Pendidikan

Vokasi UB Luncurkan Program 3 in 1, Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa Bidang IDUKA

AMEG – Tahun bertambah tahun. Pastinya daya saing pekerjaan semakin meningkat. Oleh sebab itu, Universitas Brawijaya malang membekali mahasiswanya dengan beragam program kompetensi sebelum mereka lulus nantinya melalui fakultas fakultasnya.

Salah satu program yang di jalankan universitas yang terletak di jantung kota malang tersebut ialah dengan program 3 in 1 yang diselenggarakan oleh D3 Administrasi Bisnis pendidikan Vokasi UB yang berlangsung Senin (13/9/2021) secara daring.

Sovia Rosalin, MAB, MOS, CPHCM, CSRP mengatakan. Program 3 in 1 mengambil tema HRM From Theory to Practice. Menghadirkan tiga narasumber yang berasal dari praktisi, akademisi internasional dan vokasi UB.  

Mereka adalah mantan komisaris PT Krakatau Steel Tbk—Dr Achmad S Ruky, SC Komite GNIK—Dr Yunus Triyonggo MM, Senior Lecture in Human Resources Management University Teknologi Petronas Malaysia—Dr Rohani Salleh Ph.D dan Sovia Rosalin MAB, MOS, CPHCM, CSRP, Ketua D3 Administrasi Bisnis Vokasi UB.

Lebih lanjut Sovia, yang juga ketua panitia menjelaskan. Peserta kegiatan 3 in 1 ini diikuti mahasiswa Prodi D3 Administrasi Bisnis sebanyak 90 mahasiswa. Mahasiswa UTP Malaysia sebanyak 90 orang. 

Harapan capaian dari kegiatan ini, adalah meningkatnya kompetensi mahasiswa di bidang HRM, meningkatnya standar proses dan evaluasi pembelajaran berstandar Internasional, meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pembelajaran dan memperkaya bahan kajian mata kuliah HRM.

Wakil Direktur I vokasi UB Dr Ulfa AndayaniS.Si M.Si menyatakan. Digelarnya program ini, menurut dia, sangat baik dan bermafaat, bagi perkembangan vokasi. Juga bagi mahasiswa untuk mengupgrade pengetahuannya. Terutama implementasi teori ke dunia praktis/IDUKA.

“Harapan saya semoga tahun depan semakin banyak dosen yang mengajukan program 3 in 1. Sehingga semakin banyak pengetahuan di dunia praktisi/IDUKA. Baik dari luar negri maupun dalam negri. Bagi mahasiswa dan dosen,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Direktur II Vokasi UB Mukhammad Kholid Mawardi Ph.D mengatakan. 

“Program 3 in 1 yang diadakan oleh D3 Administrasi Bisnis ini merupakan salah satu program untuk membekali para mahasiswa dengan pengetahuan dan kompetensi baru agar memiliki daya saing yang tinggi,” kata Mawardi.

3 in 1, melibatkan  dosen dari kampus luar negeri, prektisi dan dosen UB, program ini peru dilakukan secara berkesinambunga..

“Saya berharap tradisi utk melibatkan praktisi dan kolega dosen dari LN dalam perkuliahan di vokasi berjalan secara berkesinambungan. Sehingga mahasiswa memiliki pengetahuan yang relevan dengan perkembangan industri dalam skala nasional maupun global,” pungkasnya.

Sementara itu Wakil Direktur III Dr.rer.pol Romy Hermawan S.Sos MAP, berharap. Kedepannya, mampu mengenergize mahasiswa untuk belajar dari dosen luar negeri dan praktisi. Sehingga diharapkan mereka mempunyai insight baru dalam menempuh perkuliahan.

Selain itu lanjutnya, mereka akan lebih banyak belajar dari banyak referensi. Tidak hanya dari internal tetapi juga eksternal. Program ini harusnya ditingkatkan, setiap program studi harus melaksanakannya.
Senada juga disampaikan narasumber Dr Yunus Triyonggo MM. Ia menyebutkan, perubahan saat ini sangat cepat. 

“Saat ini bukan lagi yang besar mengalahkan yang kecil. Namun yang cepat yang akan melewati yang lambat. Ini yang membutuhkan kognitif fleksibility atau kognitif agility,” kata Yunus.

Pada era sekarang, siapa saja berkesempatan untuk menjadi yang tercepat dan terbaik. Tanpa menunggu lagi semua informasi sudah tersaji untuk mengambil keputusan

Kita wajib mempunyai keterampilan yang diperlukan untuk pekerjaan masa depan. Keterampilan tersebut meliputi inovasi dan kreatifitas, pola pikir bertumbuh dengan tidak cepat berpuas diri dengan hasil yang ada. 

Kepemimpinan sebagai kemampuan untuk mengelola kreatifitas dan mengambil keputusan yang cepat. Keterampilan interpersonal dan terakhir kemampuan analisa data. 

“Saya berharap mahasiswa Vokasi UB memiliki enam hal ini. Sebagai salah satu kompetensi dalam menghadapi masa depan,” pungkasnya.

Sovia Rosalin, MAB, MOS, CPHCM, CSRP, Ketua Pelaksana Kegiatan Program 3 in 1 Program Studi D3 Administrasi Bisnis.

Dilanjut pemateri kedua yaitu Dr Achmad S Ruky MBA. Ia lebih mengfokuskan perihal peran dan fungsi managemen sumber daya manusia. Sebuah korporasi (organisasi bisnis) dan proses penerapannya. 

Dengan lebih menitik beratkan perihal peran tanggung jawab dan kotribusi fungsi managemen sumber daya manusia. Bagi sebuah organisasi kususnya koprorasi sehingga harus di terapkan secara tepat.

Berikutnya adalah, proses dan tahap penerapan managemen sumber daya manusia. Terakhir perihal metode mengukur efektifitas penerapan managemen sumber daya manusia dalam sebuah korporasi.

Paparan tersebut bertujuan agar mendorong peran anda semua agar lebih memahami managemen sumber daya manusia. Sehingga kontribusi yang di tuntut suatu perusahaan bisa di maksimalkan oleh calon calon penerus generasi selanjutnya. 

Sebagai catatan managemen SDM adalah sebuah proses yang harus dilaksanakan oleh sebuah organisasi untuk memiliki modal insani yang berkualitas tepat dalam jumlah yang tepat.

“Karena setiap saat mereka perlukan untuk menjalankan kegiatan. Sehingga akan menjadi keunggulan kompetitif bagi organisasi itu,” pungkasnya. (*)


Editor : Yanuar Triwahyudi
Publisher : Rizal Prayugo
Sumber : -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM