Kota Malang

Warga Karangbesuki Revitalisasi Kalimetro Dilengkapi Area Olahraga

AMEG – Tidak lama lagi pinggiran Sungai Kalimetro di Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang akan berubah menjadi area wisata alam.

Rencana ini diawali kegiatan bersih-bersih sepanjang Kalimetro oleh warga Kelurahan Karangbesuki RW-08, Kamis (7/10/2021).

Kegiatan ini oleh warga disebut revitalisasi sungai, merupakan kepedulian terhadap lingkungan dan kelestarian alam sungai.

Koordinator Revitalisasi Kalimetro Agus Wiyono menjelaskan, aksi ini dilakukan karena melihat kondisi Kalimetro semakin dikotori sampah rumah tangga.

“Kalimetro ini sungai purba sejak dahulu kala, dan kondisinya sangat mengkhawatirkannya karena banyak sampah berserakan hingga aliran airnya tidak bersih,” kata Agus Wiyono.

Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan rutin setiap minggu. Tujuannya agar warga masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan sungai dan tidak membuat kesalahan dengan membuang sampah seenaknya di sungai.

Tahap berikutnya, pinggiran sungai didesain untuk area wisata alam dan pusat kegiatan masyarakat. Dilengkapi jogging track sepanjang 200 meter.

“Adanya jogging track, otomatis yang ingin buang sampah di sungai jadi sungkan,” katanya kepada reporter ameg media group, Kamis (7/10/2021).

Agus mengatakan, revitalisasi Kalimetro di Karangbesuki bisa menjadi percontohan dan
memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Pentingnya kebersihan sungai merupakan langkah awal untuk menjaga ekosistem sungai yang lebih baik,” ungkapnya. (*)


Editor : Sugeng Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

City Guide 911 FM