Sepakbola

Sang Naga Ditunggu Ledakan Dinamit

AMEG – Laga perdana babak 16 besar Piala Eropa 2020, akan dimulai dengan pertandingan runner-up Grup A, Wales melawan runner-up Grup B Denmark. Pertandingan ini adalah kesempatan Denmark, untuk membuktikan status sebagai tim kuda hitam layak. Simon Kjaer dan kawan-kawan, berhasil mencetak empat gol pada laga terakhir Grup B melawan Rusia.

Hal itu menunjukkan semangat Denmark kembali naik, setelah dilanda insiden Christian Eriksen, yang mengalami henti jantung saat berlaga melawan Finlandia. Dalam sepak bola, terkadang motivasi bisa mengalahkan kualitas. Motivasi tinggi saat ini sedang dimiliki skuad Denmark, yang sejak insiden henti jantung Christian Eriksen, menunjukkan permainan luar biasa.

Kelolosan Denmark sebagai runner-up Grup B tergolong menakjubkan. Denmark sempat kalah 0-1 dari tim debutan Finlandia, yang diwarnai insiden kolapsnya Christian Eriksen. Lalu takluk 1-2 dari Belgia.

Baca Juga

Namun, Simon Kjaer dan kawan-kawan ‘meledak’ di laga terakhir dan menghancurkan Rusia 4-1 untuk mengukir sebuah sejarah. Juara Euro 1992 itu pun menjadi tim pertama sepanjang sejarah Piala Eropa, yang lolos ke fase knockout meski kalah dalam dua laga pertamanya di fase grup.

Sementara bagi Wales, lima tahun setelah prestasi membanggakan di Euro 2016, dengan lolos ke semifinal, Sang Naga -julukan timnas Wales- kembali mempunyai kesempatan untuk mengulang hal tersebut di Euro 2020 tahun ini.

Akan tetapi, para pendukung dari Wales tak akan bisa hadir ke stadion, karena ada larangan perjalanan dari negara mereka. Hal ini menjadi sedikit keuntungan bagi Denmark, yang pendukungnya bisa langsung mendukung dari tribun stadion.

Apalagi Denmark sedang dalam kepercayaan diri tinggi, setelah menjadi tim pertama yang mampu lolos ke fase gugur, setelah menelan kekalahan di dua laga awal penyisihan grup.

Martin Braithwaite dan Yussuf Poulsen, akan menjadi andalan di lini depan, yang akan ditopang Pierre-Emile Hojbjerg yang memberi dua assist di pertandingan terakhir.

Sementara itu Wales lolos tanpa rasa khawatir, usai mengantongi nilai empat dari sekali seri dan satu kali menang. Denmark harus mewaspadai duet Gareth Bale-Aaron Ramsey yang mulai nyetel di dua laga awal grup A.

Bale dan Ramsey sepertinya punya semangat berlebih jika membela Timnas Wales. Padahal di level klub keduanya lebih banyak berkutat dengan cedera. Bisa dipastikan, pertandingan malam nanti, akan berjalan sengit dan ketat bagi kedua tim.

Denmark yang tampil dengan kekuatan penuh bisa menjadi ancaman bagi Wales.

Diprediksi, laga Wales vs Denmark akan berjalan dengan tempo sedang dan penuh hati-hati dari kedua tim yang tidak ingin kecolongan gol terlebih dahulu.

Namun, jika Wales bisa meredam ledakan Tim Dinamit dengan pengalaman mereka di babak knock-out turnamen besar, bukan tidak mungkin pertandingan harus diselesaikan hingga babak tambahan atau bahkan adu penalti.

Dua pertemuan terakhir Wales dan Denmark, tersaji di ajang UEFA Nations League pada tahun 2018. Denmark memenangi dua pertemuan itu, yakni 2-0 di Aarhus dan 2-1 di Cardiff. Christian Eriksen memborong dua gol di Aarhus, sedangkan Nicolai Jorgensen dan Martin Braithwaite mencetak masing-masing satu gol di Cardiff. Satu-satunya gol Wales diciptakan oleh Gareth Bale. (*)

Prediksi Susunan Pemain

Wales: Ward; Roberts, Mepham, Rodon, Davies; James, Ramsey, Allen, Morrell, Bale; Moore

Pelatih: Robert Page

Denmark: Schmeichel; Christensen, Kjaer, Vestergaard; Wass, Hojbjerg, Delaney, Maehle; Braithwaite, Damsgaard; Poulsen

Pelatih: Kasper Hjulmand

Jadwal 16 Besar Euro 2020

Sabtu, 26 Juni 2021

23.00 WIB: Wales vs Denmark

Minggu, 27 Juni 2021

02.00 WIB: Italia vs Austria

23.00 WIB: Belanda vs Peringkat tiga terbaik


Editor : Yanuar Triwahyudi
Publisher : Rizal Prayoga
Sumber : -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button