Pendidikan

Vokasi UB Gelar Webinar Bravo International

Peran Inovasi, Kreativitas dan Kewirausahaan Era Digital

AMEG – Vokasi Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan webinar Bravo – International Conference on Entrepreneurship, Innovation and Creativity 2021 secara daring. Diikuti 110 peserta dari dalam dan luar negeri.

Bertajuk: The Role of Innovation, Creativity and Entrepreneurship in Digital Lifestyle Toward Society 5.0 (Peran Inovasi, Kreativitas dan Kewirausahaan Dalam Gaya Hidup Digital Menuju Masyarakat 5.0). 

Turut hadir Rektor UB, Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS dan Dekan Vokasi UB, Prof Dr Unti Ludigdo SE M.Si Ak.

Baca Juga

Pada kesempatan ini, Prof Unti Ludigdo menyampaikan, “Melalui kegiatan konferensi internasional ini, diharapkan mampu membangun kerjasama yang baik. Secara nasional maupun internasional. Agar membawa manfaat bagi kedua belah pihak.”

“Saling bertukar informasi serta dapat membangun hubungan dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi. Tentunya hal ini mampu mengembangkan pendidikan vokasi agar dikenal oleh berbagai pihak,” ujar Prof Unti.

Pendidikan vokasi bertujuan, menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi kerja tingkat menengah. Sebagai juru/teknisi sesuai dengan jenis kejuruan tertentu. Fokus pada peningkatan dan penguatan life skill mahasiswa. 

Oleh karena itu, pengelolaan proses pembelajaran lebih diarahkan pada keselarasan teori dan praktik keterampilan kejuruan. Mengacu pada persyaratan dunia kerja yang dibutuhkan oleh dunia industri.

Salah satu pemateri, Dr.rer.nat Ahmad Saufi menuturkan. “Mengembangkan kompetensi kewirausahaan mahasiswa bisa kita lihat melalui kemampuan soft skill yang mencakup sikap, motivasi dan peluang. Kemampuan soft skill ini, sebenarnya merupakan landasan yang dibutuhkan dalam kompetensi sebagai seorang wirausaha,” paparnya.

Narasumber yang dihadirkan juga berasal dari dalam maupun luar negeri. Memilik kompetensi masing-masing. Antara lain: 

Dr.rer.nat Ahmad Saufi (Direktur Kemitraaan dan Penyelarasan DUDI). Assoc Prof Dr Chaiyod Pirak (SGE Coordinator, Lecturer and Researcher, Thailand). Marcos Sadao Maekawa Ph.D (Lecturer at Keio University, Japan).

Mukhammad Kholid Mawardi Ph.D (University of Brawijaya Indonesia), Dr Mohammad Saud Khan (Victoria University of Wellington, New Zealand). Dipl. Betriebsw. Hosanna Panjaitan (Ikatan Ahli dan Sarjana Indonesia – Jerman). 

Webinar internasional, yang diselenggarakan Rabu 23 Juni 2021 ini, bertujuan mempertemukan akademisi, peneliti dan praktisi terkemuka. Saling bertukar dan berbagi pengalaman serta hasil penelitian mereka. 

Terkait semua aspek kewirausahaan, inovasi dan kreativitas. Serta memberikan informasi kepada mahasiswa tentang hubungan pendidikan vokasi dan aktitas kewirausahaan. (*)


Editor : Yanuar Triwahyudi
Publisher : Iqbal Prastiya
Sumber : "-"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button