Regional

Tahun Baru, 17 Bus Listrik Beroperasi di Surabaya

AMEG– Empat puluh unit bus listrik bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam waktu dekat akan beroperasi di Kota Surabaya. Total bus bantuan sebanyak 104 unit, sisanya bus bermesin diesel.

Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub), Suharto mengatakan, tahap awal bus yang datang sebanyak 17 unit. Bus tersebut akan beroperasi di rute baru yakni Lidah Wetan – Karang Menjangan – ITS.

Armada bus baru ini diberi nama Teman Bus kependekan dari Transportasi Ekonomis, Mudah, Aman, dan Nyaman.

Baca Juga
Walikota Eri Cahyadi saat meluncurkan bus listrik.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, Teman Bus Trans Semanggi Suroboyo itu merupakan suatu kebanggaan bagi Kota Surabaya karena dipercaya oleh Kemenhub RI untuk menjalankan BTS ini.

104 unit armada itu akan melayani enam koridor, yaitu koridor 1 (Terminal Purabaya ke Tanjung Perak via Jalan Raya Darmo), koridor 2 (Jalan Raya Lidah Wetan-Karang Menjangan-ITS), koridor 3 (Terminal Purabaya-Kenjeran via Merr), koridor 4 (GBT-UNESA-Mastrip), koridor 5 (Terminal Benowo-Tunjungan), koridor 6 (Terminal Purabaya-UNAIR Kampus C).

“Mulai 1 Januari 2022, kita akan mulai satu koridor dulu, yaitu Jalan Raya Lidah Wetan-Karang Menjangan-ITS. Yang lain akan menyusul, dan bahkan nanti akan ada bus listrik juga,” tegas Eri.

Eri mengajak warga Kota Surabaya untuk bersama-sama menggunakan transportasi massal ini. Tujuannya untuk mengurangi kemacetan dan mengurangi polusi.

“Saya terimakasih banyak kepada Kemenhub dan Pemprov Jatim yang telah mensupport program ini. Semoga ini bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi umat Kota Surabaya,” pungkas Eri Cahyadi. (*)


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button