pemerintah yang memberikan kesempatan proses pembelajaran lebih luas bagi civitas akademika serta kemitraan, tak terkecuali pengembangan dunia wisata.

Sinergi dan kolaborasi menjadi kata kunci demi kesuksesan pengembangan pariwisata.

Kampus pun harus menjadi arena bersama antara pemerintah, dunia usaha, dan civitas lainnya untuk mendorong sesuatu yang lebih baik ke depannya.

“Kampus menjadi salah satu garda terdepan dalam turut serta pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif melalui kemitraan,” tutupnya. (*)


Editor : YanuarTriwahyudi
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

City Guide 911 FM