Sepakbola

Tingkatkan Teknik, Pelatih SSB Ikuti Diklat Kepelatihan Lisensi D Nasional

AMEG – Tiga puluh pelatih sepak bola mengikuti diklat kepelatihan lisensi D nasional yang digelar Dispora Kabupaten Malang, Selasa (14/12/2021).

Diklat dipusatkan di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang. Simulasi kepelatihan melibatkan sejumlah pesepak bola peraga.

“Kepelatihan lisensi D lebih holistik. Semua diberikan, mulai teknik, taktik, juga fisik dan mental. Selain teori permainan sepak bola, juga dilatih bagaimana melatih yang baik,” kata instruktur PSSI, Lucas Tumbuan, di sela mendampingi peserta, Selasa (14/12/2021) petang.

Diklat kepelatihan lisensi D ini mendasar dan diperuntukan melatih pemain kelompok usia 10-13 tahun, yang bermain hanya 7 pemain dalam satu tim.

Dengan kepelatihan holistik, maka pelatihan seorang pelatih tidak terlalu parsial khusus pada teknik tertentu saja.

“Peserta kebanyakan masih terkaget-kaget dengan ilmu baru kepelatihan ini,” kata coach yang menukangi tim Bandung United ini.

Salah seorang peserta kepelatihan, Anditya Ananda mengungkapkan, banyak ilmu baru yang didapat dari kepelatihan lisensi D ini.

“Banyak variasi teknik baru yang bisa diinstruksikan kepada pemain. Bagaimana membangun permainan tim, namun dengan bahasa instruksi pelatih yang lebih dipahami,” kata pelatih SSB Sumberdem FC ini.

Kabid Olahraga Prestasi Dispora Kabupaten Malang, Sigit mengungkapkan, kepelatihan ini setelah empat tahun sebelumnya tidak terprogramkan. Apalagi, sudah banyak bermunculan klub-klub SSB yang memang butuh kepelatihan yang lebih update.

“Ini pesertanya masih terbatas, tidak bisa diikuti semua pelatih SSB. Ke depan, bisa diprogramkan kepelatihan serupa untuk mendongkrak prestasi lebih bagus lagi,” demikian Sigit. (*)


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

City Guide 911 FM