Wisata

Siapkan Desa Wisata Berkelas, Gelar Lomba Tari Selamat Datang

AMEG – Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu menggelar lomba tari selamat datang di Sendra Tari Arjuna Wiwaha, Kelurahan Sisir, Kota Batu, Rabu (2/6/21).

Kepala Dinas Pariwisata, Arif As Siddiq, mengatakan, lomba bersifat kompetitif, apresiatif, edukatif serta rekreatif, mulai pekan depan, untuk memberikan waktu kepada desa/kelurahan wisata untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba itu.

Lomba digelar tiap akhir pekan, Sabtu Minggu. Setiap hari menampilkan perwakilan tiga desa/kelurahan.

Baca Juga

“Peserta lomba minimal 15 orang, dengan durasi 30 menit. Peserta harus warga desa/kelurahan setempat, dibuktikan foto kopi identitas dan surat pengantar dari pemdes/kelurahan wisata setempat,” tutur Arif kepada ameg.id Rabu (2/6/2021) sore.

“Yang ditampilkan harus mengandung unsur seni tari, drama, musik hingga visual yang dikemas secara integral. Setiap penggarapan karya ditentukan porsinya, yakni, bagian pembuka 15 persen, bagian inti 65 persen dan penutup 20 persen,” bebernya.

Sementara itu, untuk kriteria penjurian meliputi penataan seni 30 persen, tata rias busana 20 persen dan penyajian secara keseluruhan 50 persen. Penjurian akan melibatkan dari unsur Dinas Pariwisata, seniman dan pelaku jasa wisata.

“Tari penyambutan selamat datang desa/kelurahan yang dirasa sangat penting. Karena target kami, tahun 2021 harus bisa mewujudkan desa wisata yang sukses dan mandiri. Sehingga harus didukung pula kelembagaan serta sajian atraksi yang bagus. Nanti tarian-tarian ini juga bisa ditampilkan ketika ada kunjungan ke desa/wisata,” tutupnya. (*)

Editor:Achmad Rizal
Publisher:Rizal Prayoga
Sumber:-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM